Serious Sam 4: Sejarah Pertarungan Kuantitas


537
537 points
Serious Sam 4

Seri sebelumnya dari game ini terbilang sangat konyol dan penuh dengan kekecewaan. Tetapi, seri terbaru dari Serious Sam 4 yang muncul di tahun 2020 ini memberikan nuansa berbeda. Seperti game-game jadul yang pernah berjaya pada masanya, game ini hanya akan menembak dan menembak. Kamu hanya bisa melihat arah depan, dan berusaha untuk membunuh lawan yang ada.

Kabar baiknya, ini akan memberikan cara berbeda dalam menembak, dan kamu juga akan mendapatkan skill. Selain itu, ini juga cukup berbeda dengan Doom yang memberikan nuansa modern. Game ini nyatanya tetap mempertahankan gerak maju dan mundur sekaligus bisa bergerak menyamping. Tentunya senjata yang ada di tangan tak akan pernah lepas dan terus menembak selama amunisi masih ada.

Semua aksi ini memang dibenarkan jika melihat cerita yang ada. Pertempuran terus terjadi dan terjadi namun ada beberapa adegan yang dirasa sangat ambigu. Pasalnya ada cutscene yang terlihat aneh dan ada kata-kata melucu namun ternyata itu tidak lucu alias garing. Sam Stone yang menjadi karakter utama sering beradegan yang tidak jelas. Dan ini menambah keanehan yang terjadi, sungguh-sungguh sangat abstrak.

Gameplay Serious Sam 4

Diawal permainan, kamu akan berada di arena yang cukup besar dan melawan melawan segerombolan musuh. Persenjataan juga cukup bagus dengan adanya 3 pilihan yang disediakan. Ada peluncur roket, peluncur granat, sniper rifles, two miniguns, dan yang paling sering assault rifle. Satu yang cukup asyik ketika digunakan adalah Cannon Ball yang kembali hadir.

Senjata yang ada sebenarnya cukup kuat dan tergantung dengan lawan yang akan kamu hadapi. Banyak musuh yang terlihat tidak nyata, dan kamu hanya sendiri untuk membersihkan semua dengan berbekal senjata yang kamu punya. Ini benar-benar gila, apalagi jika ada senjata andalan firearms yang mempunyai efek menakjubkan. Apalagi yang kurang? Hanya kamu sendiri yang bisa mencari tahu.

Serious Sam 4 juga menampilkan banyak sekali jenis monster yang akan kamu habisi. Variasi sangat beragam sesuai dengan misi-misi dan ada beberapa boss yang cukup kuat dan memiliki health yang cukup banyak. Kamu harus berusaha lebih keras supaya bisa menyelesaikan misi ini. Pastikan terlebih dahulu semua senjata sudah lengkap dan cocok untuk melawan boss tersebut.

Pasalnya jika senjata kamu salah atau tidak tepat, kamu dipastikan akan cukup kesulitan. Namun kamu juga bisa merasa tenang, karena di sekitar arena pertempuran akan ada buff, pasokan senjata, bahkan akan ada beberapa barang yang sekiranya cukup berguna untuk digunakan. Waktu yang tepat dan pemilihan senjata akan menjadi faktor utama di seluruh jalan cerita.

Tidak Semudah Yang Terlihat

Bermain solo nyatanya cukup susah walau itu hanya dengan tingkat kesulitan normal. Ada beberapa gamer yang mencoba berkali-kali dan baru berhasil menyelesaikan stage tersebut. Rata-rata para pemain akan punya waktu 12 sampai dengan 15 jam untuk bisa lancar memainkan game ini. Padahal healt dan armor juga sudah cukup baik, tapi masih banyak mengalami kesusahan.

Namun tingkat kesulitan menghadapi boss ternyata lebih mudah untuk dimainkan daripada musuh-musuh sebelumnya. Tidak tahu sebabnya, mungkin karena boss sendiri jadi kita lebih bisa berkonsentrasi dan menghafal skill yang dipunyai boss. Apalagi drop item/hadiah yang kita dapatkan juga punya kualitas yang cukup baik.

Jika begini, Serious Sam 4 memang layak disebut sebagai salah satu game terbaik tahun ini. Tapi ini sesuai dengan genre dan bukan lintas genre. Pasalnya setiap gamer punya game yang mereka suka dan ini akan berbeda-beda dari setiap orang yang memainkan.


Like it? Share with your friends!

537
537 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *