Kolaborasi Beda Platform World of Warship dengan Azur Lane


551
551 points

Kolaborasi anatara para developer umum terjadi dalam industri game. Developer satu dengan judul game andalannya akan berusaha semaksimal mungkin membujuk developer rekanan untuk membuat suatu mahakarya yang istimewa. Kolaborasi yang dilandasi kecocokan satu sama lain antar judul game dengan developer yang berbeda juga sering terjadi. Atau jawaban developer atas adanya permintaan dari player game masing-masing yang mana apabila game ini digabungkan akan menjadi pemuas hati para pemain.

            Kolaborasi yang paling mencuri perhatian adalah kolaborasi game yang jelas-jelas beda platform yang akhirnya dapat bersatu menjadi sebuah game utuh. Kolaborasi dapat berupa yang  benar-benar merombak seluruh alur permainan karena adanya dua buah game yang bersatu, atau hanya kolaborasi komestikasi tokoh pada game satu yang disematkan pada game satunya. Kolaborasi dengan bentuk komestikasi tokoh yang mungkin banyak kita ketahui adalah antara game King of Fighters dari SNK dengan Mobile Legends dari Moonton. Mobile Legends dengan genre MOBA nya hanya menghadirkan representasi dari karakter KOF untuk dijadikan skin pada heronya.

World of Warship dari PC dengan Azur Lane dari mobile

            World of Warship yang merupakan garapan dari Wargaming sebenarnya juga memiliki versi mobile bernama World of Warships Blitz di tahun 2018. Game ini sejatinya adalah game PC pada awal perilisannya untuk Microsoft Windows dan macOS pada tahun 2017, dan berkembang untuk platform Playstation 4 dan Xbox pada tahun 2019 dengan nama World of Warship: Legends

            Azur Lane sendiri adalah garapan developer dari China, Shanghai Manjuu dan Xiamen Yongshi yang rilis di iOS dan Android pada tahun 2017. Mengambil set pada Perang Dunia ke 2, dengan alur permainan menembak menggunakan karakter animasi wanita sebagai tokoh utama. Azur Lane juga banyak diadaptasi menjadi manga, dan pada tahun 2019 game ini juga masuk ke platform konsol. Diadaptasi menjadi bentuk 3D untuk konsol Playstation 4 oleh publisher Compile Heart.

Kolaborasi yang ditunggu-tunggu

            Dimulai pada April 2018, melalui Wargaming di Jepang mengumumkan kolaborasi dengan Yostar dengan serial game masing-masing. Para pemain World of Warship dapat melakukan pembelian untuk mempercantik dan mengkosmetikasi skin kapal perang mereka dengan ornamen-ormamen yang menjadi ciri khas game Azur Lane. Sedangkan pada game Azur Lane para pemainnya dapat mengkoleksi kapal-kapal perang yang menjadi elemen pada World of Warship.

Ditambah lagi padapenghujung tahun 2018, yaitu tepatnya bulan Desember bersama dengan Compiler Heart melakukan kolaborasi untuk menghadirkan karakter protagonis dari game Hyperdimension Neptunia di game Azur Lane. Para pemain Azur Lane bisa mendapatkan karakter baik pada game Neptunia dengan elemen-elemen khas angkatan laut.

            Faktanya sebelum kolaborasi ini terbentuk developer dari Azur Lane telah terinspirasi oleh game World of Warship. World of Warship saat itu begitu banyak dimainkan oleh gamer di China, dan begitu populer di sana. Inspirasi ini dikarenakan pengembang Azur Lane tidak menemukan ide untuk pengembangan game mereka pada elemen tembaknya, dan unsur itu yang terdapat pada World of Warships. Awalnya Azur Lame memiliki alur permainan hanya dalam bentuk permainan pertempuran biasa antar lima karakter dalam satu baris ataupun dua baris. Sedangkan, World of Warship lebih memiliki alur permainan yang dinamis dan atraktif, yang kemudian menginspirasi Azur Lane. Azur Lane sedikit banyak terinspirasi dari mode pertempuran dari World of Warship karena memang kesamaan tema antar keduanya yaitu Perang Dunia ke 2.             Bulan April 2019, mereka mengumunkan bahwa kolaborasi ini akan diperpanjang dengan hadirnya Season ke 2. Banyak perombakan, dan penambahan karakter baru pada kedua judul game masing-masing.


Like it? Share with your friends!

551
551 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *