Perjalanan Genre Battle Royale dari yang Kurang Dikenal Menjadi ‘Raja’ Bagian 1


576
576 points

Jika kita sedikit menarik mundur 5-10 tahun yang lalu game yang populer mungkin bisa dibilang masih dipegang oleh Dota 2. Game garapan sekaligus dipublish oleh valve ini memiliki genre “multiplayer online battle arena” atau yang biasa kita sebut MOBA. Kepopuleren game ini tentunya dipengaruhi oleh banyak hal, dimulai dari gameplay MOBA yang pada jaman itu mungkin masih menarik untuk dimainkan, banyak pilihan hero, tampilan menarik, game yang tidak terlalu berat, dan mungkin hadiah dari turnament game ini yang fantastis. The International masih menjadi even e-sport dengan hadiah tertinggi hingga saat ini, dan hebatnya masih belum bisa dikalahkan hingga dua tiga tahun ke depan.

            Uraian di atas sedikit menceritahan “hype” game pada kurun waktu tersebut. Bagaimana jika kita lebih persempit jangka waktunya, yaitu dalam kurun waktu 1-3 tahun yang lalu. Genre apakah yang sering dibicarakan orang, hingga sedikit banyak mempengaruhi game-game lain bahkan hingga detik ini. Banyak yang mungkin sudah mengetahui jawabannya, yaitu genre Battle Royale.

Datangnya PUBG sebagai titik balik

            Tiga tahun yang lalu, tepatnya bulan Maret 2017 kita dikejutkan dengan kemunculan sebuah game berjudul PlayerUnknown’s Battlegrounds. Apabila kita artikan secara bahasa Indonesia saja mungkin kita akan bertanya game yang ‘berarti medan tempur pemain yang tidak dikenal’ ini seperti apakah permainannya. Game ini akan mempertemukan 100 pemain dalam satu arena pertempuran berbentuk pulau, yang sebelumnya akan dijatuhkan dari pesawat yang membawa mereka ketika game ini dimulai. Pulau yang digunakan sebagai medan tempur juga berisi barang jarahan, senjata perang, dan peralatan penunjang lainnya untuk bertahan hidup. Para player dengan seluruh perlengkapan yang telah mereka dapatkan harus bertarung satu sama lain hingga menyisakan satu pemain terakhir sebagai pemenenang.

            Genre Battle Royale sendiri sudah dikenal cukup lama di kalangan para gamer, terutama gamer kawakan. Game-game yang telah ada mungkin tidak terlalu dikenal, dan tidak populer sehingga seiring berjalannya waktu seperti dilupakan. Hingga akhirnya PlayerUnknown’s Battlegrounds atau sering kita singkat PUBG ini rilis ke pasaran. Membawa alur permainan dengan ide yang unik dan sederhana membuatnya secara singkat menyita perhatian dunia, dengan tiga juta pemain bermain bersamaan pada akhir tahun. PUBG membawa genre Battle Royale ini menuju puncak dimana harusnya mereka berada, menjadi genre yang banyak dikenal oleh semua orang.

Pentingnya bertahan hidup di PUBG

            Kenapa PUBG ini begitu dicinta dan kenapa game-game battle royale terdahulu ditinggalkan, mungkin itulah pertanyaan yang muncul di kalangan pemerhati game. Ide unik yang dipersembahkan PUBG dirasa segar, itulah yang membuat game ini mendapat respon yang begitu gila. Game seperti Call of Duty misalnya semisal anda masuk ke mode multiplayer, melakukan pertempuran dengan terus membunuh satu pemain berlanjut ke pemain berikutnya, atau mungkin anda yang terbunuh, maka anda akan bangkit kembali dan segera melanjutkan pertempuran. Hal tersebut sama sekali tidak berlaku di PUBG, karena eksistensi mahkluk hidup manusia masih dipertahankan, bagaimanapun anda mati terbuhuh maka anda harus mati.

            Pemain yang mungkin jenuh dengan permainan battle royale generasi sebelumnya pasti akan menikmati hal baru yang ditawarkan PUBG ini. Kematian dan bertahan hidup menjadi faktor penting di game ini, jika anda mati anda harus kembali ke menu utama untuk bermain kembali di menu “matchmaking”. Jika anda menjadi pihak yang selamat apabila ikut dalam sebuah pertempuran anda harus segera memulihkan darah anda, stamina, dan menjarah dari karakter yang terbunuh untuk mendapatkan item yang menjunjang anda untuk melanjutkan game. Jika anda memang mempunya skill atau sedang dilanda keberuntungan, maka anda akan mencapai posisi 10 besar, dimana intensitas dan ketegangan ini bertambah.


Like it? Share with your friends!

576
576 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *