Riot Games Serius Menggarap Keseimbangan Permainan di Wild Rift


556
556 points

Tahun ini bisa dikatakan menjadi tahunnya beberapa game bergenre MOBA. Baik game MOBA mobile ataupun MOBA PC semuanya berhasil mencuri perhatian masyarakt awam sekalipun. Kondisi yang memprihatinkan di tengah pandemi ini bisa disebut memiliki andil besar. Bagaimana tidak, semua orang yang dulunya bebas beraktifitas di luar ruangan untuk bekerja dan melakukan aktivitas lain sekarang terpaksa harus berada di dalam rumah guna melaksanakan protokol kesehatan. Terus berada di rumah berpotensi menimbulkan kejenuhan, dan bagi mereka bermain game menjadi jalan pelariannya.

Katakanlah game seperti Dota 2 yang memundurkan penyelenggaraan The International tahun ini nyatanya tetap menggemparkan dengan hadiah “prize pool” untuk gelaran tahun depannya. MOBA mobile seperti Mobile Legends juga baru saja menuntaskan MPL nya khusus region Indonesia yang dikatakan berhasil mencetak beberapa rekor. Terbaru, adalah kabar menghebohkan dan mungkin ditunggu-tunggu penggemarnya dimana League of Legends yang berekspansi ke pasar MOBA mobile dengan League of Legends: Wild Rift nya.

Membentuk tim khusus untuk masalah khusus

Artikel sebelumnya pernah kita membahas sekelumit cerita tentang League of Legends: Wild Rift ini. Sayangnya beberapa cerita tersebut bisa dikatakan sebagai kabar yang kurang mengenakkan bagi kedua pihak, Riot Games dan tentunya para penggemarnya. Final build atau edisi yang benar-benar siap rilis ke pasaran nyatanya belum bisa diselesaikan tahun 2020 ini karena adanya beberapa halangan. Sungguh menjadi hal yang tidak diinginkan Riot Games dimana dengan rasa penuh kekecewaan mereka harus mengumumkan bahwa perilisan kemungkinan ditunda hingga 2021. Perasaan kecewa dan sedih itu pula yang juga dirasakan para penggemarnya yang sudah menanti-nanti.

Kesemua itu ada baiknya tetap kita dukung agar para tim yang berjuang mewujudkan Wild Rift ini seapik mungkin dapat bekerja maksimal. Selain itu sebenarnya game ini tetap bisa dimainkan oleh beberapa negara yang mendapat akses tersendiri untuk bisa memainkan game mereka. Bahkan tak terkecuali untuk akses khusus ini tim juga terus melakukan beberapa perubahan dan perbaikan.

Baru-baru ini sendiri Riot Games ternyata membentuk tim khusus bahkan untuk menangani masalah tertentu dalam game salah satunya keseimbangan permainan. Tim yang dijuluki “Balance Team” ini bertugas meneliti dan mengamati performa game dilihat dari kualitas para champion. Champion yang sudah ada di game harus terus diseimbangkan dengan champion yang mungkin saja baru dalam game. Harapannya tidak ada champion yang memiliki pick rate tinggi karena dirasa terlalu kuat dan sebagainya.

Ada dari juara dunia dan ada pula yang berasal dari Warner Bros

Urusan keseimbangan permainan nampaknya menjadi konsen utama dari Riot, dan mereka sama sekali tidak bermain-main dengan ini. Terbukti “Balance Team” yang mereka buat terdiri dari SDM yang berlatar belakang tidak biasa-biasa saja. Sepeti yang mereka cuitkan di akun resmi twitter Wild Rift bahwa sususan tim ini akan terdiri dari para MOBA master, para veteran pemain liga di PC, bahkan hingga juara dunia Vainglory. Satu lagi yang menjadi misterius adalah kelompok yang mereka namakan “new guy”. Tim inilah yang bertugas merombak segala sesuatunya dalam game yang berpotensi menimbulkan ketidakseimbangan.

Apabila anda penasaran dengan siapa saja sebenarnya yang berada di balik “Balance Team” ini, tenang saja Riot Games pun membeberkannya. Pertama adalah sang ketua dari tim ini yaitu Jonathan Chao yang dikatakan sebagai MOBA master seperti yang kita tulis di atas. Kemudian ada Alex Huang seseorang yang juga bertanggung jawab atas keseimbangan game LoL saat kompetisi dalam lima season berturut-turut. Selanjutnya ada juara dunia Vainglory yaitu Bao Nguyen dari tim Ardent Alliance. Terakhir adalah si New Guy ialah Mike Breese dari rumah produksi yang sangat terkenal yaitu Warner Bros.


Like it? Share with your friends!

556
556 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *