Mustahil Memisahkan Nuansa Horror dari Kedua Judul Game ini


552
552 points

Bisa dikatakan juga apabila membicarakan game horror kedua game ini tidak bisa dilupakan begitu saja. Seakan-akan kedua judul game ini adalah sebuah maskot atau “landmark” bahwa inilah dunia horror sesungguhnya dari sebuah game. Pada kenyataannya memang tidak, karena tidak ada game yang benar-benar jumawa mengklaim bahwa judulnya lah yang menjadi barometer game bergenre horror.

Judul-judul ini juga tidak menyatakan mereka adalah tolak ukur keberhasilan judul horror lainnya. Hanya saja memang kedua karya ini seperti cover dari genre ini. Sehingga tidak membicarakan game horror apabila tidak dimulai dari cover dahulu pastinya. Kedua judul ini sangat kita kenal dan sangat familiar di telinga kita ialah serial dari Silent Hill dan Slender.

Pernah dibuatkan judul film yang tak kalah mengerikan

Bagi sebagian orang yang mungkin belum tahu pasti mengira bahwa serial game Silent Hill terinspirasi dari judul film yang sama yaitu Silent Hill. Kenyataannya justru sebaliknya bahwa film Silent Hill yang kita ketahui dirilis pada tahun 2006 silam adalah buah inspirasi dari franchise game Silent Hill. Judul film Silent Hill saja mendapatkan respon dari masyarakat luas tentang seberapa mengerikannya semua unsur yang ada di dalamnya. Kalau begitu coba anda bayangkan betapa mengerikan judul gamenya yang merupakan cerita original dari semua karya adaptasinya.

Serial Silent Hill sendiri berawal dari sebuah franchise media horror karya Keiichiro Toyama yang berfokus pada serial game bergenre survival horror. Bahkan sangking fokusnya Konami selaku induk yang menaungi proyek pengerjaan serial ini mendirikan kelompok resmi yang secara khusus menangani segala bentuk pengembangan dari Silent Hill yang diberi nama Team Silent.

Judul pertama franchise ini adalah Silent Hill yang dirilis pada tahun 1999 untuk platform PlayStation melalui induk mereka Konami. Hingga kini franchise ini memiliki belasa judul game yang kami sendiri saja merasa kesulitan mengelompokkannya berdasarkan data yang ada. Selain beberapa judul yang mengalami pembatalan, sedikit pula judul Silent Hill yang merupakan rilisan terbaru. Judul terbaru mereka saja hanya tersedia dalam bentuk trailer yang dapat dimainkan dan sekarang juga mengalami pembatan perilisan yaitu edisi bernama P.T..

Game ini mengisahkan perjalanan Harry Mason dalam rangka pencarian putri adopsinya yang hilang di sebuah kota fiksi di Amerika bernama Silent Hill. Harry kemudian menemukan berbagai hal aneh yang mengerikan di luar nalarnya hingga pun dia terjerumus ke dalam kegelapan.

Terinspirasi dari sebuah karakter fiksi

Judul kedua yang pasti semua orang sudah mengiranya adalah serial Slender. Lahirnya serial game ini juga terbilang cukup unik karena terinspirasi dari sebuah karakter fiksi yang terdapat di sebuah forum bernama Something Awful. Karakter fiksi ini sendiri bernama Slender Man yang sekaligus menginspirasi pemberian nama di seri-seri gamenya.

Karakter tersebut begitu banyak dikenal orang di Amerika sana sehingga Parsec Productions selaku developer tertarik untuk membuat serial game tentang karakter ini. Hingga pada tahun 2012 lahirlah sebuah judul Slender: The Eight Pages yang mengawali perjalanan si Slender Man di industri game ini. Game bergenre survival horror yang dikemas dalam pertempuran first-person shooter ini tersedia pada saat itu untuk platform Microsoft Windows dan OS X.

Satu tahun berlanjut yaitu bertepatan pada tanggal 26 Maret 2013 judu kedua dari serial game Slender hadir yang diberi nama Slender: The Arrival. Hasil kerja sama Parsec Productions dengan Blue Isle Studios yang dirilis untuk berbagai platform mulai dari PC, PS3, PS4, Nintendo Wii U, Nintendo Switch, Xbox 360, dan Xbox One. Sangat lengkap untuk sebuah judul game yang akan membawa anda ke dalam dunia menakutkan penuh terror.


Like it? Share with your friends!

552
552 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *