Kedua Game Asal Jepang Ini Telah Selesai dengan Rapor Penjualan Tengah Tahunan Mereka


578
578 points

Secara bersamaan kedua judul kembangan dari genre RPG ini mengumumkan rapor penjualan mereka pada tanggal 6 November lalu. Keduanya mencatatkan angka penjualan yang sangat fantastis dengan beberapa prestasi yang juga berhasil mereka raih. Walaupun tidak ada data pasti yang menyebutkan keterkaitan ini namun angka penjualan yang melonjak bisa jadi akibat adanya pandemi yang tak berkesudahan. Orang-orang yang terpaksa dirumahkan mendadak menjadi gamer terkhusus untuk kedua judul ini.

Fire Emblem garapan Koei Tecmo

Pertama kita ada judul tactical RPG bernama Fire Emblem: Three Houses yang merupakan garapan studio asal Jepang yang sangat populer yaitu Koei Tecmo dengan rekanan kerjanya Intelligent Systems yang juga berasal dari Jepang. Judul ini sendiri adalah edisi ke 16 dari franchise besar Fire Emblem yang sudah ada sejak tahun 1990.

Fire Emblem: Three Houses dirilis oleh Nintendo tentunya untuk konsol andalan mereka Nintendo Switch pada Juli 2019 lalu. Edisi ini sekaligus menjadi entri terlaris dari keseluruhan judul yang ada di franchise yang mana sebelumnya rekor ini dipegang oleh judul Fire Emblem Fates dengan penjualan mencapai 2,9 juta copy di seluruh dunia.

Pada bulan Mei lalu sebenarnya judul Three Houses memiliki kans untuk memecahkan rekor tersebut namun pada akhirnya mereka menutup angka penjualan hanya pada 2,8 juta copy. Hingga pada laporan tengah tahunan tepatnya pada Juni lalu penjualan Fire Emblem: Three Houses berhasil memecahkan rekor yang ada dengan angka 3,02 juta copy di seluruh dunia.

Xenoblade Chronicles 2 garapan Monolith Soft

Judul kedua datang dari Xenoblade Chronicles 2 garapan studio Monolith Soft yang juga oleh Nintendo sendiri dirilis pada konsolnya tepat tanggal 1 Desember 2017. Judul ini menjadi edisi ketiga dari sub series Xenoblade Chronicles dan menjadi judul entri ketujuh untuh franchise game utamanya Xeno. Sedikit menimbulkan pertanyaan bagi para penggemarnya ketika suksesor Xenoblade Chronicles ini diluncurkan ke pasaran karena faktanya kedua judul tersebut sama sekali memiliki seting waktu dan tempat serta karakter yang berbeda satu sama lain. Dimana justru lebih menyerupai ke judul original utamanya yaitu Xenoblade Chronicles X.

Tutup buku akhir tahun lalu penjualan edisi ini mencapai 1,92 juta unit di akhir Desember. Sementara laporan tengah tahunan dari publisher menyebutkan bahwa Xenoblade Chronicles 2 mendapat angka penjualan terakhir di bulan Juni lalu mencapai 2,05 juta copy di seluruh dunia. Data lain yang terus berjalan menyebutkan bahwa masih ada angka 160.000 copy yang terjual pada beberapa bulan terakhir ini.

Rekor penjualan dari franchise ini belum terungkap ke publik dengan minimnya akses yang diberikan publisher kepada para analis. Oleh karena itu hanya ada beberapa judul dari waralaba Xeno ini yang terungkap ke khalayak umum. Terdapat satu judul lagi itupun edisi khusus hasil pengembangan Xenoblade Chronicles 2 yaitu Xenoblade Chronicles: Definitive Edition yang dirilis pada bulan Mei lalu. Angka penjualan dari edisi khusus itu sendiri mencapai 1,4 juta copy di seluruh dunia.

Berkat angka fantastis hasil penjualan kedua judul di atas baik Fire Emblem: Three Houses dan Xenoblade Chronicles 2 mendapat tempat di berbagai penghargaan bergengsi industri video game.  Xenoblade Chronicles 2 pernah memenangkan penghargaan di ajang Japan Game Awards dan Famitsu Awards. Sedangkan Fire Emblem: Three Houses sendiri mendapatkan banyak nominasi di ajang penghargaan tahun ini seperti 23rd Annual D.I.C.E. Awards dan Famitsu Dengeki Game Awards.


Like it? Share with your friends!

578
578 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *