Mari Berkenalan dengan Facebook Gaming dan Layanan Cloud-nya, Bagian 3


563
563 points

Artikel sebelumnya kita telah membahas beberapa kelebihan dari layanan cloud gaming milik Facebook ini. Kelebihan-kelebihan sebelumnya ditambah dengan point yang terbaru yaitu memainkan game melalui cloud ini sama saja anda bermain game pada umumnya. Memainkan di PC dengan mouse dan keyboard, memainkan di smartphone bermodalkan jempol, seperti itulah cara bermain di cloud Facebook Gaming, sama sekali tidak ada perbedaan.

Pasca beberapa kelebihan dan keunggulan yang telah kami ungkapkan, namun semuanya tidak semulus itu dan nyatanya pihak Facebook masih dibuat pusing akan satu hal. Yakni mereka belum bisa menembus kebijakan dan aturan ketat dari Apple. Harapan mereka untuk menembus pasar iOS yang cukup besar harus diredam dahulu hingga nanti Facebook menemukan alternatif lain atau ketika Apple merubah kebijakan.

Perluasan perpustakaan game wajib dilakukan

Hal-hal menarik dan fakta unik terkait produk terbaru dari Facebook ini telah banyak kita bahas sebelumnya. Saatnya pembahasan kali ini menyasar berita dan kabar terbaru dari cloud Facebook Gaming. Pasca memastikan bahwa layanan mereka akan tersedia di perangkat Android, Facebook dikabarkan mulai menyusun beberapa judul yang mereka ikut sertakan di proyek ini.

Saat ini game yang mendukung cloud-stream dari Facebook Gaming memang baru tersedia dalam versi beta. Tetapi beberapa judul keren dan ikonik dari format OS Android berhasil dihadirkan pada minggu-minggu awal ini. Judul-judul tersebut diantaranya Mobile Legends: Adventure, PGA Tour Golf Shootout, Asphalt 9: Legends, dan Solitaire: Arthur’s Tale. Terhitung sedikit memang mengingat Facebook adalah perusahaan besar yang mungkin sebenarnya mampu menggaet judul lain.

Rencana Facebook pada beberapa minggu mendatang memang berfokus pada perluasan perpustakaan game mereka. Baik dari judul apapun, jenis dan genre apapun, Facebook akan mencoba menghadirkan sebanyak-banyaknya dengan tak lupa menerapkan standart yang mereka punya. Benar saja, pada minggu depan Red Bull sudah menyepakati bahwa judul Dirt Bike Unchained mereka siap meluncur di layanan ini.

Akan banyak melalui proses panjang

Mengenai versi beta yang saat ini mereka uji cobakan dan cloud gaming yang terus mereka tingkatkan kinerjanya, sudah sepatutnya memang bagi Facebook terus memperkaya koleksi game mereka. Sebenarnya sudah ada target dari Facebook yang sudah dicanangkan bahwa pada tahun 2021 nanti proyek ini akan resmi dimulai. Pengembangan dan penambahan koleksi game akan dimulai dari game bergenre aksi dan petualangan dahulu.

Pemilihan ini dipercaya oleh Facebook sudah tepat, dilihat dari goal yang akan mereka capai dengan obyek yang luar biasa sekelas game bergenre “action adventure”. Selain itu pihaknya juga setuju bahwa biarlah judul-judul dari genre lain saja yang mengisi versi beta ini. Mereka perpendapat bahwa cocok memulai dari game yang tahan dengan latensi. Sehingga tujuan yang dicapai pun sangat cocok, yaitu mereka menginginkan data apakah game tersebut mampu dimainkan pada berbagai perangkat.

Mereka percaya memulai versi beta ini dengan genre-genre seperti olahraga, simulasi, permainan kartu, dan strategi adalah pilihan yang tepat. Facebook juga memberikan kesempatan bagi para penggunanya dengan ikut menyertakan formulir masukan agar pengembangan ini semua pihak dapat ikut terlibat dan timbul rasa memiliki bersama.

Nantinya, pasca proses panjang ini selesai beserta dengan poyek pada tahun 2021 yang telah kami sebut diatas, Facebook berencana untuk mulai merilis judul-judul gamenya. Tetapi ada hal yang mungkin sebagian dari kita kurang setuju karena game tersebut nantinya akan menyertakan pembelian dalam aplikasi. Iklan pada game juga akan diaktifkan, meskipun ini semua tergantung dari preferensi pihak developer game juga tentunya.


Like it? Share with your friends!

563
563 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *