Intip Fitur Whatsapp Payment yang Baru Dirilis


539
539 points

Whatsapp Payment tidak lama ini dirilis. Ini merupakan hasil tahap uji coba yang memakan waktu cukup lama. Hingga akhirnya pihak Whatsapp merilis salah satu fitur yaitu payment dalam aplikasinya itu. Dilirik dari akun resminya sang pendiri Facebook, Mark Zuckerberg mengungkapkan jika Brazil dipilih sebagai negara yang paling wahid yang bisa menikmati fitur baru ini. Harapan dari Mark adalah dengan adanya fitur baru ini bisa membantu para UKM. Pegiat UKM yang mau melakukan penjualan sudah bisa lewat Whatsapp.

Mark Zuckerberg juga menambahkan jika dirinya membangun Facebook Pay yang memungkinkan sang penggunanya bisa melakukan transaksi dengan aman dan juga nyaman. Karena Mark sendiri sudah memiliki banyak aplikasi yang berlabel Facebook untuk itu diperlukan pembayaran yang aman dan nyaman. Termasuk juga pada aplikasi Whatsapp dan juga Instagram. Meskipun sekarang di negara penguji cobanya yaitu Brazil, masih sangat terbatas penggunanya. Akan tetapi sambutan baik datang bagi para mereka si pengguna Whatsapp yang ada di seluruh dunia.

Apa Itu Whatsapp Payment

Banyak orang yang masih bingung dengan apa itu Whatsapp Payment. Layanan ini adalah sebuah layanan pembayaran dimana kita bisa menerima sekaligus mengirim uang dengan mudah. Bahkan bisa kita lakukan hanya dengan foto saja. Layanan yang satu ini memang sudah dijalankan secara resmi sebagai layanan pembayaran. Whatsapp Payment juga sudah bekerja sama dengan beberapa bank lokal yang ada di negara penguji pertama itu, Brazil. Misalnya saja ada Banco do Brazil, Nubank, Sicredi dan lainnya. Ternyata tidak hanya di Brazil, sebelumnya layanan Whatsapp Payment juga sudah diujikan di India. Nama yang digunakan adalah UPI atau Unified Payment Interface.

Kelebihan dari layanan yang satu ini adalah bisa digunakan secara Cuma Cuma oleh si pengguna. Akan tetapi khusus bagi yang mau menerima pembayaran maka pihaknya menetapkan biaya sebesar 3,99%. Dari segi keamanan, Mark Zuckerberg menambahkan jika pihaknya ini menetapkan penggunaan PIN sebanyak 6 digit. Bagi ponsel yang sudah dilengkapi dengan sistem sidik jari maka bisa menggunakan Finger print. Ini dilakukannya semata mata untuk meningkatkan keamanan dalam setiap transaksi yang dijalankan. Hanya pengguna Whatsapp saja lah yang dipastikan bisa menggunakan layanan yang satu ini.

 Cara Menggunakan

Ternyata cara menggunakan layanan yang satu ini sangatlah mudah. Sama seperti layanan pembayaran yang lain teknisnya cukup sama. Pertama kita bisa masuk pada menu pengaturan Whatsapp. Setelah itu bisa ketuk opsi pembayaran. Langkah selanjutnya adalah dengan memilih tambahkan akun baru yang ada pada pilihan Akun Bank. Jika sudah anda bisa klik bagian terima. Lanjutkan sambil membaca syarat dan juga ketentuan di dalamnya. Untuk memverifikasi sendiri ada beberapa opsi yang bisa anda pilih. Misalnya verifikasi melalui SMS. Dalam proses verifikasi ini kita bisa mengikuti permintaan untuk mengirimkan SMS. Disana bisa dilakukan proses penautan.

Selanjutnya adalah dengan memilih rekening bank yang hendak kita tambahkan untuk menggunakan fitur pembayaran via Whatsapp. Jika semua sudah kita lakukan nantinya kita akan mendapatkan pesan yaitu ‘Setup Complete’ yang ada pada layar.  Layanan whatsapp payment ini sudah memiliki integrasi dengan Whatsapp Bussiness. Dimana sudah bisa terhubung dengan katalog whatsapp. Dengan hal ini memungkinkan para pengguna Whatsapp bisa dengan mudah melakukan pembayaran sekaligus pembelian di katalog barang yang sudah disediakan oleh pihak Whatsapp Bussiness.


Like it? Share with your friends!

539
539 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *