Moonlighter Turut Diboyong Publisher ke Perangkat Smartphone


553
553 points

Berkembangnya teknologi perangkat smartphone menarik perhatian para pelaku di industri game untuk merilis karya mereka ke platform tersebut. Kita ketahui sendiri bahwa smartphone saat ini menjadi suatu teknologi yang tidak bisa lepas dari umat manusia. Berjuta kegunaannya selain sebagai sarana komunikasi menjadikannya pilihan utama. Ukuran kecil dan tingkat kepraktisannya membuatnya tidak bisa jauh dari berbagai aktivitas manusia yang menuntut mobilitas tinggi.

Tak terkecuali untuk game yang akan kita bahas kali ini, berasal dari platform lain pada awal perilisannya dan kini diboyong oleh publishernya ke platform mobile. Game ini berjudul Moonlighter garapan studio indie Digital Sun dan dirilis oleh 11 Bit Studios untuk berbagai platform diantaranya PC, PlayStation 4, Xbox One, dan Nintendo Switch.

Dijanjikan tidak ada iklan di dalamnya

Moonlighter adalah sebuah game indie RPG garapan studio asal Spanyol Digital Sun yang terinspirasi dari judul klasik Legend of Zelda. Mendukung mode permainan single player dengan bentuk permainan dan gameplay yang cukup simpel ciri khas game berformat 2D. Lahir dari sebuah game untuk perangkat besar menjadikan game ini memiliki visual pixel memukau walau hanya dimainkan para perangkat smartphone nantinya.

Sepak terjang Digital Sun juga dianggap membantu mereka untuk perilisan karya mereka tersebut ke perangkat seluler. Disetujui oleh pihak rekanan yang diwakili Rufus Kubica dimana dia menyebutkan memindahkan game Moonlighter ke perangkat seluler adalah hal yang cukup mudah dilakukan. Tim Digital Sun mungkin hanya butuh kerja ekstra untuk sektor interface dan kontrolnya. Ketika kedua sektor tersebut berhasil mereka selesaikan efeknya pasti akan luar biasa.

Kubica menambahkan bahwa Moonlight nantinya tidak menambahkan iklan ke dalam game, tidak ada “microtransaction”, tidak ada gangguan lain untuk para pemainnya. Kubica menyebut bahwa ini adalah game premium dari perangkat PC dan konsol sehingga para pemain di perangkat mobile nantinya tidak mendapatkan perlakuan berbeda. Apa yang ada di Moonlighter PC ataupun konsol juga akan ada di smartphone tanpa terkecuali. Seperti benar-benar memindahkan suatu game saja tanpa merubah atau mengotak-ngatik berlebihan seperti itulah tutup Kubica.

Hanya dirilis untuk pengguna iOS

Sebelum beranjak terlalu jauh perlu anda ketahui bahwa perilisan Moonlighter ke perangkat smartphone hanya tersedia untuk pengguna sistem operasi iOS. Belum ada keterangan tambahan resmi dari produsen akankah game mereka ini nantinya juga tersedia di Android, tetapi kemungkinan besar hal ini tetap terjadi. Perusahaan pasti melirik sistem operasi Android karena besarnya basis penggunanya di seluruh dunia. Bagi anda pengguna iOS sudah bisa mengunduh game ini dengan harga sebesar $ 11,99 yang harus ditebus di App Store.

Datangnya Moonlighter ke perangkat iOS bukan sebuah keputusan semalam yang dibuat oleh produsen melainkan melalui berbagai pertimbangan dan data yang mereka punya. Pertimbangan tentunya menjadi rahasia perusahaan namun dari data kita bisa melihat bahwa game ini cukup sukses di perangkat terdahulunya yaitu PC dan konsol. Hal ini yang mungkin melandasi developer untuk meneruskan kesuksesan mereka ke platform lain.

Jangan heran apabila anda mengunjungi OpenCritic karena akan anda dapati game ini memiliki rating sebesar 82 dari nilai sempurna yaitu 100. Belum lagi datang penawaran dalam event bertajk Humble Sweet Farm yang mana anda dapat memperoleh potongan ketika membelinya lewat paket bundel Humble Sweet Farm Fall. Tidak ada alasan untuk menunda-nunda lagi agar bisa memiliki game ini, segera unduh di perangkat iOS anda dan mulailah petualangan di dunia Moonlighter.


Like it? Share with your friends!

553
553 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *