Nvidia GeForce RTX 3080: Perkembangan Yang Menakjubkan


547
547 points
Nvidia GeForce RTX 3080

Nvidia GeForce akhirnya mengeluarkan generasi terbaru mereka dan bakal segera muncul di pasaran. Menurut informasi yang beredar, menurut Ampere ada tiga kartu grafis terbaru dan salah satunya adalah RTX 3080. Selain itu, kartu grafis ini nyatanya adalah peningkatan kinerja 4K dari RTX 2080. Lebih lengkapnya kinerjanya akan lebih meningkat mulai dari 1080p dan 1440p hingga 4K.

Salah satu klaim dari Nvidia, mereka mengatakan jika ini akan memberikan kinerja dua kali lipat dari generasi yang pernah ada. Teknologi die shrink dari proses 12nm ke proses 8nm, yang disampaikan oleh Samsung daripada yang biasa oleh TSMC. Itu memungkinkan Nvidia mengemas lebih banyak transistor daripada sebelumnya, meningkatkan kinerja dan efisiensi daya.

Selain itu memori kartu juga sudah ditingkatkan dengan memori GDDR6X 10GB dari versi sebelumnya. Hasilnya memungkinkan lebih banyak bandwidth dan frekuensinya lebih tinggi daripada sebelumnya serta yang lebih bagus adalah konsumsi energi yang lebih hemat. Sektor ray tracing dan tensor core juga mengalami peningkatan yang signifikan. Semuanya bekerja dengan baik dan pada akhirnya akan mengeluarkan performa yang maksimal.

Peningkatan Dan Kinerja RTX 3080

Meskipun ada banyak hal yang berubah, salah satu hal pertama yang akan kamu perhatikan tentang RTX 3080 adalah solusi termal yang tidak biasa. Menurut Nvidia, kipas akan bertambah kecepatannya sesuai dengan suhu dan mendorong panas lebih baik daripada cara tradisional. Contohnya ketika kamu menggunakan AiO atau custom pendingin air. Dan menurut beberapa pengujian yang sudah dilakukan, kinerja dan kekuatannya memang menarik.

PCB dalam kartu grafis juga mengalami perubahan yang substansial. Bagian belakang terutama sirip dan pipa panas diubah secara khusus demi peningkatan kinerja. Jadi jika dilihat secara kasat mata, tempat input daya tidak dapat kamu temukan di bagian belakang pada kartu grafis. Sebaliknya mereka sekarang menempatkannya di tengah unit dan bisa dibilang ini cukup jauh dari bagian PCB yang biasanya.

Perubahan konektor port 8 pin ke port 12 pin memang lebih baik. Secara fisik ukurannya jauh lebih kecil, tetapi konektor lebih memberikan banyak daya dan menjadikan salah satu kunci kartu ini mengeluarkan performa yang menakjubkan. Apalagi PSU modular kelas atas juga telah memberikan dukungan untuk port pin ini. Jadi kamu tidak perlu kuatir lagi sekaligus mereka juga telah menyediakan adaptor ganda.

Melibas Semua Game Berat

Uji coba yang sudah dilakukan oleh beberapa info yang ada di Internet memang hasilnya cukup memuaskan. Konektor PCIe 4.0 standar terbaru memang memberikan peningkatan sedikit lebih baik jika dilihat melalui frame ratenya. Contohnya Horizon Zero Dawn saat dimainkan di resolusi 4K mengalami peningkatan ketika dipasangkan dengan Ryzen 9 3950X. Dan skor ini lebih baik ketika disandingkan dengan Core i9 10900K yang terbatas hanya menggunakan PCIe 3.0.

Pilihan port VirtualLink USB-C juga sangat berguna apalagi jika mengikuti industri saat ini. Apalagi RTX 3080 juga merupakan kartu grafis pertama yang mendukung HDMI 2.1 yang bisa digunakan untuk layar 8K 60Hz atau 4K 120Hz. Jika melihat ini, tentunya akan memberikan pengalaman bermain game yang menakjubkan jika menggunakan resolusi yang tinggi contohnya 4K. Selain game-game sekarang juga sudah banyak yang mengadopsi hal ini.

Ketika diuji untuk kecepatan frame saat bermain Doom Eternal, Gears 5 dan Death Stranding, efisiensinya memang seperti yang mereka katakan. Nvidia mengklaim juga daya watt juga lebih irit daripada RTX 2080, dan hasilnya lebih baik 20 persen. Dan tentunya hasil ini juga lebih baik daripada AMD RX 5700 yang bahkan 28 persen lebih boros daripada kartu grafis ini. Jadi kamu sudah bisa menyimpulkan bukan dari informasi ini?


Like it? Share with your friends!

547
547 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *