Kemarin Judul Baru Dari Game Horror Amnesia Sudah Dirilis, Sayangnya


561
561 points

Sudah 10 tahun lamanya franchise game ini terakhir kali merilis judul terbarunya ke pasaran. Tepatnya pada tanggal 8 September 2010 silam, judul Amnesia: The Dark Descent diluncurkan ke publik. Frictional Games selaku pengembang akhirnya berhasil menyelesaikan judul terbaru untuk franchise populer game horror mereka tersebut. Cukup lama memang untuk sebuah judul game yang menyandang status edisi sekuel.

Fakum satu dekade

 Banyak sebenarnya yang menyayangkan langkah yang diambil studio dari Swedia tersebut dengan merilis sekuel dengan judul Amnesia: Rebirth setelah fakum satu dekade lamanya. Banyak pula yang menyindir judulnya karena memang ini lebih cocok disebut sebagai kelahiran kembali ketimbang menjadi sebuah generasi penerus atau edisi lanjutan. Mereka menyayangkan karena tentunya rasa yang terakhir mereka dapatkan di edisi The Dark Descent akan kedaluwarsa saat memainkan Rebirth. Mereka yang sempurna mengingatnya mungkin masih bisa mengenang sisa-sisa nostalgia yang tertinggal tetapi bagi yang tidak, hal ini seperti seorang pemain yang baru mengenal game.

Meskipun developer berkilah bahwa game ini akan benar-benar berbeda dari edisi sebelumnya sehingga para pemain yang baru mengenal judul ini diharapkan tidak terlalu bingung. Awal game memang semuanya terlihat berbeda ketika kita mengetahui bahwa seting tempat game ini bukanlah Kastil Brennenburg, tetapi sejatinya semua tetaplah sama dengan peta permainan yang sebagian besar sama seperti sebelumnya.

Selain itu unsur-unsur dalam game seperti kegelapan adalah pertanda adanya ancaman, cahaya adalah sebuah pertolongan dan perlindungan, tetap dimunculkan di edisi ini. Walaupun sebenarnya unsur-unsur tersebut sudah sangat dihafali oleh para pemain kawakannya. Teka-teki dari tiap masalah yang ada di judul ini juga sama saja seperti pendahulunya, tidak lebih dari sebuah pekerjaan rumah yang menumpuk bukan seperti teka-teki sulit tetapi apabila serius dapat diselesaikan dengan singkat.

Beberapa mengesankan dan sebagain disayangkan

Frictional Games sendikit mendapatkan tekanan pada awalnya, dimana ekspektasi khalayak gamer akan game terbaru karya mereka adalah setinggi langit. Hal-hal di atas pun ditambah dengan gameplay permainan yang ternyata juga mendapatkan sambutan meriah padahal bagi sebagian pengamat sangatlah biasa. Developer juga diharapkan oleh banyak pihak dapat memberikan sentuhan-sentuhan magis di edisi Rebirth, namun nyatanya yang dikatakan akan menjadi seri revolusioner dari pendahulunya hanyalah sebuah karya biasa. Belum lagi game saat ini sudah mengimbangi generasi konsol terbaru, sayangnya untuk Rebirth justru tertinggal.

Membawa game ini ke seting tempat seperti padang sahara di negeri Aljazair mungkin pilihan yang tepat. Tempat-tempat tersembunyi dan terkubur di bawah bukit padang pasir memang memberikan kesan tersendiri. Kali ini mereka berhasil dengan cukup sukses menghadirkan kengerian, keangkeran dari tempat-tempat gelap anti sinar matahari seperti terowongan bawah tanah. Karena berlokasi di padang gurun, kesunyian adalah hal yang pasti. Sebisa mungkin anda mendengarakan seluruh detail suara yang coba dihadirkan oleh developer karena mereka mencoba menjawab keraguan para pemirsa di sini.

Sayangnya mungkin hanya sebatas itu saja yang masih bisa dibanggakan dari edisi kali ini. Beberapa pengamat di luar sana bahwa game ini kadang terlihat berantahan namun ada beberapa hal yang unik dan tak habis pikir. Bagaimana mungkin ketika anda melewati lorong tua hanya ada batang korek api yang bisa menerangi anda, sementara di lorong tersebut aslinya terdapat banyak lilin, obor, dan lampu teplok bekas yang tertempel di dinding lorong.

Memang banyak sekali yang harus dikoreksi untuk judul baru Amnesia ini. Developer nampaknya masih memiliki pekerjaan besar kedepannya dan kesiapan mereka untuk merilis karya berikutnya secepat mungkin, karena itu mungkin kekurangan dari edisi ini. Segala kinerja lain yang terbukti memberikan kesan bagus tetap harus kita apresisasi setinggi-tingginya.


Like it? Share with your friends!

561
561 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *