Perjalanan Genre Battle Royale dari yang Kurang Dikenal Menjadi ‘Raja’ Bagian 4


576
576 points

Mengenai bahasan mekanik Call of Duty: Warzone yang membuat anda dapat melakukan pertempuran di Gulag terus-menerus selama anda mampu, untuk melanjutkan pertempuran bersama dengan tim anda. Anda benar-benar tidak akan mengakhiri pertempuran sampai seluruh anggota tim anda mati.

            Kelebihan yang dimiliki Call of Duty dengan map pertempuran yang besar, misi-misi sampingan pendamping misi utama, mode untuk membeli peralatan tempur, hingga fitur respawn nampaknya akan menjadi nilai jual tersendiri. Maka tidak heran, apabila Call of Duty dengan Warzone-nya akan menjadi penantang kuat game-game battle royale lainnya, khususnya Fortnite.

Raksasa Ubisoft akhirnya muncul

            Fenomena game bergenre battle royale ini menjadikan mereka mendominasi konten-konten bertema game, seperti live streaming para gamer, video Youtube dan akan datangnya turnamen-turnamen besar game bergenre ini. Selain mendominasi konten-konten di berbagai platform, industri game pun menerima dampaknya. Developer-developer mulai membuat dan mengembangkan game dengan genre yang sama, sehingga pengaruh beberapa pendatang ini bagaikan angin segar dan mampu meneruskan eksistensi genre ini mungkin beberapa tahun ke depan.

            Game garapan Ubisoft yaitu Hyper Scape menjadi judul yang benar-benar baru untuk genre ini. Mengingat Ubisoft adalah raksasa besar di industri game, tentunya menjadikan Hyper Scape sebagai penantang baru yang layak diperhitungkan. Saat ini game ini memasuki tahap open beta, sehingga review bagi para gamer yang beruntung bisa memainkan game ini pada saat closed beta banyak ditemukan di internet. Dikatakan game ini memiliki pergerakan yang cepat bahkan lebih cepat dari game-game pendahulunya, senjata yang mudah dioperasikan, dan fitur “secondary win” sebuah kondisi yang bisa anda perebutkan, sehingga membuat permainan ini lebih menegangkan. Anda juga bisa bertahan dari serbuan tim lain atau memperebutkan Crown. Crown menjadi item penting dan dicari dalam game, dimana jika anda dapat mempertahankan Crown ini selama 45 detik di tim anda, tim anda akan menjadi pemenangnya. Hal tersebut tak menghiraukan berapapun jumlah tim yang tersisa, selama anda dapat menahan Crown ini, anda lah pemenangnya.

            Hyper Scape juga memiliki berbagai even selama pertandingan. Even tersebut adalah tanggapan pengembang atas permintaan para pemirsanya di platform streaming Twitch. Twitch telah menjalin kerja sama dengan game ini, sehingga game terintegrasi dengan si platform. Bentuk integrasi ini akan dilihat developer akankah menjadi piilihan yang seimbang dan tepat. Developer sedang menguji coba untuk menyeimbangkan exposure yang diberikan nama besar seorang streamer dengan pemain biasa yang memainkan game ini untuk mengisi waktu luang.

Menjadi saksi bisu tonggak sejarah genre battle royale

            Battle royale menjadi game yang bisa dikatakan merajai industri game saat ini, dengan terus mengalami perkembangan dan hal-hal baru yang disajikan, tidak heran game dengan genre ini akan tetap menarik untuk beberapa tahun ke depan. Terus hadirnya game-game ini entah dari developer mana akan menjadikan bahasan panjang apabila disebutkan satu per satu. Hadirnya game yang berbeda-beda tidak seharusnya menjadi sebuah psywar antar pemain-pemainnya. Sebagai gamer yang baik harusnya kita menjadi saksi bisu sejarah perkembangan genre ini dan menikmati setiap prosesnya. Menunggu gebrakan-gebrakan selanjutnya tidak menjadi sebuah penantian yang membosankan apabila akan hadir game battle royale berkelas lainnya di waktu yang akan datang. Sembari kita melihat akan kah ada genre lain yang akhirnya berhasil menggeser kedigdayaan genre battle royale ini.


Like it? Share with your friends!

576
576 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *