Maze Theory Tidak Setengah-setengah dalam Proyek Doctor Who


552
552 points

Ekspansi Maze Theory ke daratan Amerika Serikat memang tidak terlepas dari datangnya nilai investasi yang fantastis. Tetapi, pergerakan menuju arah kemajuan dari sang developer tidak bisa dikesampingkan akan adanya kolaborasi. Berkolaborasi dengan orang-orang hebat menjadi pilihan yang terelakkan dari Maze Theory untuk menggapai mimpi-mimpi mereka.

Maze Theory berpendapat bahwa budaya yang secara alami mengalir di nadi mereka adalah jika bisa maju bersama-sama kenapa harus bergerak secara individu. Kolaborasi yang dilakukan tentunya juga tidak asal-asalan, haruslah sebuah kolarasi yang sehat dan sama-sama membangun.

Orang hebat akan memiliki cara pandangnya sendiri

Sang CEO dari Maze Theory Ian Hambleton pada sebuah kesempatan wawancara ikut menyebutkan bahwa developer yang hanya terdiri dari 28 orang seperti timnya bukanlah sebuah perusahaan besar yang siap melibas apapun di depannya. Oleh karena itu sebuah strategi ambisius untuk merilis empat judul di tahun depan bukanlah perkara mudah bagi mereka.

Hal tersebutlah yang mendasari Maze Theory untuk menjalin kerja sama dengan banyak orang-orang hebat di luar sana. Maze Theory dirasa Ian sebenarnya sangat mampu dan berkompeten untuk merilis Doctor Who dalam versi mobile, tetapi apakah Maze Theory memang sudah hebat dalam perkara tersebut dan hal itulah yang disangsikan Ian. Hingga akhirnya terjalinlah kerja sama dengan Kaigan Games untuk penggarapan judul versi mobile-nya. Begitupun proyek yang mereka kerjakan bersama Just Add Water berawal dari reputasinya yang tak main-main dalam mengerjakan sebuah game hebat.

Ian mengakhiri pendapatnya dengan mengatakan bahwa banyak pelajaran yang dipetik dari buah kerjasama dengan orang-orang hebat. Timnya menjadi tahu bagaimana sebenarnya pendekatan yang dilakukan tim Just Add Water ke berbagai hal yang mereka temui. Tim Just Add Water juga telah memberikan kontribusi besar ke judul Doctor Who: Edge of Reality yang mana hal ini juga sangat membantu Maze Theory untuk terus berkembang kedepannya.

Proyek Doctor Who sulit dihentikan karena adanya kesolidan

Datang lagi pernyataan yang menguatkan pendapat CEO sebelumnya yaitu dari sang Studio Director Russ Harding. Harding menyebutkan tidak mudah bagi seseorang ataupun kelompok yang tidak memiliki pasion dalam suatu hal untuk memperoleh apa yang benar-benar mereka inginkan. Disini kolaboran Maze Theory memiliki dedikasi dan passion tinggi dalam indsutri ini sehingga merekalah orang-orang hebat yang pantas diajak berkolaborasi begitu kata Harding.

Harding hanya sedikit sedih dengan adanya kondisi yang saat ini melanda dunia. Memaksa tim dari Maze Theory dan tim kolaboran melakukan semuanya dengan cara yang tak biasa. Dulunya mereka cukup bertemu di suatu tempat untuk membahas jadwal kerja hari ini dan seterusnya sekarang harus berbeda. Semua orang harus bekerja berjauhan, berkomunikasi berjauhan, dan tentunya berkolaborasi dari kejauhan. Harding mengungkapkan bahwa semua kendala ini tidak menghapus kesadaran mereka bahwa keterbatasan ini tak menghalangi segalanya termasuk menyadari bahwa inilah sebuah tim.

Anehnya lagi tutur Harding bahwa disaat industri lain mengurangi karyawan untuk memangkas pengeluaran, Maze Theory justru berbeda. Maze Theory justru melipatgandakan jumlah tim yang terlibat hingga bahkan merambah tim dari Amerika. Harding berpendapat langkah ini justru sebagai bentuk mengamankan nilai investasi mereka. Proyek tidak tersendat hanya karena datangnya pandemi dengan menambah personil untuk mengerjakannya. Sehingga ketika waktu “deadline” telah tiba pekerjaan pun telah tuntas, sekalipun mungkin pengeluaran dari segi gaji bertambah. Harding menutup dengan pernyataan bahwa apa gunanya memangkas pengeluaran dari gaji karyawan yang juga berjuang untuk tim apabila imbalannya berupa mangkraknya proyek akibat sedikitnya orang yang berperan di dalamnya.


Like it? Share with your friends!

552
552 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *