Mari Berkenalan dengan Facebook Gaming dan Layanan Cloud-nya, Bagian 1


563
563 points

Apabila menyebut platform digital penyedia jasa gaming yang mungkin familar bagi anda diantaranya Steam, Epic Games Store, Xbox Store, PlayStation Strore, Stadia dan masih banyak yang lainnya. Kesemuanya tersebut begitu dikenal karena dimiliki oleh raksasa-raksasa teknologi dunia. Misalnya Steam milik Valve, Xbox Store pastinya dimiliki oleh Microsoft, PlayStation milik Sony, Stadia sudah tentu milik Google. Maka tak heran perkembangan masing-masing platform begitu cepat.

Raksasa-raksasa teknologi di dunia beberapa sudah disebutkan di atas, tetapi tanpa kita sadari mungkin kita melupakan satu nama yang juga tergolong raksasa di bidangnya. Betul sekali, dialah Facebook milik Mark Zuckerberg yang pada minggu lalu juga melebarkan sayapnya ke bidang gaming dan cloud gaming. Persaingan beberapa penguasa teknologi nampaknya masih akan berlanjut ke layanan digital gaming ini.

Memberikan akses yang belum pernah dirasakan sebelumnya

Tepatnya pada tanggal 26 Oktober lalu pihak Facebook mengumumkan layanan digital gaming mereka bernama Facebook Gaming. Turut serta pula mereka juga memperkenalkan cloud gaming yang langsung terkoneksi ke Facebook Gaming tersebut. Nantinya para pengguna dapat memainkan langsung seluruh game yang tersedia di cloud lewat aplikasi Facebook ataupun lewat browser. Hebatnya layanan ini juga langsung menyediakan fitur live streaming pada game-gamenya tersebut. Tidak cukup sampai disitu, pihak Facebook juga menambahkan bahwa memainkan game yang tersedia di layanan cloud mereka tidak perlu proses pengunduhan terlebih dahulu.

Pihak Facebook juga mengklaim bahwa layanan mereka ini telah digunakan oleh puluhan ribu penggunanya di seluruh dunia. Diantara para pengguna tersebut 20 ribu aktif melakukan streaming tiap minggunya di layanan cloud mereka. Berangkat dari pencapaian tersebut Facebook berjanji akan terus meningkatkan layanan mereka, khususnya untuk cloud game streaming tersebut. Mereka juga menjamin cloud streaming milik Facebook ini akan memberikan akses ke game yang selama ini belum pernah dirasakan para streamer di luar sana.

Masa depan cloud untuk bermain game masih panjang

Langkah revolusioner Facebook ini diambil karena mereka percaya akan masa depan cloud gaming yang menjanjikan. Facebook dikatakan mengambil langkah kecil ini sembari menunggu kebutuhan masyarakat akan cloud gaming ini meningkat. Pihaknya juga mengatakan masih banyak orang di luar sana yang butuh ilmu, pengetahuan, informasi dan manfaat akan adanya layanan ini, di tengah terjangan ombak perkembangan teknologi. Oleh karena itu Facebook mau menapaki langkah awal ini tentunya dengan kematangan mereka dan persiapan mereka dengan keajaiban pusat data, dan algoritma yang mereka punya.

Lewat layanan ini seperti yang telah kita ketahui untuk memainkan sebuah game yang tersedia di cloud, kita tidak perlu mengunduhnya melainkan langsung memainkannya lewat browser atau aplikasi Facebook. Facebook memang menyengaja hal ini karena mereka berkeyakinan mustahil memisahkan manusia dengan game kecintaan mereka di perangkat bermain mereka juga.

Facebook hanya percaya bahwa dengan berjalannya waktu beberapa golongan mungkin akan sangat terbantu dengan adanya layanan cloud gaming. Cloud gaming dikatakan hanya sebatas sebagai peningkatan dari imbas perkembangan teknologi tersebut bukan sebagai pengganti platform seperti konsol dan PC. Mereka berkata justru nantinya diharapkan layanan cloud ini akan bersimbiosis dengan platform bermain game termasuk smartphone yang saat ini begitu digandrungi.

Fakta smartphone begitu digandrungi tak lepas dari game-game yang ada di dalamnya memang kebanyakan gratis untuk dimainkan. Masyarakat tak perlu mergogoh kocek mereka hanya untuk mencari hiburan. Inilah yang dilihat awal oleh pihak Facebook yang sekaligus menjadi alasan kenapa mereka merilis game-game yang ada di cloud mereka tanpa unduh. Dari hal tersebut Facebook memang berniat untuk menghadirkan format game yang sebenarnya dibutuhkan masyarakat yaitu gratis untuk memainkannya.


Like it? Share with your friends!

563
563 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *