Sistem Anti Cheat Milik Valve Untuk CS:GO yang Mengesankan


551
551 points

Game legendaris first-person shooter yang begitu populer CS:GO tak henti-hentinya merilis pembaruan untuk menstabilkan gamenya. Entah update untuk menyeimbangkan alur permainan, penambahan atau perombakan unsur-unsur dalam game, ataupun untuk menangani masalah game pada umumnya yaitu cheater.

Cheater memang menjadi masalah yang hampir bisa ditemukan di berbagai game apapun jenisnya di seluruh permukaan bumi ini. Hampir seluruh game tidak bisa terlepas oleh adanya oknum perusak spotivitas ini. Developer pun sering dibuat kwalahan dengan ulah mereka ini, tetapi bukan sebuah game yang layak apabila sang pengembang tidak bisa menemukan jalan keluarnya. Valve pun tak kenal menyerah untuk terus memberantas cheater di komunitas game besutan mereka ini.

1.700 cheat pernah ditemukan oleh Valve

Pertengahan tahun ini Valve mengeluarkan data bahwa ada lebih dari 1.700 IP yang terlacak sebagai seorang cheater. Sungguh angka yang fantastis dari sebuah problem utama industri gaming. Valve pun segera merilis produk mereka yang terbaru untuk CS:GO sebagai sistem anti-cheat mereka yang terbaru.

Produk terbaru mereka ini diberi kode nama sebagai Trusted Launch yang memberikan opsi pengaturan kepada seluruh pemainnya untuk membantu Valve mendeteksi cheater. Membantu sistem yang dikenal sebagai VAC untuk melaporkan perilaku pemain yang mencurigakan dan ditengarai sebagai perilaku curang ala cheater.

Mengaktifkan fitur ini berarti pemain harus bersedia untuk dibatasi tingkah lakunya ke akses CS:GO. Pemain siapapun itu akan diblokir dari sebuah penggunaan program eksternal tambahan yang dicekal. Sistem akan memantau gerak-gerik pemain dan apabila terindikasi berbuat curang maka secara otomatis fitur ini akan mencari program pihak ketiga yang terintegrasi dengan permainan ketika pemain sedang bermain. Program tersebut akan dijadikan barang bukti oleh VAC apabila memang benar-benar pemain tersebut adalah cheater. Semuanya akan berjalan seperti biasa apabila barang bukti tersebut tidak terbukti sebagai sebuah kecurangan.

Regulasi yang masih menguntungkan untuk para pemainnya

Terkhusus pemain yang bermain CS:GO di server yang mendukung VAC mereka sama sekali tidak bisa menonaktifkan fitur ini, sedangkan untuk pemain di luar server tersebut bisa menonaktifkannya. Waspada bagi anda siapa saja yang sudah pernah mengaktifkan fitur ini dan kemudian menonaktifkannya, karena sistem akan mendeteksi anda sebagai seorang yang dicurigai. Sistem juga akan mengganjar anda sebagai pemain “low trust score” hingga sistem utama Valve mendeteksi anda sebagai sebuah ancaman atau tidak.

Walaupun fitur ini terbilang cukup ketat, sebenarnya dari pihak Valve masih memberikan kelonggaran para pemainnya dengan memberikan opsi untuk mengaktifkan ataupun menonaktifkannya. Belum banyak juga impresi para pemain yang sudah mencoba fitur terbaru ini, karena memang baru tersedia dalam versi beta dan hanya kalangan tertentu yang mendapat aksesnya. Tetapi bila anda bandingkan dengan yang dikembangkan oleh game sebelah anda pasti akan berterima kasih kepada Valve atas kelonggarannya. Pihak Valorant sendiri sama sekali tidak mentolerir para cheater ataupun yang terindikasi cheater dengan regulasi dari Valorant’s Vanguard yang sangat agresif memberantas ancaman ini.

Survey pun membuktikan banyak pemain CS:GO bahkan belum mengetahui akan adanya fitur ini. Hal ini pun terindikasi dari langkah Valve yang baru merilisnya dalam bentuk beta dan kurangnya pemberitahuan. Tetapi, banyak yang bisa kita harapkan akan kehadiran sistem anti-cheat Valve ini dengan segala kelebihan dan regulasinya. Kita hanya bisa berharap sistem ini dapat segera dinikmati secara global tanpa terkecuali, dan lingkungan yang sehat di komunitas CS:GO dapat segera terealisasi. Sungguh game yang diimpikan para pemainnya yang bermain jujur ketika persaingan tidak dihadiri oleh oknum cheater.


Like it? Share with your friends!

551
551 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *