Mari Berkenalan dengan Facebook Gaming dan Layanan Cloud-nya, Bagian 2


563
563 points

Hal yang mendasari Facebook Gaming akhirnya merilis layanan cloud sebagai pendukungnya sudah kita bahas pada artikel sebelumnya. Facebook memang melihat masa depan yang cerah dari bermain game berbasis layanan cloud. Melihat perkembangan teknologi saat ini tidak menutup kemungkinan layanan cloud untuk mengakomodir bermain game akan naik sebentar lagi.

Berkaca pada pernyataan Facebook yang mengatakan bahwa mereka memang tidak mencoba menghapus platform-platform bermain game yang sudah ada. Facebook gaming dengan cloudnya hadir untuk meningkatkan kualitas bermain game itu sendiri. Niatan mereka justru diharapkan layanan ini dapat terintegrasi dengan platform-platform tersebut.

Layaknya bermain game pada umumnya

Setelah datang keterangan dari Facebook bahwa layanan mereka ini dijanjikan akan membawa pengalaman yang berbeda saat bermain game maupun live streaming, berikut ini akan kami bahas hal-hal lain yang menarik dari produk baru Facebook ini. Setelah Facebook juga telah menyadari fakta bahwa format game yang dibutuhkan masyarakat adalah game yang tidak ribet dimainkan dan gratis, mulai dari sini akan banyak hal-hal menarik lainnya.

Selanjutnya Facebook juga memberikan pernyataan bahwa ketika anda menggunakan layanan cloud milik mereka untuk bermain game, semua tidak berubah seperti halnya bermain game pada umumnya. Bahkan mereka juga memberitahukan bahwa bermain game di layanan mereka dapat dilakukan hanya dengan tab browser biasa, plus tidak diperlukan hardware maupun kontroler khusus.

Bermain game pada PC umumnya menggunakan mouse dan keyborad, seperti itulah ungkapan Facebook bagi siapapun yang ingin bermain game menggunakan layanannya. Bermain game mobile pada umumnya, begitu juga keterangan dari Facebook apabila nanti layanannya mendukung platform mobile.

Facebook masih berjuang untuk Apple

Hal yang selanjutnya kami ungkap untuk layanan Facebook Gaming ini mungkin menjadi kabar yang kurang mengenakkan bagi sebagian orang. Pihak dari Facebook sendiri telah mengkonfirmasi bahwa layanannya ini belum mendukung pada perangkat mobile bersistem operasi iOS. Kabar yang kurang sedap memang bagi sebagian gamer yang bermain menggunakan mobile khususnya pengguna smartphone keluaran Apple tersebut.

Bisa dipastikan saat ini hanya para gamer dari perangkat Android dan PC lewat browsernya yang bisa menggunakan layanan cloud Facebook Gaming. Itupun dengan syarat perangkat para gamer ini terintegrasi dengan akun Facebook mereka masing-masing. Namun, Facebook tidak menutup kemungkinan akan mencari langkah alternatif agar nantinya layanan mereka ini bisa mendukung di sistem iOS.

Sebenarnya ada sedikit rasa kekhawatiran dari pihak Facebook berkaitan dengan kebijakan cloud gaming dari Apple yang mungkin bisa menghambat langkah mereka untuk merambah iOS. Kita tahu sendiri Apple dengan berbagai layanan dan fiturnya terkenal dengan sistem keamanan dan aturannya yang ketat, sehingga tidak semudah itu memasukkan layanan dari pihak lain di sistem yang sudah mereka bangun. Facebook juga mulai berpikir apakah meluncurkan produk mereka kelak di App Store adalah langkah yang tepat, kita tunggu saja.

Tetapi, bukan Facebook namanya apabila mereka tidak bisa mencari jalan keluar yang ampuh. Facebook berkilah dengan mengeluarkan kemungkinan metode agar dapat menggunakan layanannya bagi para pengguna iOS. Pihaknya akan berjuang untuk meningkatkan layanan ini via aplikasi browser, karena mereka berpendapat seketat apapun sistem , fitur web browser pasti akan tetap terbuka. Sehingga memungkinkan nantinya para pengguna iOS dapat bermain di cloud Facebook Gaming lewat browser Safari. Tidak menyerahnya Facebook juga ditengarai akibat adanya rivalitas juga antar mereka dengan Apple selaku raksasa-raksasa di bidang teknologi. Terakhir, Facebook menutup dengan pernyataan bahwa mereka akan terus berjuang untuk mewujudkan cloud mereka ini dapat dimainkan oleh semua orang apapun perangkat yang mereka gunakan.


Like it? Share with your friends!

563
563 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *