Team Dota 2 Newbee Telah Didepak dari CDA, Ada Apa Gerangan?


553
553 points

Pada beberapa bulan yang lalu, CDA atau Asosiasi Dota 2 Profesional China telah didirikan berkat kolaborasi dari delapan tim DOTA 2 yang berasal dari Tiongkok. Tetapi dari delapan team tersebut, saat ini hanya menyisakan tujuh anggota saja, menyusul dikeluarkannya Newbee dari list keanggotaan CDA.

Tidak hanya dikeluarkan, Newbee pun akan mendapatkan larangan bermain seumur hidup pada turneman IMBA dan CDA. Lantas, apa yang telah dilakukan oleh Newbee sehingga telah mendapatkan sanksi yang begitu keras tersebut?

Newbee Diduga Telah Terlibat Pengaturan Pertandingan

Dugaan sudah terlibat dalam pengaturan pertandingan secara kelompok, menjadi dasar didepaknya Newbee dari keanggotaan CDA. Pada saat ini, seluruh pemain yang tergabung dalam tim utama Newbee serta Yiqing tengah diselidiki dengan lebih mendalam.

Keputusan ini telah ditetapkan pada tanggal 15 Mei lalu. Pada hal ini juga telah dilampirkan beragam bukti relevan yang telah dikumpulkan dari berbagai pihak.

Laporan terkait dengan adanya banned permanen untuk Newbee serta jajaran pemainnya ini langsung disampaikan kepada Valve serta Perfect World. Perwakilan CDA pun telah melaporkan apabila pemain dari tim kedua organisasi, yaitu Newbee.young sudah meninggalkan tim. Mereka pun kini diberikan kebebasan untuk bisa memakai akun tanpa otentikasi pada acara – acara online.

Dalam kesempatan yang lainnya, IMBA TV pun telah membuat pernyataan secara terpisah dari CDA. Tetapi mereka pun telah membeberkan bukti yang lainnya dan sudah diverifikasi. Dari pihak IMBA TV akhirnya telah memutuskan untuk memberikan larangan bagi Newbee untuk mengkuti beragam turnamen yang digelar oleh IMBA Media.

Pada pernyataannya itu, IMBA Media secara tegas telah menindak seluruh pihak yang telah mencederai sportivitas permainan. Mereka pun akan melakukan beragam upaya untuk bisa membuat persaingan dalam komunitas bisa berlangsung secara adil.

IMBA menjelaskan apabila tujuannya ialah tetap menangani liga DOTA 2 Tiongkok serta untuk bisa memajukan para pemain serta tim DOTA 2 yang ada di sana. Mereka itu sudah berlatih serta berusaha keras untuk meningkat level setinggi mungkin demi mengangkat DOTA Tiongkok. Pihak IMBA pun tidak ingin jika kompetisi ini telah dinodai dengan ketidakadilan, sehingga seluruh tim pun bisa menjadikan hal ini sebagai sebuah pembelajaran.

“Seluruh partisipan (Liga DOTA 2 Tiongkok) harus bisa lebih memperkuat manajemen dari pemain dan timnya. Tentu saja mereka juga harus menolak dengan tegas, kompetisi yang dilakukan secara tidak adil, seperti dengan adanya pengaturan pertandingan,” sebagaimana yang telah dituliskan IMBA Media pada rilis resminya.

Newbee beserta lima pemain di tim utamanya, saat ini tengah berada di ambang masalah yang besar, utamanya pada karier mereka. Lima pemain utama dari Newbee ialah Iman, Waixi, Wisaya, Aq dan Moogy. Meskipun demikian, Newbee tak berdiam diri sebab merasa jika semua yang telah dituduhkan kepadanya tidaklah benar adanya.

Berdasarkan laporan, pihak Newbee pun sudah menyatakan niatan mereka akan segera mengajukan banding.

CDA merupakan asosiasi profesional yang telah didirikan oleh delapan organisasi dari DOTA 2 Top Tiongkok, yakni Newbee, EHOME, Keen Gaming, PSG.LGD, Team Aster, RNG, Invictus Gaming serta Vici Gaming. Organisasi ini telah dibentuk pertengahan bulan Maret serta baru menyelenggarakan liga perdananya yang berakhir pada bulan lalu.

Itulah informasi terbaru tentang permasalahan yang tengah terjadi di DOTA 2 Tiongkok. Bagaimanakah nasib Newbee selanjutnya? Kita masih menantikan bersama bagaimana nanti kelanjutan dari permasalahan ini. Semoga permasalahan ini tidak terjadi lagi ke depannya karena sportivitas dalam esports tetap harus dijunjung tinggi.


Like it? Share with your friends!

553
553 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *