Permintaan para Pemain World of Warcraft agar Kesalahan Masa Lampau Tidak Terulang


575
575 points

Banyak hal lagi yang menjadi daya tarik di World of Warcraft: Shadowlands ini. Setelah banyak hal yang telah diungkap sebelumnya, sampailah kita ke penghujung menariknya edisi ini. Torghast, Tower of the Damned menjadi hal selanjutnya yang menjadi unsur yang juga dinantikan. Torghast adalah bentukan dari dungeon “tak terbatas” yang dibagi menjadi beberapa lantai. Tiap lantai meningkatkan kesulitan masing-masing, dengan tentunya level masing-masing.

Torghast sebagai dungeon tak terbatas

            Di Torghast kita dapat menyelesaikannya sendiri, selain itu kita akan memperoleh kemampuan khusus dari lawan, memperkuat karakter kita, atau merubah cara kerja mereka. Farming di Torghast tentunya kita hanya akan dibekali sejumlah nyawa, dan apabila kita gagal bertahan dengan sejumlah nyawa yang disediakan, maka kita akan kembali dari awal. Dari Torghast pula kita akan memperoleh bakan baku untuk item legendaris.

            Blizzard juga tidak melakukan nerf untuk beberapa kombinasi pertarungan. Sehingga kita dapat memainkan magician untuk terus teleport sepanjang waktu sambil terus melemparkan bola api sekaligus untuk mengalahkan musuh.

Belajar dari kesalahan masa lalu dan berusaha merubahnya tidak salah namun,

            Blizzard juga telah mengembalikan skill karekter klasik yang dihadirkan di Shadowlands ini. Hunters dapat menggunakan Hunter’s Marks, Warlock dapat memberikan kutukan, dan Saman dapat mengeluarkan totem pada tiap spesialisasi. Selain itu Blizzard juga melakukan perubahan kecil disana sini, seperti karakter penyihir baru yang mendapatkan penyesuaian tampilan. Ada juga quest di story campaign yang mengharuskan kita berhadapan dengan Jailer sang penjaga The Maw. Perlu digaris bawahi The Maw di Shadowlands tidak jauh berbeda dengan Suramar di Legion

            Sayangnya pada Shadowlands ini Blizzard tidak melahirkan kelas atau ras karakter baru. Munculah keraguan lagi yang timbul akan masalah ini dan menyangkut pautkan ke kenangan masa lampau di Battle for Azeroth, ditambah lagi Soulbind nampaknya belum benar-benar siap untuk dirilis berbarengan dengan Shadowlands. Shadowlands pun hanya kelihatan seperti sebuah ekspansi besar-besaran dari World of Warcraft yang memang hanya sebatas ‘besar’. Sistem yang mungkin bisa dikatakan masih carut marut harus segera dibenahi oleh pengembang. Semua yang terjadi di masas lampau harusnya tetap menjadi pelajaran yang berharga, sehingga yang di depan mata akan rilis benar-benar siap untuk diluncurkan. Ataukah akan muncul segala bentuk serangkaian DLC ke depannya tepat setelah edisi ini rilis di pasaran? Tidak ada yang tahu kecuali developer dan Tuhan.

Beberapa pengamat pun menyebut ini bukan langkah revolusioner dari developer atas semua yang telah terjadi sebelumnya pada edisi terdahulu. Para pengamat berpendapat bahwa ini seperti langkah aman untuk ditempuh dengan mencoba menghapus semuanya yang dirasa kurang dan menggantinya saja dengan sesuatu yang baru, tanpa ada solusi kongkrit untuk pengembangan menuju lebih revolusioner. Sehingga terkesan akan gugur kewajiban yang ditanggung developer kepada para pemainnya. Tetapi setelah apa yang dilalui Blizzard dengan segala kerja keras mereka untuk merilis edisi Shadowlands ini patut kita apresiasi dengan dua jempol.

Perlu kita ingatkan pula bahwa World of Warcraft: Shadowlands akan rilis tahun ini tepatnya bulan Agustus dengan tanggal tepat yang belum kita dapatkan konfirmasi resminya. Edisi ini akan rilis hanya di platform Microsoft Windows dan mac OS. Anda sebagai penggemar sejati game bergenre MMORPG sudah selayaknya untuk menggunakan game ini sebagai pengisi kekosongan di tengah pandemi ini. Bagi anda yang mungkin sudah pensiun dari game ini karena kurang terpuaskan oleh edisi terdahulu, ini waktunya anda kembali.


Like it? Share with your friends!

575
575 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *