Judul-judul Game MOBA Mobile Terbaik Sepanjang Satu Dekade Ini Bagian 2


564
564 points

Singkatan dari kepanjangan “Multiplayer Online Battle Arena” yaitu dimana memiliki pengertian pertarungan antar dua tim yang mana tiap tim terdiri dari beberapa karakter. Awalnya game ini diakui oleh para pengamat dan pegiat industri game hanya sebagai subgenre dari “real-time strategy” yang difusi berbarengan dengan RPG dan game aksi.

Game ini mengharuskan kedua kubu untuk saling menyerang sekaligus mempertahan basis mereka. Mempertahankan basis akan sedikit dipermudah dengan bantuan pasukan yang secara berkala akan terus keluar dan tentunya tower sebagai benteng pertahanan yang siap menyerang musuh kapanpun. Sedangkan untuk proses menyerang, ini adalah hasil kreatifitas dan keahlian serta skill yang dimiliki pemainlah yang mempengaruhi.

Hingga kini seiring perkembangannya yang pesat game ini akhirnya diakui sebagai genre yang berdiri sendiri. Bertahun-tahun genre ini terus berevolusi menjadi lebih baik dan lebih layak diperhitungkan di industri game mobile. Pilihlah hero andalan anda dan mari bertarung dan bersaing dengan sehat!

Game sukses bernama Mobile Legends: Bang Bang

Hadir pertama kali di industri game mobile pada tanggal 11 Juli 2016. Siapa sangka game yang diprakarsai oleh Moonton ini akan menjadi sefenomenal ini bahkan hingga saat ini. Data yang dihimpun pun menunjukkan bahwa game ini yang paling banyak dimainkan di seluruh dunia.

Game ini menyediakan pertarungan yang mendukung 5v5 dan dikemas ke dalam sebuah alur pertarungan yang cepat namun dengan kontrol yang terbilang cukup sederhana. Developer pun menyediakan karakter-karakter dalam sejumlah hero yang dapat dimainkan ketika anda memilikinya. Berbeda dengan Dota 2 misalnya, seluruh hero dapat anda mainkan tanpa terkecuali, sedangkan untuk Mobile Legends apabila anda belum memilikinya anda belum dapat memainkannya dengan bebas.

Untuk menyeimbangkan itu semua, Moonton tak lupa menyertakan mode kustom atau pertarungan dengan AI sehingga para pemain dapat memanfaatkannya untuk sekedar berlatih atau menguji coba hero yang baru ia miliki. Selain itu, developer juga tak henti-hentinya melakukan pengembangan untuk judul game mereka ini. Pembaruan yang besar ataupun kecil sering diluncurkan developer untuk menyeimbangkan persaingan dan pertempurannya, hero-hero baru pun rutin dirilis untuk menambah variasi bermain dan keseruan.

Arena of Valor, game yang pernah berganti nama

Betul sekali game MOBA yang satu ini memang pernah berganti nama. Awal rilis ke industri ini game ini berjudul Mobile Arena, oleh karena beberapa sebab yang mana dirumorkan akibat pergantian kepemilikan dan lain-lain game ini pun akhirnya berganti judul menjadi Arena of Valor.

Sedikit lebih muda sekitar tiga bulan dari judul yang tersebut di atas, AOV lahir pada tanggal 14 Oktober 2016. Developer dan pubsliher untuk Indonesia adalah Garena, dan karena hal inilah game ini sempat membuat bangga rakyat Indonesia dengan developer tanah air yang mampu berkecimpung dalam game hebat berskala internasional.

Bagi sebagian orang mungkin ada yang kurang mengenal game ini atau bahkan baru mendengarnya saat ini. Game ini memang tidak sepopuler Mobile Legends tapi raihan jumlah pemain dan keloyalan para pemain tersebut tidak diragukan lagi hingga kini. Sedikit berbeda dengan game MOBA pada umumnya game ini menyediakan mode pertandingan 5v5, 3v3, bahkan ada untuk 1v1. Developer juga menyediakan banyak pilihan hero yang dapat dibeli untuk dimainkan, pilihan set yang beragam dan masih banyak yang lainnya. Hingga saat ini Arena of Valor juga terus menumbuhkan angka jumlah pemainnya di seluruh dunia seiring prestasi dan ketenaran yang berhasil mereka rengkuh.


Like it? Share with your friends!

564
564 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *