Sangat Butuhkah Apex Legends dengan Fitur Cross-platform? Bagian 3


559
559 points

Kita telah mengulas beberapa kekurangan cross-platform ini apabila benar-benar diluncurkan untu Apex Legends. Semuanya berkaitan dimulai dari kemenangan PC atas platform lainnya, sulitnya mengkondisikan para pemain beda platform, potensi beban yang akan timbul, dan matchmaking yang mungkin kurang adil. Semuanya memang berkaitan satu-sama lain dan benar adanya bahwa seperti itulah kekurangannya.

Seperti yang pernah kita sebutkan harusnya Respawn Entertainment segera mengadakan pertemuan dengan Electronic Arts untuk membahas fitur cross-platform ini. Bukan sebuah pertemuan lanjutan untuk segera meluncurkan fitur ini melainkan pertemuan untuk menghasilkan bagaimana seharusnya fitur cross-platform ini berjalan. Sejatinya para penggemar giat untuk sekedar memberikan feedback mengenai fitur cross-platform ini apabila diberi kesempatan dan didengarkan pendapatnya. Para pemain pasti berharap yang terbaik untuk game yang begitu mereka cintai ini, dan fitur cross-platform dapat menjadi elemen yang ternyata mereka inginkan dan harapkan atau malah menjadi sesuatu alasan mereka meninggalkan game ini. Semua pihak yang berandil di fitur ini harus berhati-hati dalam mengambil keputusan atau hal buruk dapat terjadi di kemudian hari.

Teknikalitas seperti visual dan kinerja game

Kekurangan selanjutnya mungkin berbeda dengan yang kita bahas sebelumnya, karena lebih mengarah ke teknikalitas game itu sendiri. Skema kontrol dari platform seperti Playstation dan Xbox begitu memanjakan para pemainnya terlebih lagi untuk platform PC yang sudah tidak perlu kita bahas lagi karena sepertinya memang sudah berbeda kelas. Jika kita boleh berharap kontrol seperti itu dapat dihadirkan ke platform Nintendo Switch nantinya, walaupun mungkin terbatas. Opsi buruknya memang kontrol yang dihadirkan sama sekali berbeda.

Kinerja game Apex Legends juga disorot terkait faktor teknikalitas ini. Sempurnanya game ini berjalan di platform PC dan konsol besar belum tentu dapat dihadirkan ke Nintendo Switch. Dan apabila hal ini tidak diperhatikan dengan serius oleh developer sesuatu yang buruk yang pernah terjadi di Fornite dapat pula terjadi di Apex Legends ini. Pernah terjadi para pemain Fortnite konsol mengeluhkan kinerja game di perangkat mereka tidak sebaik yang disajikan di perangkat PC. Keluhan tersebut berkisar visual game dimana disajikan kombinasi warna yang kurang mumpuni di konsol ketimbang di PC. Beberapa mengeluhkan efek “shadowing” di konsol yang cenderung buruk juga apabila disandingkan dengan perangkat PC. Seluruh keluhan tersebut mereka tuangkan dan dapat anda temukan banyak berserakan di platform berbagi seperti Reddit.

Banyak contoh gagal di luar sana

Mengacu pada blunder yang pernah dilakukan Epic Game terhadap Fortnite-nya tersebut haruslah menjadi pembelajaran bagi Respawn Entertainment agar tidak terjadi di cross-platformnya nanti. Jika belum cukup, Respawn harus mengaca pada kasus yang tidak berbeda jauh dengan yang terjadi di judul game The Elder Scrolls V: Skyrim. Khusus untuk pengembangan Apex Legends di Nintendo Switch kasus ini mungkin dapat menjadi acuan dimana Skyrim yang sejak tahun 2011 ada di platform PC, PS3, dan Xbox 360 bisa memberikan para pemainnya kepuasan ketika memainkannya. Hingga di tahun 2017 dimana teknologi sudah jauh berkembang dibanding tahun 2011 sudah sepatutnya game Skyrim yang dirilis di Nintendo Switch dapat berkembang pesat atau minimal sepadan dengan platform pendahulunya. Pada kenyataannya sangat jauh berbeda, Skyrim di platform Nintendo Switch jauh dari ekspektsasi dan harapan para penggemarnya.

Banyak faktor yang telah kami sebut di atas dan beberapa keluhan para pemainnya seharusnya didengarkan oleh pengembang. Bagaimanapun juga semua berasal dan bermuara di tangan konsumen. Sebisa mungkin cross-platform Apex Legends nantinya dapat memberikan pengalaman bermain yang layak, berkeadilan, berkualitas, dan tentunya berkesan.


Like it? Share with your friends!

559
559 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *