Mari Berkenalan dengan Facebook Gaming dan Layanan Cloud-nya, Bagian 5


563
563 points

Kita warga Indonesia termasuk kami menjadi satu dari sekian kelompok yang bersedih akan adanya produk baru Facebook ini. Indonesia belum masuk ke daftar yang akan kedatangan produk cloud dalam waktu dekat. Tetapi, tidak usah terlalu mencemaskan karena apabila dulu anda ingat layanan Facebook pada awalnya juga hanya dapat digunakan di tingkat kampus Mark Zuckerberg saja. Pada dasarnya memang itulah fungsi awal Facebook dibuat, sebagai wadah komunikasi. Sekarang lihatlah, Facebook hampir ada dimana-mana tidak melihat anda di sudut manapun selama ada koneksi internet di situlah ada Facebook.

Apabila nantinya juga sudah rilis di regional kita jangan juga menggerutu karena terdapat iklan. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, iklan-iklan tersebut telah melalui persetujuan dari pihak pengembang game. Sudah selayaknya anda menjadi pengguna teknologi yang cerdas. Jika hanya masalah iklan di layanan ini kelak anda marah-marah, sebaiknya jangan bermain game dan tidur saja, karena anda memang belum layak disandingkan dengan perkembangan teknologi.

Ada Facebook Gaming Play di dalamnya

Jadwal dan target Facebook sedikit demi sedikit memang sudah terselesaikan. Persetujuan dengan developer yang bersedia dengan regulasi iklan Facebook Gaming salah satu contohnya. Selain tetap menjalin komunikasi dengan developer-developer di luar sana untuk menjalin kerja sama, Facebook tetap melakukan pengembangan di produknya.

Untuk produknya ini terbaru dari Facebook mereka sedang mengembangkan fitur yang nantinya akan tersemat di dalamnya. Ialah fitur bernama Facebook Gaming Play yang nantinya game-game dari developer rekanan akan menjadi prioritas utama untuk ditampilkan. Fitur ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi para gamer pengguna Facebook Gaming. Secara otomatis dengan perhitungan algoritma sistem Facebook Gaming Play akan membantu pemain yang mungkin sudah bosan untuk menemukan game baru lewat rekomendasi berdasarkan data algoritma. Selain itu fitur ini juga memungkinkan pemain kembali ke permainan yang sebelumnya pernah mereka mainkan dengan sangat mudah.

Sudah terkonsep sejak tahun 2010

Fitur yang kami sebut di atas diharapkan juga dapat menjadi wadah komunikasi developer dengan komunitas pemainnya. Setelah Facebook memberikan beberapa manfaat ke developer lewat iklan nampaknya pihak mereka tidak berhenti sampai di situ saja untuk memanjakan pengembang. Facebook Gaming Play secara tidak langsung melalui iklannya akan meningkatkan eksposure bagi siapapun pengembang yang gamenya ada di cloud Facebook Gaming. Fitur ini juga menjadi pemulus dan katalis terbangunnya ekosistem yang sehat antara Facebook dengan pengembang, pengembang dengan pengembang, dan pengembang dengan penggemarnya.

Nantinya seluruh rekomendai game yang ditampilkan ke para pengguna cloud Facebook Gaming akan dilakukan secara sistematis yang tentunya adil. Fitur pendukung seperti “favorites”, “new discovery”, dan notifikasi pemberitahuan tentang adanya pembaruan juga akan tersedia. Semua dilakukan Facebook dalam rangka meningkatkan integritas platform digital mereka ini. Fitur ini juga telah menambahkan asisten digital yang telah ditingkatkan teruntuk para pemain agar bisa menemukan game baru yang mereka inginkan.

Sebagai penutup sedikit kami sampaikan beberapa fakta sejarah yang melatar belakangi Facebook akhirnya merilis cloud gaming mereka. Mundur 10 tahun ke belakang sebenarnya Facebook sudah berniat meluncurkan produk serupa yang notabene dalam rangka mempermudah gamer memainkan permainannya. Hanya saja teknologi dahulu hanya memungkinkan memainkan game berformat browser. Sehingga yang dielu-elukan oleh Facebook berkisar hal tersebut yaitu membawa para gamer untuk mengakses game secara mudah hanya lewat browser dimanapun dan kapanpun mereka berada. Hingga akhirnya kerja keras mereka dapat terealisasi di penghujung tahun 2020 ini.


Like it? Share with your friends!

563
563 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *