Kehebatan Unreal Engine 5 yang Ditargetkan dapat Menembus 60fps Kelak


562
562 points

Epic Games kembali membuat suatu gebrakan di industri video game. Masih hangat di telinga kita pada minggu ketiga bulan Mei kemarin Epic Game mempersembahkan kepada khalayak gamer, developer, maupun publisher teknologi terbarunya yaitu Unreal Engine 5 khsusunya untuk konsol PS5. Nampaknya Epic Games belum puas atas segala kesuksesan yang mereka raih setelah mereka memperkenalkan Unreal Engine 4 ke pasaran. Kakak kandung dari Enreal Engine 5 tersebut diminati banyak penggiat di industri video game untuk disematkan di game mereka. Bahkan banyak game dari produsen memperoleh respon baik dan sukses besar di pasaran akibat adanya teknologi dari Epic Games ini.

Selama ini hanya mampu menembus 40 fps

            Epic Games berhasil melakukan demo terhadap produk teknologi terbarunya tersebut dengan serangkaian percobaan. Unreal Engine 5 yang dicobakan pada PS5 berjalan baik pada 1440p dengan 30 fps dan nampaknya berjalan mulus dilalui tanpa hambatan. Sebenarnya ini bukan kali pertama Epic Games melakukan uji coba terhadap Unreal Engine 5 nya. Berdasarkan keterangan dari Epic Games China, mereka telah berhasil menguji coba teknologi ini dan bekerja dengan baik di 1440p dengan 40 fps pada notebook NVIDIA RTX2080.

            Pihak dari Epic Games China juga mengklaim bahwa uji coba mereka yang lain membuktikan teknologi mereka ini telah mampu berjalan lebih cepat di perangkat PC. Tidak sampai di situ, bahkan uji coba tersebut nampaknya juga belum memanfaatkan kinerja SSD di PS5 secara maksimal. Tapi perlu kita ketahui untuk menjalankan game dengan kualitas 40 fps pada 1440p sebenarnya menggunakan sebuah NVMe 970 SSD sudah lebih dari cukup. Dengan kata lain, sistem secanggih NVMe 970 SSD dan NVIDIA RTX2080 sudah bisa mengungguli kinerja PS5 yang bahkan ketika uji coba ini dilakukan konsol tersebut belum dirilis. Sementara SSD PS5 sendiri sudah menjadi sebuah piranti hebat, dan uji coba ini dilakukan tidak untuk memaksanya bekerja hingga ke batasnya. Sehingga para pemilik GPU dan SSD yang masih segenerasi dengan yang disebutkan di atas tidak usah khawatir, karena game-game generasi terbaru nantinya dapat dilibas dengan mudah.

Kita tunggu gebrakan Unreal Engine 5 nanti apabila sudah dirilis

            Unreal Engine 5 memang belum dirilis di pasaran karena target dari Epic Games memang tinggi. Epic Games menargetkan uji coba seperti ini dapat dilakukan lagi dan bisa menembus performa hingga 60 fps pada konsol-konsol generasi terbaru. Nyatanya pada uji coba ini mereka masih belum mendapatkan hasil yang diharapkan, yang hanya 30 fps. Target 60 fps yang belum bisa terpenuhi itulah yang menyebabkan Epic Games masih menunda perilisan Unreal Engine 5 dalam waktu dekat ini.

            Sejauh ini seperti yang dikonfirmasi oleh Epic Games China bahwa mereka hanya bisa menembus angka 40 fps. Uji coba yang dilakukan ini sebenarnya peruntukan khusus untuk mengetahui kualitasnya di 30 fps, dan hasil yang 40 fps bisa dibilang terlaksana tanpa sengaja. Demo ini dikatakan diuji pada perangkat notebook milik seorang editor dari Epic Games China tentunya, dan hasil yang bisa didapatkan ternyata mencapai kualitas hingga 40 fps. Sesorang di BBS akhirnya mengkonfirmasi bahwa perangkat yang digunakan tadi adalah RTX2080 dan 970EVO.

            Uji coba teknologi Unreal Engine 5 ini nampaknya menampakkan visual yang menawan, sehingga banyak pihak yang dibuat penasaran untuk melihat apakah game-game akan terlihat sedemikian menawannya layaknya pada hasil uji coba tersebut.


Like it? Share with your friends!

562
562 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *