Perjalanan Genre Battle Royale dari yang Kurang Dikenal Menjadi ‘Raja’ Bagian 3


576
576 points

Sebuah awal perjalanan baru bagi game battle royale seperti terlahir kembali. Setelah lama tertidur panjang, genre ini mulai menunjukkan tajinya. Mengalahkan kejayaan era-era moba bukannya hal yang mudah, game hebat seperti LOL dan Dota 2 mustahil untuk digusur kedigdayaannya. Tapi bukan berarti segala lini berhasil dikalahkan dengan mutlak oleh game battle royale, sebut saja The International even besar Dota 2, yang dirasa terlalu cepat lima tahun lebih bagi PUBG atau Fortnite untuk mengalahkan total “prizepool” nya.

            Lini yang dimaksud berupa pertumbuhan jumlah pemain yang meningkat, angka peman yang online bersamaan, ataupun jumlah pembelian atau unduh game ini. Ada juga lini yang mungkin membuat item-item yang berkaitan dengan suatu game tersebut mengalami peningkatan, seperti penjualan merchandise

Eksistensi Apex Legends yang ternyata masih kalah dengan Fortnite

            Jika kita berbicara Fornite maka kita tidak bisa lepas dari Apex Legends, masih sama bergenre battle royale dengan tema-tema semi fantasi yang hampir sama pula. Apex Legends yang merupakan garapan Electronic Art ini rilis pada 4 Februari 2019. Fakta mencengangkannya game ini merupakan seri free-to-play dari EA yang tidak diumumkan dan tidak dipromosikan, namun dapat kita lihat sendiri ketika game ini dirilis antusias kalangan gamer begitu besar. Sekali lagi fakta ini apakah membuktikan gairah masyarakat khususnya para gamer akan hausnya mereka dengan game bergenre battle royale. Apex Legends hadir dengan gameplay menarik dan realistis, kecepatan dan pergerakan menjadi lebih dinamis, dan disajikan tokoh-tokoh yang unik dengan konsep baru.

            Karakter-karakter di Apex Legends dihadirkan berbeda dengan game battle royale sebelumnya yang mana menjadi lebih sulit untuk dikuasai. Karena perlu kita ketahui karakter-karakter pada Apex Legens dibekali skill dan keahlian perang masing-masing Sehingga tidak bisa dibutuhkan waktu yang hanya semalaman untuk menguasai game ini. Anda juga dapat dihidupkan kembali apabila karakter anda terbunuh dan mati dengan cara teman anda harus mendapatkan suatu item berbentuk semacam kartu identitas dan membawanya ke tempat peruntukannya. Gameplay semacam ini mendapatkan respon positif dari para pemainnya, memberikan fitur “spawn” khas battle royale lama namun mengemasnya dalam bentuk berbeda. Mekanik seperti ini pun segera diadaptasi bahkan oleh Fortnite dan game battle royale lainnya. Populernya Apex Legends ternyata tidak dibarengi jumlah pemain yang online di waktu bersamaan, yang ternyata masih kalah jumlah dengan yang didapatkan Fortnite.

Call of Duty dengan seri judul-judulnya akan menjadi penantang berat

            Merebaknya game bergenre battle royale ini nampaknya membuat sang pencetus game battle royale modern tak mau kalah. Hingga munculnya penantang baru yaitu Call of Duty: Warzone.

            Seri sebelumnya dari Call of Duty sebenarnya tidak kalah mentereng apabila dibandingkan dengan game battle royale lainnya. Call of Duty: Modern Warfare sebenarnya sudah mendapatkan tempat di hati komunitas gamer, bahkan dengan mode khusus untuk battle royale menjadikan game ini tetap menjadi pilihan. Mode ini menyajikan misi-misi sampingan seperti halnya battle royale sebenarnya untuk mencari tim terakhir yang bertahan sebagai pemenang. Menyelesaikan misi ini para pemain akan mendapatkan uang yang dapat dibelanjakan senjata, amunisi, “airstrike”, UAV, atau kit penyembuhan. Mode unik lainnya pada game ini yaitu penambahan Gulag, yaitu peta khusus bagi pemain yang terbunuh untuk melakukan pertarungan 1 vs 1 guna memperoleh kesempatan respawn gratis. Jika anda menang maka anda akan diterjunkan lagi ke medan pertempuran sebelumnya secara gratis, tetapi jika anda kalah anda harus menunggu teman setim anda untuk melakukan buy-back untuk anda agar bisa kembali ke medan pertempuran asli.


Like it? Share with your friends!

576
576 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *