Judul Game Terlaris di Amerika hingga yang ‘Tersedih’


550
550 points

Penjualan game di Amerika Serikat akhirnya terungkap pada rekapan hingga tanggal 11 Juli 2020 yang lalu. Posisi puncak ternyata masih diduduki oleh game F1 2020. Terlepas dari F1 sendiri yang saat ini menjadi kurang populer di Amerika ketimbang di Eropa, namun data untuk balapan jet darat ini menunjukkan fakta lain meskipun di dunia virtual. Seperti halnya sepak bola dengan liga-liga terkenalnya sudah diizinkan kembali untuk digelar oleh otoritas setempat, balapan F1 juga diizinkan untuk dilanjutkan kembali. Setelah lama dihentikan akibat adanya pandemi virus Corona.

            Mendudukinya F1 2020 di Top Grossing game Amerika, disebutkan para analis serial olahraga satu ini memang sangat populer, dengan rilisan tahun ini memang menjadi yang terbaik sejak seri 2017. Belum lagi Codemasters selaku publisher dikatakan merilis game ini pada waktu yang sangat tepat.

GTA menawarkan 1 juta dolar

            Game yang sering kami jadikan topi pada artike-artikel lain, The Last of Us Part 2 masih gagah mempertahankan posisi kedua. Meskipun data menunjukkan adanya penurunan 56% penjualan game ini dari minggu ke minggu. Posisi ketiga akhirnya diisi oleh Animal Crossing: New Horizons seteleah minggu-minggu sebelumnya menempati posisi ke empat. Prestasi ini nampaknya tidak bisa lepas dari update game yang berkualitas, dan mungkin akibat ketersediaan konsol Nintendo Switch yang mulai meningkat. Peningkatan penjualan yang mencapai angka 12% akhirnya berhasil mereka rengkuh.

            Posisi keempat ditempati oleh Call of Duty: Modern Warfare dengan berhasil pada mode battle royale nya yaitu Warzone, diikuti oleh posisi kelima yang diisi oleh Mario Kart 8 Deluxe. Kenaikkan posisi yang signifikan diperoleh GTA 5 yang berhasil naik dari posisi 8 ke posisi enam. Tidak terlalu mengejutkan memang, mengingat promosi si produsen konsol yang menawarkan sejumlah $1 juta dalam game untuk semua pemain konsol PS4 yang log in ke GTA dan online setiap bulan hingga nanti versi game ini untuk PS5 dirilis. Faktor tersebut dianggap sebagai pendongkrak posisi GTA 5.

            Seperti halnya GTA 5, kesuksesan nampaknya juga menyambangi game Minecraft dari yang sebelumnya berada di posisi 10 naik ke posisi tujuh, dengan kenaikan penjualan sebanyak 25%. Kenaikan ini banyak yang menganggap didapatkan dari popularitas game melalui Youtuber, namun sedikit terbantahkan karena penjualan terlaris justru karena dorongan dari seri konsol Switch. Sama-sama bertemakan olahraga dengan F1, NBA 2K20 harus menerima nasib dengan turun ke posisi 8 dari sebelumnya posisi tujuh. Sebelumnya seri ini dianggap akan mengalami penjualan yang melonjak akibat akan datang saudara mudanya NBA 2K21, namun pada kenyataannya tidak.

Angka penurunan penjualan bagai mimpi buruk

            Posisi ke 9 nampaknya menjadi rapor penjualan yang paling menyedihkan diantara yang lain, sebelum kita buka siapa di posisi terakhir. Perjuangan luar biasa game Ring Fit Adventure yang berhasil mencapai posisi tiga pada minggu-minggu sebelumnya belum terbayarkan dengan turunnya mereka ke posisi 9 ini. Banyak yang menilai bahwa game ini mengalamai kekurangan stok pada beberapa wilayah, mengejutkan apabila dilihat dari track record sebelumnya bahwa game ini memiliki penyebaran stok secara sporadis dengan kinerja terbaik. Hal ini bisa dipastikan mempengaruhi nilai penjualannya, dengan data yang diperoleh terdapat penurunan penjualan sebesar 68% dari minggu ke minggu, sungguh bukan sesuatu yang diharapkan.

            Posisi terakhir ditempati oleh Marvel’s Iron Man VR. Inilah yang kita sebut paling sedih diantara yang tersedih, setelah kita tahu posisi 9 diisi oleh game yang mengalami kelangkaan. Penurunan yang dialami juga tidak tanggung-tanggung, angka sebesar 84% menjadi angka tertinggi penurunan diantara daftar yang sudah disebut di atas, tidak mengherankan posisi kedua yang didapatkan harus rela tergelincir ke posisi 10. Banyak yang mempengaruhi, tapi yang dinilai sebagai faktor utama game ini adalah game VR ekslusif Playstation, daya tariknya masih kurang dibanding game Playstation lainnya.


Like it? Share with your friends!

550
550 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *