Lockdown, Tencent Games Raih Keuntungan Miliaran Dollar


548
548 points

Wabah pandemi virus corona yang saat ini tengah melanda dunia, tidak hanya telah menimbulkan dampak buruk untuk masyarakat. Sebab, ada pula pihak yang telah mendapatkan keuntungan dari situasi yang tengah terjadi saat ini, salah satunya Tencent Games.

Perusahaan game asal Tiongkok tersebut telah mendapatkan keuntungan sampai miliaran dollar semenjak diberlakukannya lockdown di berbagai negara belahan dunia. Pemasukan Tencent Games telah mengalami peningkatan yang luar biasa berkat diberlakukannya lockdown.

Penerapan Lockdown, Membuat Masyarakat Banyak Bermain Game

Sedari awal tahun ini, sejumlah negara memang telah memberlakukan kebijakan karantina wilayah hingga lockdown. Di Indonesia sendiri, tidak diberlakukan lockdown tetapi pemerintah telah menggantikannya dengan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Langkah yang telah diambil ini hampir menyerupai kebijakan lockdown, yakni menyarankan masyarakat agar tidak keluar rumah. Maka dari itu, tagar #DiRumahAja sering kali dibicarakan di media sosial dan masih terus berlangsung sampai saat ini..

Di Indonesia, pemerintah sdah hampir 2 bulan ini memberlakukan kebijakan PSBB. Hal senada juga telah dilakukan oleh berbagai negara di belahan dunia yang lain. Untuk bisa mengatasi kebosanan masyarakat selama menjalani berbagai aktivitas #DiRumahAja, maka banyak yang memilih untuk bermain game.

Game buatan Tencent Games yang paling banyak dimainkan pada saat masa lockdown ini adalah PUBG Mobile. PUBG Mobile memang menjadi salah satu game paling favorite yang dimainkan saat ini.

Di masa pandemi virus corona ini, Tencent Games telah mengalami peningkatan pendapatan mencapi 31 %. Jumlah laba bersih yang berhasil mereka dapatkan pun mengalami peningkatan mencapai 6 %. Apabila ditotal, maka pendapatan dari Tencent Games telah mencapai angka USD $15,2. Apabila dikonversikan dalam rupiah, pendapatan yang didapatkan oleh Tencent Games mencapai Rp221,6 triliun. Waw, fantastis!

Atas prestasi yang sudah diraih oleh Tencent Games ini, Ekonomi Digital Tiongkok seolah kebal atas dampak negatif yang muncul karena pandemi virus corona. Tiga game utama yang telah menjadi penyumbang pundi – pundi keuangan Tencent Games ialah Honor of Kings, Peacekeeper Elite serta PUBG Mobile.

Penghasilan yang telah diperoleh Tencent Games selama masa lockdown ini telah melampaui rekor pendapatan mereka di bulan Maret 2019  silam. Melihat pencapaian yang begitu fantastis ini, saat ini PUBG Mobile telah disebut – sebut sebagai game paling signifikan yang ada di dunia.

Namun tidak hanya dalam bidang game saja, unit bisnis milik Tencent yang lainnya pun tercatat telah mengalami peningkatan. WeChat yang merupakan aplikasi perpesanan yang dimiliki oleh Tencent juga telah mengalami peningkatan jumlah pengguna yang cukup besar. Dalam kuartal pertama tahun ini, tercatat ada empat ratus juta pengguna yang aktif.

Dari Tiongkok sendiri, lockdown sudah diterapkan dari awal tahun. Saat ini, masyarakat di negeri Tirai Bambu tersebut sudah mulai beraktivitas seperti biasanya. Pendapatan dari Tencent perlahan – lahan mulai berjalan normal kembali.

Berkat keuntungan yang terus mengalami peningkatan tersebut, pihak Tencent pun tidak tinggal diam saja. Perusahaan itu ikut memberikan bantuan kepada pemerintah Tiongkok dalam menangani pandemi. Pada beberapa waktu yang lalu, Tencent juga telah memberikan sumbangan mencapai Rp78,4 triliun untuk perusahaan – perusahaan yang ada di Tiongkok.

Namun sayang ya, Tencent ini bukan perusahaan yang ada di Indonesia. Sehingga tidak ada pengaruh yang dirasakan bagi perekonomian Indonesia. Maka dari itu, jangan hanya bermain game buatan luar negeri saja, kalian pun bisa memainkan game yang telah dikembangkan oleh pengembang Tanah Air.


Like it? Share with your friends!

548
548 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *