Jika Anda Lelah Menerbangkan Pesawat di Flight Simulator Secara Manual maka Cobalah Fitur Autopilot, Bagian 5


602
602 points

Sangat disayangkan memang kebanyakan pesawat di Microsoft Flight Simulator ini tidak menggunakan model Garmin. Mengingat model Garmin sendiri menjadi bahasan kita paling banyak di artikel tentang sistem autopilot di Microsoft Flight Simulator ini. Kebanyakan pesawat justru menggunakan mode auto throttle dengan tombol LNAV nya ketimbang menggunakan Garmin. Tombol LNAV kemungkinan juga menjadi model yang akan dicintai para pemainnya baik pemain kawakan bahkan pemain baru. Bukan tanpa alasan karena mengoperasikan LNAV lebih mudah ketimbang NAV, begitu juga untuk menonaktifkannya.

Airbus A320 Neo lebih menggoda

Boeing 747 dan 787 sudah kita bahas di artikel sebelumnya yang juga menggunakan tombol LNAV ini. Tetapi ada pesawat dari pabrikan rivalnya yaitu Airbus A320 Neo yang ternyata lebih mudah pengoperasiannya ketimbang dua pesawat boeing tersebut. Perbedaan sangat mendasar pesawat Airbus ini yaitu dapat mengaktifkan auto throttle bahkan ketika autopilot masih aktif. Walaupun secara konsep autopilotnya sendiri masih sama dengan pabrikan Boeing tetapi fitur auto thottle Airbus A320 Neo ini memang tidak tergantung pada sistem autopilot.

Anda juga bisa mengatur auto throttle di Airbus A320 Neo akan berikatan dengan sistem aupolitonya. Anda dapat menyetelnya saat pesawat dalam posisi menanjak naik untung mencapai ketinggian yang anda inginkan. Selanjutnya akan muncul indikator “CL” di throttle nya dan indikator “THR CLB” untuk di panel MFD nya ketika anda sudah pada setelan yang tepat.

Managed dan Selected menjadi point yang harus diprioritaskan ketika memilih pesawat

Sebelum memulai menggunakan fitur autopilot atau bahkan ketika anda benar-benar baru memulai game ini hendaknya pilihlah pesawat dengan fitur kenop yang disediakan mengandung “input” an atau masukan berupa “Managed” dan atau “Selected”. Ingatlah untuk mengutakaman kedua point ini tersedia di pesawat yang anda inginkan atau tidak. Sangat bagus apabila keduanya ada, tetapi sebenarnya salah satu saja dari keduanya sudah cukup.

Managed akan berhubungan dengan sistem komputerisasi di kendali pesawat untuk menentukan dan melakukan semua kegiatan penerbangan sesuai pilihan terbaik hasil perhitungan algoritmanya secara mandiri. Misalnya ketika anda meng-input kecepatan yang anda masukkan lewat “managed” maka dengan mudah anda dapat menaikkan pesawat meninggalkan daratan dengan anda cukup menjadi pengontrol saja bila terjadi hal atau kemungkinan yang tak terduganya. Misalnya lagi ketika HDG anda masuk ke “managed” maka kinerja seluruhnya akan mengikuti rencana penerbangan anda dengan tentunya mengambil pilihan yang menjadi opsi terbaiknya.

Sedangkan untuk “selected” tidak memungkinan anda membiarkan HDG bekerja secara mandiri. Pesawat masih membutuhkan pengaturan manual dari anda untuk menentukan ke arah mana pesawat akan dibawa. Secara gampangnya “selected” ini mengharuskan anda menginput dulu beberapa elemen misalnya seperti arah, kecepatan, dan ketinggian, kemudian pesawat bary akan melakukan sesuai yang anda perintahkan.

Itulah seluruhnya yang dapat kita sampaikan tentang sistem autopilot yang sejauh ini dapat kita temukan penggunaan dan pengoperasiannya. Jika anda berniat mempraktikannya maka bacalah seluruh artikel kami tentang autopilot di Microsoft Flight Simulator ini. Pastikan jangan sampai anda melewatkan satu unsur kecil sekalipun, agar menghindari kesalahan dan autopilot yang anda dambakan dapat terlaksana dengan sempurna.

Sejatinya banyak sekali model autopilot yang bisa anda gunakan. Terkhusus artikel ini kita membahas model Garmin sebagai yang paling utama dengan bahasan mencabang yang tidak terlalu jauh menjauh dari bahasan utamanya. Apabila anda menginginkan untuk mempelajari model lain anda dapat menemukannya tersebar di internet. Tetapi berbahagialah setidaknya melalui artikel ini anda sudah memahami pokok utama dari sistem Autopilot di Microsoft Flight Simulator dengan model Garmin ini.


Like it? Share with your friends!

602
602 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *