Sebuah Permainan Meja Papan Berdiorama Perang Warhammer 40.0000 yang Diadaptasi Menjadi Berbagai Judul Video Game


606
606 points

Sensasi bermain game yang akan kita bahas di kesempatan kali ini mungkin sangat sedikit orang yang sudah pernah memainkan dengan konsep serupa. Pengalaman bermain judul satu ini mungkin menjadi pengalaman satu-satunya yang entah kapan menghampiri kita di Indonesia, entah kita bisa memainkannya, dan entah akan datang kesempatan kedua atau tidak.

Kehebatan dari judul game ini tidak sampai di situ saja karena sejatinya judul ini masih menyimpan banyak hal hebat dan unik lainnya atau mungkin bisa dikatakan sangat unik. Sangat unik datang bukan tanpa alasan karena lahirnya judul Warhammer 40.000: Battle Sister yang akan kita bahas ini dan judul lain dari franchise Warhammer adalah berasal dari dunia nyata.

Sudah ada di dunia nyata sejak 1987

Sebagian dari anda mungkin ada yang langsung bingung dan timbul tanda tanya besar dengan yang kami maksud lahir dari dunia nyata. Sebagian anda mungkin sudah bersiap-siap untuk melancarkan serangan perbedaan pendapat melalui perdebatan. Tidak terelakkan memang karena kita semua umat manusia pasti sepakat bahwa video game adalah hal fiksi yang tidak mungkin berasal dan terjadi di dunia nyata. Oleh sebab itu apabila ada pendapat yang menyatakan bahwa video game berasal dari alam nyata ini pasti akan langsung mendapat serangan para penentangnya.

Tetapi, alangkah baiknya anda menghilangkan kebiasaan buruk tersebut agar mau mendengarkan dan membaca semua penjelasan tentang apapun itu hingga tuntas. Penjelasan kita dengan judul Warhammer 40.000 ini pun belum selesai sepenuhnya. Oleh karena itu carilah posisi ternyaman duduk anda dan mulailah membaca rangkuman penjelasan kami.

Apabila kita tarik sejarah mundur jauh ke belakang sebelum lahirnya judul-judul video game yang membawa nama besar Warhammer 40.0000 sejatinya judul tersebut awalnya terlahir pada tahun 1987. Bukan datang sebagai sebuah game jadul melainkan menjadi sebuah permainan miniatur perang yang disajikan dalam papan permainan layaknya bermain catur yang mendapat penambahan unsur diorama. Sehingga tidak salah kita menyebutnya game ini datang berasal dari sebuah dunia nyata.

Game papan perperangan ini sendiri adalah karya perusahaan manufaktur yang mendedikasikan mereka khusus membuat miniatur game peperangan bernama Games Workshop. Game Workshop hingga kini telah merilis total hingga edisi ke 9 yang telah hadir pada bulan Juli lalu. Seperti halnya bermain catur, dalam permainan ini anda harus menggerakkan model miniatur dari para tokoh prajurit, petarung, dan kendaraan perang untuk sebuah kemenangan.

Terus berkembang menjadi judul video game yang beragam

Sementara itu proses adaptasinya papan permainan ini ke ranah industri game sebenarnya sudah terjadi sejak permainan ini dirilis. Tahun 1987 permainan ini langsung dibuatkan judul video gamenya yang tentunya masih berkelas sebagai game ini. Barulah sejarah dimulai pada tahun 1993 dimana Games Workshop mendapat lisensi resmi untuk meluncurkan gamenya melalui Electronic Arts. Pada tahun itu juga game resmi mereka yang memiliki judul sama yaitu Warhammer 40.000 akhirnya dirilis oleh EA dengan dua edisi bertajuk Space Hulk.

Berawal dari momentum bersejarah itulah akhirnya Warhammer 40.000 terus diadaptasi ke berbagai karya termasuk buku, novel, game dan masih banyak yang lainnya. Berbagai judul gamenya pun cukup laris di pasaran sehingga menarik minat beberapa perusahaan besar lain untuk bekerja sama dengan Game Workshop dalam rangka membuat edisi atau judul berikutnya. Hingga datang sebuah game yang mencoba mempersembahkan kenangan bermain game Warhammer di meja ke dalam sebuah video game permainan VR. Judul itulah yang bernama Warhammer 40.000: Battle Sister yang akan kita kupas tuntas nantinya.


Like it? Share with your friends!

606
606 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *