Kita Kenalkan Anak Kita dengan Game yang Layak bagi Mereka Bagian 1


560
560 points

Masa pandemi berkepanjangan ini memang menyedihkan bagi semua kalangan. Banyak sektor mengalami kelumpuhan, ekonomi anjlok, sebagian besar pekerja dirumahkan, sekolah diliburkan, pariwisata ditutup, dan lain sebagainya. Hanya beberapa unsur yang bisa bertahan di tengah gempuran pandemi ini, termasuk sektor-sektor penting penopang ekonomi seperti industri vital, pangan, sandang dan beberapa yang lain. Bertahannya sektor-sektor ini mungkin tidak sedikit yang dikorbankan, termasuk memPHK karyawannya demi memangkas biaya produksi.

            Bagi mereka yang merasakan dampak PHK dengan kondisi mereka yang sudah berkeluarga tentunya menjadi sebuah ujian yang berat. Lain pihak terdapat perusahaan yang tetap mempertahankan karyawannya dengan memperkerjakannya dari rumah. Apabila kita sedikit mengambil hikmahnya sebenarnya kondisi ini juga memberikan suatu manfaat dengan adanya waktu berlebih kita untuk keluarga. Terlebih lagi anak-anak yang juga libur dari sekolahnya, waktu berkualitas dengan mereka menjadi sebuah kesempatan yang langka. Oleh karena itu artikel ini akan membahas game-game yang bisa kita gunakan untuk mengisi waktu luang bersama sang buah hati di tengah masa pandemi ini.

Superhero favorit anak-anak dan kapten lucu yang pantang menyerah

            Judul pertama adalah Lego Marvel Super Heroes 2. Dunia anak kecil yang dipenuhi kayalan, menjadikan sosok super heroes sebagai tokoh favorit mereka adalah hal yang wajar. Sosok yang kuat, hebat, berpenampilan penuh warna dan terlihat keren adalah apa yang anak-anak kecil idam-idamkan. Hal ini nampaknya yang dilihat Lego Universe untuk membawa para karakter Marvel Cinematic Universe ke dalam dunia lego.

            Lego Marvel Super Heroes 2 cocok kita mainkan bersama anak dengan tetap kita dampingi. Kita dapat ikut memilihkan anak kita superhero favoritnya antara lain ada Black Panther, Captain America, Spider-Man, dan banyak pahlawan lain. Selanjutnya kita dapat menyelingi permainan dengan cerita-cerita menarik, semisal kita menceritakan superhero adalah sosok yang kuat karena rajin berlatih, suka berolahraga dan makan makanan yang sehat.

Judul kedua adalah Captain Toad: Treasure Tracker yang merupakan game puzzle di konsol Nintendo Switch dan Nintendo 3DS. Pemain diminta bekerja sama untuk memecahkan teka-teki yang diberikan dengan tujuan demi memperoleh bintang emas pada tiap level. Sang kapten melakukan perjalanan melewati berbagai bentuk rintangan dengan musuh-musuh dari seri Super Mario.

            Game ini bisa kita para orang tua gunakan untuk pembelajaran bagi anak agar menjadi pribadi yang cekatan namun tetap berhati-hati dalam mengambil keputusan. Melatih anak untuk mencoba berpikir solusi apa yang tepat untuk memecahkan tiap teka-teki. Menumbuhkan rasa sabar dan pantang menyerah bila nanti ternyata salah dalam melangkah dalam tiap levelnya.

Belajar memasak dengan menyenangkan bagi anak-anak

            Selanjutnya ada Overcooked 1 dan 2, game unik yang rilis baru beberapa tahun ke belakang. Game ini cocok kita mainkan santai dengan anak kita. Pemain akan menjadi seorang chef yang minim pengalaman dan terus berlatih memasak berbagai hidangan, baik sendiri ataupun dengan tim yang dibatasi dengan waktu. Mungkin akan terlihat bagi anda apabila seorang ibu untuk sekedar memotong selada dan tomat sebagai bahan salad, tetapi akan ada tantangannya ketika anda diharuskan menyiapkan banyak menu dengan waktu yang sudah ditentukan.

            Game ini pasti akan disukai anak-anak karena unsur dari game sangat berwarna, seperti truk makanan di pasar, bahan makanan, dan unsur lainnya dari game. Mengajari anak kita sedari dini setidaknya untuk mengenal bahan-bahan pangan, mengajarinya tentang makanan sehat, dan sedikit memberikan latihan kecil kepada anak untuk mengerti tentang  manajemen waktu.


Like it? Share with your friends!

560
560 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *