Keluarga RTX 30 Menjadi Seri Terbaru Kartu Grafis NVIDIA yang Akan Diluncurkan September Nanti, Bagian 1


597
597 points

Berkali-kali kita ungkapkan bahwa platform PC memiliki perkembangan paling cepat diantara platform bermain video game yang lain. Tetapi jika perangkat smartphone kita ikut sertakan mungkin akan memberikan hasil yang berbeda. Mengingat perkembangan perangkat yang satu ini hampir tak terbendung kaitannya dengan kebutuhan pasar saat ini. Permintaan masyarakat akan sebuah smratphone sudah seperti kebutuhan primer dengan daya belinya yang tinggi. Tak heran para produsem smarthpone terus berlomba-lomba untuk menelurkan generasi barunya.

Berbeda dengan smartphone dimana mungkin perkembangannya hampir menyeluruh di setiap lininya, sistem PC lebih menjurus ke perkembangan kartu grafisnya. Bukan berarti perkembangan item-item lain stagnan, tetapi kartu grafis inilah yang berkembang paling cepat dan mungkin menjadi yang paling dinanti para penggunanya.

Seri RTX 3080 akan ada dua varian

Apabila kita berbicara tentang sebuah game yang juga terus berkembang, tidak afdol jika kita tidak ikut membahas kartu grafisnya. Kartu grafis seakan diciptakan untuk mengikuti pertumbuhan game-game berat yang membutuhkan penanganan khusus di sektor visualnya. Disinilah peran paling penting dari sebuah item penyusun sistem PC yaitu kartu grafis atau biasa kita sebut VGA card.

Khusus kali ini kami akan membahas kartu grafis keluaran produsen NVIDIA yang terbaru. Telah kita ketahui bahwa saat ini NVIDIA sudah berada di era kartu grafis seri RTX, setelah bertahun-tahun kita menggunakan seri NVIDIA GTX. Kabar paling anyar NVIDIA akan meluncurkan seri RTX 3090, RTX 3080, dan RTX 3070. Masing-masing secara berurutan memiliki kapasitas 24, 10, dan 8 GB. Jika tidak terjadi halangan, maka seri-seri tersebut akan diluncurkan ke pasaran sesuai jadwal yaitu di bulan September nanti. Bahkan tersebar kabar NVIDA menyebar proyeknya ini dan disebar ke beberapa produsen khusus untuk memproduksi dua varian dari seri RTX 3080. Dua varian tersebut dikabarkan akan memiliki ruang memori sebesar 20 GB, dan akan diluncurkan tepat setelah peluncuran seri induknya.

Teknologi canggih untuk keluarga RTX 30 ini

Semua menanti ini dan pasti ingin segera membelinya, entah untuk ketiga seri induknya ataupun seri sampingan dari RTX 3080. Tenang saja apabila semuanya berjalan lancar, pengumuman yang akan mengungkap segalanya akan dilakukan NVIDIA di tanggal 1 September nanti. Tiga hari lagi bukanlah waktu penantian yang lama untuk sebuah masterpiece teknologi ini.

Kabar ini menyertakan bocoran yang menyebutkan bahwa seri RTX 30 ini akan banyak mengalami perubahan dari seri RTX 20. RTX 30 disebutkan akan mempersembahkan generasi kedua dari Ray Tracing khas RTX dan Core Tensor generasi ketiga. Selain itu akan ada fitur yang mendukung HDMI 2.1 dengan DisplayPort nya 1.4a dan PCI Express 4.0. Tak lupa diikutsertakan konektor baru berjuluk NVLINK.

Hal tersebut baru menyasar di piranti-piranti pendukungnya untuk dipadu padankan dengan sistem PC anda yang hebat. Mari kita beralih ke jeroan keluarga kartu grafis terbaru ini. Pertama kita bahas dahulu dari seri yang paling tinggi dari ketiganya RTX 3090, yang juga menjadi salah satu dari dua seri yang diluncurkan pertama ke pasaran berbarengan dengan RTX 3080.

RTX 3090 akan didukung hingga mencapai 5248 core dengan GPU GA102-300 nya. Memiliki penyimpanan sejumlah 24 GB dengan GDDR6X di 384-bit wide bus nya. Kombinasi yang mungkin sulit bagi yang baru pertama kali mengenal teknologi kartu grafis, tetapi menjadi sususan angka untuk suatu sistem yang hebat sekaligus sangat didambakan para pemain game kelas berat. Intinya secara teori kartu grafis ini akan memberi anda bandwith sebesar 936 GB atau 1 Terabyte.


Like it? Share with your friends!

597
597 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *