Moonlight Rhapsody, Proyek Baru pengganti Grimoire of Souls


552
552 points

Anda mungkin mengenal serial game Castlevania, tetapi mungkin anda belum mengenal Moonlight Rhapsody. Karena, Castlevania adalah induk dari game Moonlight Rhapsody yang sudah ada sejak tahun 1986, atau dengan kata lain Moonlight Rhapsody adalah edisi lanjutan dari serial legendaris Castlevania.

            Castlevania sendiri adalah judul game yang memulai debutnya sebagai sebuah game 2D, yang memang era saat itu game masih banyak berformat 2D. Hingga pada perjalanan berikutnya game ini berubah format menjadi game petualangan 3D. Castlevania adalah salah satu franchise game dari Konami yang paling terkenal saat itu. Serial game inipun menjadi sebuah tolak ukur pada saat itu yang mana menjadi game pertama yang membawa alur permainan bertemakan horror. Walaupun, tahun-tahun tersebut menjadi tahunnya game-game petualangan namun dengan tema dunia fantasi.

Hasil dari pemberhentian proyek sebelumnya

            Tahun 2020 ini nampaknya akan menjadi tahun nostalgia bagi kita khususnya para pemain Castlevania. Franchise klasik game monster slayer ini akhirnya kembali ke platform mobile. Tetapi, dengan berat hati seri yang direncanakan akan dirilis sebelumnya yaitu Castlevania Grimoire of Souls diputuskan untuk dihentikan proyek pengembangannya. Hingga akhirnya judul game mobile baru dari Franchise ini yaitu Moonlight Rhapsody mulai dikerjakan. Ditunjukklah Shengqu Games sebagai studio pengembang judul baru ini dengan masih di bawah pengawasan dari Konami.

            Kabar perilisan dari judul baru ini pertama kali dihembuskan oleh analis senior dari Niko Partners Daniel Ahmad lewat akun twitternya dengan tak lupa disertakan video teaser berdurasi 53 detik dari Moonlight Rhapsody ini. Ahmad juga menyebutkan bahwa sejatinya game ini adalah inovasi dari game konsol aslinya untuk dibawa ke platform mobile. Berdasarkan video tersebut dapat kita ketahui bahwa judul baru ini akan menjadi sebuah game aksi side-scrolling. Gambaran umum game ini menunjukan alur cerita dengan sistem tempur yang memungkinkan para pemainnya mengganti-ganti senjata dan menaikkan kekuatan karakter untuk mengalahkan musuh atau menghindari sebuah serangan.

            Musuh di game ini pun bermacam-macam dengan berbagai jenis tipe monster. Mulai dari musuh biasa hingga musuh yang besar dan kuat, yang kesemuanya akan bermuara ke bos utama dari game ini. Seperti pendahulunya, Moonlight Rhapsody akan berformat 2D dengan mode game gulir samping yang akan mengikuti pemain saat mereke memindahkan navigasi tampilan map dalam game.

Tongkat tonggak sejarah diserahkan Konami ke developer asal China

            Seri Castlevania sendiri merupakan sebuah game garapan Konami, hingga seri yang terbaru ini dipasrahkan untuk dikerjakan oleh Shengqu Games, sebuah studio game dari China yang sering mengerjakan dengan genre serupa ataupun genre lain. Sebutlah game MMORPG seperti AION, Ragnarok Online, Dungeons & Dragons Online, dan Final Fantasy XIV yang dikerjakan oleh studio ini, khusus untuk Final Fantasy mereka hanya bertanggung jawab untuk seri ini di daratan China.

            Ulasan di atas sebelumnya, serial Castlevania: Grimoire of Souls yang diputuskan untuk tidak dilanjutkan proyeknya adalah imbas kurangnya respon baik dari kalangan gamer untuk judul ini. Konami yang saat itu menjadi pengembang untuk judul ini tidak mendapatkan hasil penjualan yang maksimal kaena tidak dirilis secara global. Judul ini hanya dirilis terbatas di Kanada tahun lalu, dan sangat disayangkan akan tutup server pada bulan September yang akan datang. Beberapa masalah di atas yang akhirnya menginisiasi Konami untuk segera beralih ke proyek baru serial Castlevania ini dengan judul Moonlight Rhapsody. Sebagai penggemarnya datangnya judul ini akan menjadi obat rasa kangen terhadap seri Castlevania.


Like it? Share with your friends!

552
552 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *