Judul-judul Game MOBA Mobile Terbaik Sepanjang Satu Dekade Ini Bagian 1


564
564 points

Genre game yang merupakan kepanjangan dari “Multiplayer Online Battle Area” ini cukup banyak dikenal para gamer saat ini bahkan mungkin banyak kalangan lain selain gamer juga mengenalnya. Tidak ada data yang akurat dan pasti kapan sebenarnya genre permainan satu ini lahir. Sebagian orang mungkin akan membantah argumen tersebut dan mengatakan Dota lah yang menjadi pioner dari genre ini. Anda salah, karena secara luas dan diakui bersama bahwa game yang mengusung genre ini pertama kali adalah Aeon of Strife (AOS).

AOS maupun Dota pun sejatinya tidak bisa dimasukkan ke dalam genre ini serta merta. Karena awalnya kedua game ini lahir bukanlah dari genre MOBA, atau mungkin bisa kita sebut kedua judul tersebut bukanlah sebuah game. Sejatinya kedua judul tersebut adalah sebuah kustom map karya para penggemarnya dari judul game utama masing-masing. AOS merupakan map kustom dari game StarCraft dan Dota yang muncul di tahun 2003 adalah map kustom dari game Warcraft III. Kedua game inilah yang menjadi tonggak sejarah lahirnya dan berkembangnya game hingga kini, bahkan genre ini sudah merambah perangkat mobile atau smartphone.

Sistem operasi Android dikatakan memiliki jasa

Bisa dikatakan berkembangnya game MOBA hingga ke perangkat mobile saat ini dipengaruhi oleh munculnya sistem operasi mobile bernama Android. Android menjadi satu-satunya sistem operasi yang open resource karena rivalnya iOS justru menjadi sistem OS yang close. Berangkat dari situlah perkembangan game MOBA pesat hingga saat ini.

Pertumbuhan genre ini yang sangat cepat ditengarai karena perangkat seluler adalah perangkat yang berteknologi tinggi, muat masuk kantong, dan mudah dibawa kemana-mana. Oleh karena itu game MOBA di perangkat mobile dinilai lebih praktis ketimbang memainkan game ini di perangkat kelahirannya yaitu PC. Era sekarang ini semua orang bisa dipastikan memegang smartphone dan anggap saja dari 10 orang cukup 4 orang saja yang terinstal game moba di dalamnya, maka hitunggal berapa ratus juta yang memainkannya di seluruh dunia.

Game legendaris Vainglory

Urutan pertama pasti semua setuju bahwa jatuh kepada game bernama Vainglory. Game ini menjadi judul pertama MOBA yang dapat dimainkan di perangkat mobile. Penulis juga ingat betul game inilah game MOBA yang terinstal pertama kali di smarpthone penulis menyusul judul lain.

Rilis sejak tahun 2015 menjadi pengalaman berharga bagi sang developer yang memang baru menginjakkan kaki di industri game mobile. Tetapi, hal tersebut tidak menjadikan alasan untuk minder, malah game ini berhasil menunjukkan kelasnya sebagai cikal bakal game MOBA mobile.

Super Evil Megacorp selaku developer dari game ini setidaknya menyediakan sekitar 25 hero yang berbeda. Mode permainan yang dibawa Vainglory juga cukup menghibur karena tersedia pertempuran 3vs3, ataupun 5vs5. Untuk mode 5vs5 pun terdapat beberapa pengaturan tambahan seperti permainan yang diseting agar berjalan cepat atau malah sebaliknya diatur agar berjalan sedikit lama.

Tahun 2018 lalu bisa dibilang salah satu tahun yang paling bersejarah untuk game Vainglory. Mereka akhirnya merilis fitur yang menunjang Vainglory dimainkan secara cross-platform yang artinya para pemain kawakan dari mobile dapat bermain bersama teman-temannya yang bermain di PC. Walaupun sejatinya bagi para pemain lawasnya yang masih menggunakan perangkat mobile pasti merasa ini menjadi suatu ketidakseimbangan. Berkat ketenaran dan kesuksesan yang berhasil diraih oleh game Vainglory pada akhirnya lahirlah beberapa game MOBA untuk mobile lainnya hingga kini.


Like it? Share with your friends!

564
564 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *