Kita Kenalkan Anak Kita dengan Game yang Layak bagi Mereka Bagian 3


560
560 points

Masa sekolah seperti kondisi sekarang ini yang diliburkan akibat adanya pandemi Covid-19 peran orang tua sangat dibutuhkan bagi anak. Orang tua menjadi sosok pengganti guru di rumah memegang peranan penting untuk mendidik anak di tengah kekosongan kegiatan belajar di sekolah. Selain sibuk dengan pekerjaan dan urusannya, dengan adanya anak di rumah dan dengan orang tua yang mungkin mendapat jatah “WFH” dari tempatnya bekerja tidak ada alasan untuk anak tidak menjadi prioritas. Untuk anak seusia dewasa yang masih tinggal dengan orang tua tidak menjadi masalah, tetapi untuk usia berkembang seperti anak kecil dan remaja perlu sosok orang tua di sisi mereka.

            Anak kecil yang kadang sulit untuk dikontrol harus mendapatkan perhatian lebih, dan anak usia remaja harus mendapat pendidikan di usia tumbuh kembangnya menjadi sosok dewasa kelak. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diiginkan pada masa pandemi ini, waktu-waktu yang berpotensi kosong dan menjenuhkan harus diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Kreatifitas dari orang tua dituntut di sini, seperti mengajak anak berkebun, berberes rumah, atau kegiatan ringan seperti bermain game.

Balap mobil dengan karakter Sonic dan pertarungan lucu bersama anggota keluarga

            Kembali lagi bagi anak-anak yang masih kecil dengan mainan mobil-mobilan yang menjadi favoritnya bisa kita ajak untuk bermain game ini. Team Sonic Racing dapat menjadi pilihan utama selain Mario Kart yang sudah disebutkan pada artikel sebelumnya.

            Sonic sebagai maskot utama game ini hadir dengan genre berbeda yaitu balap mobil. Melalui Sega game balap mobil ala Sonic berhasil diciptakan dengan alur cerita mereka sendiri yang pasti sangat menarik. Sega membuat game ini berbeda dengan fokus balapan pada kerja sama tim yang terdiri dari tiga orang. Bisa ditarik kesimpulan game ini cocok untuk menumbuhkan rasa gotong royong pada diri anak. Anak sendiri pasti akan sangat menikmati game ini apabila berhasil membangun kerja sama yang solid dengan orang tuanya dan kemudian memenangkan pertandingan.

            Judul selanjutnya masih tentang game dari Nintendo, game yang berisi karakter-karakter dari berbagai judul game Nintendo. Super Smash Bros begitu nama yang diberikan kepada game ini. Berisikan karakter-karakter lucu yang disukai anak-anak seperti Sonic, Mario, Mega Man, Kirby dan masih banyak lagi. Super Smash Bros cocok dimainkan beramai-ramai dengan anggota keluarga dan bertempur melawan para musuh di Kerajaan Jamur dan Kastil Hyrule. Canda tawa dan keseruan hanya akan menjadi pengisi ketika kita memainkan game ini bersama anak, istri atau suami tercinta.

Minecraft dengan pengaturan khusus dapat menumbuhkan kreatifitas anak

            Terakhir adalah judul game yang sebenarnya dianggap kurang cocok dengan anak-anak, namun sekali lagi peran orang tua bisa diandalkan di sini. Bagi orang tua yang belum pernah memainkan game ini sebaiknya judul game ini dikesampingkan dahulu, karena hanya orang tua pemain game ini yang bisa mengatur game ini agar cocok dengan usia kanak-kanak.

            Orang tua dapat mengkustomisasi game ini pada mode multi-player, mengatur sedemikian rupa dan mengubah opsi khusus agar anak anda hanya menemukan sesuatu pada game ini yang sesuai dengan umur mereka. Melalui game ini bersama dengan sang anak, anda dapat membangun bangunan-bangunan keren, ornamen-ornamen menarik dan lain sebagainya. Sehingga diharapkan kreatifitas anak juga dapat muncul setelah memainkan ini. Atau anda ingin menumbuhkan rasa kerja sama dari diri anak, anda dapat memilih opsi bermain membentuk tim. Bermain bersama dengan orang tua tentunya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi sang anak.


Like it? Share with your friends!

560
560 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *