Review PES 2021 Yang Mengalami Banyak Pembaruan


540
540 points
PES 2021

PES 2021 memang sudah diluncurkan oleh developer beberapa waktu yang lalu. Ini bukan baru, tetapi ada pembaruan mengenai transfer pemain yang ada di seluruh dunia. Selain ini harganya saat ini kurang lebih £ 25 yang nyatanya lebih murah daripada versi-versi sebelumnya. Konami selaku developer juga memberi isyarat jika ada banyak perubahan khususnya untuk PlayStation 5 dan Xbox Series X.

Banyak yang merasa senang dengan perubahan yang dilakukan Konami, tapi mereka juga berharap FIFA dari EA melakukan hal yang sama. Namun walaupun begitu, Konami melakukan perubahan sama seperti tim Spurs. Mereka punya banyak pemain bagus, tapi tidak bisa menantang perburuan gelar Liga Inggris atau yang biasa kita kenal dengan Premier League.

Memang secara kasar ini sedikit tidak layak untuk dibahas. Pasalnya ini hanya ada pembaruan data saja dari versi tahun lalu. Ketika versi PES 2020 keluar, memang ada banyak masalah gameplay yang cukup serius. Namun sejak saat itu, Konami sepertinya telah melakukan pekerjaan yang layak untuk memperbaikinya. Ada juga penambahan di beberapa bagian yang membuat PES 2021 lebih layak untuk dimainkan.

Ada yang bilang jika di in game, gameplay sudah banyak berubah. Mereka mengatakan ini jauh lebih mudah dimainkan dan grafik nya juga lebih baik. Namun ada banyak pula yang mengatakan jika perubahannya tidak terlalu terlihat dan malah hampir sama dengan versi tahun lalu. Mungkin yang paling ketara adalah sudut pengambilan gambar saat berada di lapangan.

Gameplay PES 2021 Yang Lebih Baik

Ketika melihat review dimana-mana tentang game ini, mereka mengatakan jika kontrolnya sekarang lebih mudah. Pemain ketika memegang bola juga jauh terlihat lebih halus serta mudah untuk melakukan trik-trik yang ada. Kiper sekarang juga jauh lebih bisa diandalkan jika dibanding yang dahulu. Tapi nyatanya ini terlihat ketika mereka memperhatikannya secara detail.

Jika dibandingkan dengan FIFA, game ini memang terlihat lebih bagus, realistis dan lebih menarik. Bola bisa mengalir lebih nyata, sama seperti kita melihat permainan asli sepakbola di televisi. Saat mengoper bola lewat bawah dan atas, ini juga sangat terasa berbeda. Menendang bola jauh lebih asyik dilihat jika melihat ekspresi pemain.

Ada hal positif, ada pula hal negatif dari game ini. Wasit masih sama menjengkelkan seperti tahun lalu, dan jika dilihat memang tidak ada perubahan. Wasit seringkali memberikan pelanggaran yang terkadang kita saja berfikir jika itu keterlaluan. Ini jelas merugikan bagi lawan dan juga kita sendiri ketika bertanding. Seharusnya Konami memperhatikan hal ini, jika ingin gamenya menjadi lebih baik daripada pesaingnya.

Masih Ada Banyak Masalah

Satu lagi yang cukup menjengkelkan adalah kadang pemain berdiam diri dan tidak merespon. Bahkan ini terjadi juga tanpa sebab yang jelas, padahal saat itu ketika memegang kontrol penuh. Ini tentunya sangat mengganggu saat kita bermain serius atau sedang menghabiskan waktu bersama teman.

Selain itu, kadang antar pemain juga saling bertabrakan dan menghalangi jalan satu sama lain. Mereka sepertinya masih belum menyelesaikan masalah ini dan tidak bisa membedakan antara tombol X dan juga tombol options atau menu. Dan inilah yang nyatanya membuat bermain kadang terasa tidak nyaman. Semoga nantinya ada update untuk pembaruan masalah ini.

Satu lagi yang terasa menjengkelkan adalah saat bermain Master League. Memang banyak manajer untuk dipilih, tapi cutscene yang lama dan tidak terlalu penting membuatnya membosankan. Jika saja ini sama seperti FIFA, kemungkinan PES 2021 akan mendapatkan tempat yang lebih baik di hati para penggemar.

Masalah lisensi stadion juga menjadi sedikit kekurangan, tepatnya untuk Xbox. Pasalnya mereka tidak bisa melakukan update untuk mendapatkan stadion SanSiro yang hilang karena masalah lisensi. Namun untuk pemain PC, mereka tidak perlu khawatir karena mereka bisa melakukan update.


Like it? Share with your friends!

540
540 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *