Mari Berkenalan dengan Facebook Gaming dan Layanan Cloud-nya, Bagian 4


563
563 points
Visitors walk past the “Facebook Gaming” stand at the Video games trade fair Gamescom in Cologne, western Germany, on August 21, 2019. (Photo by Ina FASSBENDER / AFP) (Photo credit should read INA FASSBENDER/AFP via Getty Images)

Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, mungkin itulah ungkapan yang begitu cocok dengan Facebook sekarang. Dengan produk cloud gaming yang telah mereka rilis, Facebook melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam rangka memuaskan para pelanggannya. Memperluas koleksi perpustakaan game mereka sambil terus melakukan pembenahan di sana-sana terus mereka genjot, agar nantinya semua berjalan sesuai kehendak.

Sayangnya pada awalnya nanti hanya tersedia untuk regional Amerika

Sebenarnya artikel ini lebih cocok dibaca oleh para pembaca dari negeri Amerika, sebab layanan cloud dari Facebook Gaming ini akan rilis pertama kali di Negeri Paman Sam. Dikonfirmasi oleh Facebook sendiri bahwa produk mereka ini akan bisa dinikmati oleh penggunanya di California, Texas, New Jersey, Delaware, Massachusetts, Pennsylvania, Maryland, Washington, Virginia, Virginia Barat, dan New York. Termasuk pula beberapa wilayah yang masuh negara bagian di timur laut. Kesemua wilayah yan telah kamis sebut di atas adalah region yang dapat mengakses layanan ini di awal perilisannya kelak.

Sudah pasti hal ini menimbulkan banyak pertanyaan di benak para gamer yang daerah tempat tinggalnya tidak masuk dalam regional tersebut. Perkembangan teknologi saat ini, apalagi sesosok Facebook yang ada di baliknya sangat mungkin untuk layanan ini dapat menjangkau seluruh sudut dunia. Facebook mengungkapkan perlu adanya peningkatan infrastruktur yang harus mereka lakukan untuk itu. Beberapa bulan kedepan dengan infrastruktur yang tersedia sekarang, pihak Facebook baru akan menyentuh seluruh penggunanya di daratan Amerika. Kita hanya perlu sabar menunggu hingga regional kita masuk ke daftar antrian berikutnya.

Developer dapat memasang iklan

Layanan cloud ini nantinya memang terintegrasi denga akun Facebook para penggunanya, tetapi untuk kali ini Facebook memperkenalkan fitur yang benar-benar baru. Demi membawa kesan semuanya bertemakan game, Facebook mempersembahkan nama pemain dan avatar yang sangat berbeda dengan yang ada di akun Facebook pada umumnya. Setiap gamer nantinya dapat mengekspresikan diri mereka sekreatif mungkin. Perlu anda ketahui juga bahwa yang ada di game tidak akan berpengaruh di akun Facebook aslinya, konteks game memang khusus untuk game.

Hanya akan ada aktivitas dan nama pemain game lah yang akan ditampilkan di akun utama Facebook. Hal tersebut pun dengan opsi mereka memang mengatur agar ditampilkan di profil akun Facebook utama agar terus terhubung dengan teman atau sesama pemain lainnya. Berikut juga integrasi ini akan memudahkan pemain ketika akan memulai bermain game di perangkat apapun nantinya seluruh, progres yang telah dicapai tidak akan berubah.

Kemudian untuk para developer game yang nantinya menyetujui metode login menggunakan akun Facebook untuk game mereka juga akan memberikan fitur lebih kepada para pemain. Facebook secara mengejutkan akan membawa fitur permainan cross-platform terkhusus untuk game-game yang developernya menyetujui regulasi tersebut.

Facebook juga tidak melupakan para developer yang mau bekerja sama dengan mereka. Facebook memberikan kelonggaran kepada para pengembang untuk menggunakan iklan pada gamenya atau tidak. Melalui iklan ini pengembang dapat memberikan keuntungan kepada para pemainnya misalnya dengan memberi reward item-item tertentu, kenaikan level, ataupun karakter baru. Harapannya pemain dapat memperoleh sesuatu yang berharga di sini tanpa mereka harus merogoh kocek untuk elemen tertentu dalam game. Facebook juga mengklaim bahwa tawaran mereka untuk para developer ini sudah mendapatkan banyak restu dari pihak yang bersangkutan. Facebook dikatakan sudah mengantongi banyak sekali nama-nama developer terkenal yang sudah setuju memasang iklan di game-game mereka.


Like it? Share with your friends!

563
563 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *