Segala Permulaan Sebelum Lahirnya Ide Game Cyberpunk 2077


550
550 points

Tahun 2020 sepertinya bisa disebut tahunnya industri game, dengan tidak ada niatan untuk melupakan juga banyaknya duka yang terjadi dan menyelimuti tahun ini. Bencana yang banyak melanda di berbagai belahan dunia, kematian banyak tokoh dunia, dan yang masih kita hadapi hingga saat ini yaitu pandemi Covid-19. Masih menyisakan lima bulan lagi mari kita doakan semoga tahun ini dapat diakhiri dengan penuh suka cita, dan pandemi ini segera lenyap dari muka bumi.

            Terlepas dari itu semua, memang tidak bisa dipungkiri tahun ini memang tahunnya industri game. Produsen konsol seperti Sony meluncurkan generasi konsol terbarunya diprediksi tahun ini, developers game banyak merilis game tahun ini, dan lahirnya game-game hebat juga banyak terjadi tahun ini. Tahun 2020 nampaknya juga akan menjadi tahun perilisan game Cyberpunk 2077. Game yang sudah diumumkan bahkan sejak tahun 2013 ini langsung mendapatkan perhatian dari gamer di seluruh dunia.

Telah lahir sejak tahun 1988

            Cyberpunk 2077 adalah salah satu game yang sangat ditunggu-tunggu kedatangannya. Game yang sudah digembar-gemborkan developernya, CD Projekt sejak tahun 2013 ini langsung menyedot atensi dari para komunitas gamer. Bagaimana bisa sebuah game yang namanya sudah berumur tujuh tahun tetapi wujudnya belum bisa kita mainkan mendapatkan popularitas sebegitu besarnya? Karena ternyata game ini sudah digagas sejak 32 tahun yang lalu. Game ini pada kenyataannya adalah “bentukan” terakhir dalam waralaba yang sudah dimulai sejak tahun 1988.

            Diciptakan oleh Mike Pondsmith pada tahun 1988 sebagai game RPG, game ini mencoba merepresentasikan atmosfer dari cerita fiksi cyberpunk untuk dijadikan game yang bisa dimainkan. Novel Hardwired dan Blade Runner karya Walter Jon Williams menjadi inspirasi terciptanya game ini, sekaligus sang penulis juga membantu melakukan tes untuk memainkannya. Sebenarnya memakai suatu genre menjadi nama suatu game terlihat sangat riskan, dan banyak orang akan menyangsikannya.

Latar belakang tahun 2077

            Set pada game mengambil cerita masa depan yang ikonik dengan “dystopia” dimana banyak korporasi secara rakus mengambil kendali dan memperebutkan atas suatu teknologi semata-mata hanya untuk memenuhi kebutuhan mereka, hal tersebut juga sangat berkesinambungan dengan nama game ini. Masa depan dalam game digambarkan memiliki teknologi tinggi, tetapi ditampilkan tidak elegan.

            Cyberpunk adalah dunia yang penuh dengan kesengsaraan, kemelaratan, dan kejahatan yang merajalela. Dengan latar khas dunia cyberpunk seperti tempat kumuh dan tidak tertata, berhiaskan lampu-lampu neon yang hanya berkedip-kedip, “tanah terkutuk” dan tempat buruk layaknya sarang mafia.

            Pada game awal original karya Pondsmith, Cyberpunk mengambil set yang tidak jauh berbeda dengan dunia nyata, dan mengalami perubahan pada tahun 1990. Edisi pertama, alur cerita mengambil set pada tahun 2013, berlanjut pada seri berikutnya yang memilih mengambil set pada tahun 2020 hingga akhir 2030-an. Hingga pada saat game ini digarap CD Projekt, dipilih untuk mengambil set pada tahun 2077, persis sama seperti judulnya.             Sebuah keuntungan pada CD Projekt karena ini meungkinkan mereka untuk mengambil materi dari seri-seri terdahulu dan bebas berekspresi untuk menggarap seri 2077 ini. Namun, sayangnya banyak para pemain game yang memang belum familiar dengan tema game seperti ini. Selain itu setting game yang mengambil tahun 2077 juga dianggap sangat menguntungkan developer, karena mereka bisa membuat apapun sesuka dan seliar imajinasi mereka. Tidak ada yang bisa membantah karena bagaimanapun kita masih hidup di tahun 2020, sehingga teknologi tahun 2077 pun tidak ada seorangpun yang bisa meramalkannya.


Like it? Share with your friends!

550
550 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *