Seberapa Pentingkah Perangkat Audio Ketika Anda Bermain PUBG Mobile


560
560 points

Judul PlayerUnknown’s Battlegrunds memang berhasil mencuri perhatian masyarakat dunia sejak awal perilisannya. Game yang awalnya datang dari perusahaan besar video game asal Korea Selatan Bluehole ini mampu menggempur dominasi game-game lain kala itu. Akibat perkembangannya yang sangat pesat dan angka pertambahan pemainnya maka judul yang satu ini pun mendapat porsi tersendiri dalam pengembangannya.

Saat ini apabila anda mencari di mesin pencarian tentang PUBG (singkatan dari PlayerUnknown’s Battlegrounds) maka developer dari yang semula Bluehole menjadi PUBG Corporation. Betul sekali, akibat begitu besarnya antusias akan game ini maka pihak yang berada di baliknya membentuk sendiri divisi yang akan mengurusi segalanya tentang PUBG. PUBG Corporation sendiri masih berumur dua tahun sejak diresmikan pada 2018 lalu yang sebenarnya masih berada di bawah naungan Blue Hole.

Segala riuh dan hiruk pikuk PUBG tak ayal membuat beberapa industri lain tertarik untuk berkembang bersama sang game. Mulai dari mengadakan kolaborasi hingga memproduksi beberapa perangkat penunjang untuk bermain judul satu ini seperti mouse, keyboard, dan headphone. Tak kalah menarik bahasan kali ini akan datang dari piranti tambahan bermain game ini yaitu penunjang sistem audionya.

Sound Card dan DAC menjadi unsur yang penting

Selain headphone ataupun headset yang langsung menempel di telinga manusia sebenarnya masih ada hardware lain yang menunjang sistem audio di sebuah perangkat elektronik seperti PC dan smartphone. Perangkat tersebut sering kita kenal sebagai sound card di perangkat PC atau mungkin ada sebutan lain. Perangkat ini sendiri berfungsi sebagai pengolah data digital yang selanjutnya dirubah menjadi gelombang-gelombang suara yang akan diteruskan ke headphone yang digunakan manusia. Beberapa expert di dunia audio sering juga menyebut hardware ini dengan sebutan DAC (Digital Audio Converter) dimana sebenarnya di dalam Sound Card disitulah ada DAC.

Tetapi bukan mengenai perdebatan penamaan tersebut atau hal-hal rumit lain yang akan kita bahas, tetapi lebih berfokus kepada fungsi sesungguhnya perangkat audio khususnya headset atau headphone ketika anda bermain game tembak-menembak dan bertahan hidup seperti PUBG.

Bermain PUBG di PC sudah pasti memiliki sound card yang tertanam di rakitan sistemnya. Entah merupakan sound card berspesifikasi mentereng atau sound card biasanya ala kadarnya yang terpenting sudah ada perangkat mumpuni dalam hal audio. Belum lagi umumnya para pemain PC menggunakan headphone yang menutup telinga mereka dari berbagai merk terkemuka di industri audio. Sudah pasti hal ini semakin menambah kemampuan pendengaran dari para pemain untuk bermain PUBG dan memenangkan setiap pertandingan.

Pilihlah smartphone dan headsetnya yang tidak main-main di sektor ini

Nasib para pemain PUBG dari platform mobile akan sedikit berbeda. PUBGM memang sejatinya adalah PUBG yang dibuat sedemikian rupa dan seringkas mungkin untuk diluncurkan di perangkat mobile. Oleh karena itu mungkin software mengolah audio di PUBGM tidak secanggih untuk PUBG.

Belum lagi perangkat mobile yang mungil tersebut tidak memiliki pengolah audio secanggih PC yang memiliki body bongsor. Walaupun sebenarnya di dalam sebuah smartphone sudah terdapat DAC untuk mengakomodir segala bentuk aktivitas suara, tetapi sekali lagi itu tidak secanggih yang ada di PC ataupun Laptop.

Berangkat dari fakta tersebutlah pemilihan dan penggunaan perangkat mendengar suara yang mumpuni mutlak diperlukan ketika bermain PUBGM. Perkembangan PUBMG yang juga mustahil untuk di-rem menjadi pemantik semangat beberapa pelaku industri audio untuk terus memproduksi earphone ataupun headset yang cocok untuk bermain game tersebut. Semoga dengan adanya artikel ini anda menjadi tidak meremehkan betapa pentingnya faktor hardware audio untuk bermain PUBGM. Termasuk pemilihan smartphone yang saat ini sudah banyak bekerja sama dengan perusahaan audio untuk menghadirkan sistem pengolah suara yang berkelas.


Like it? Share with your friends!

560
560 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *