Impresi Para Penguji Coba Konsol Terbaru Xbox Series X Bagian 2


556
556 points

Frama rate bisa dibilang menjadi faktor penting suatu game. Erat kaitannya juga dengan piranti atau perangkat yang digunakan untuk bermain game tersebut. Satu sama lain saling menunjang dimana game yang sudah dibuat dengan teknologi terbaru akan percuma apabila dimainkan di perangkat kawak yang kurang bisa menyokong akibat teknologinya yang sudah ketinggalan.

Artikel sebelumnya kita telah membahas bahwa Xbox Series X sebagai salah satu konsol generasi baru telah teruji coba dapat menyajikan frame rate yang memukau. Beberapa game yang diuji cobakan terbukti berjalan stabil di frame rate 60 FPS. Frame rate merupakan salah satu faktor yang menonjol dan masih banyak faktor lain yang juga menonjol dalam pelaksanaan uji coba ini.

Beralih game satu ke game lain hanya butuh waktu 8 detik

Perangkat elektronik saat ini seperti gadget bahkan semacam smartphone dan tablet sudah mampu melakukan apa itu yang disebut “multitasking”. Menjalankan dua atau lebih aplikasi tanpa menutupnya dan menjalankannya di latar belakang sudah seperti keharusan teknologi “human interface” saat ini. Faktor menonjol yang akan kita bahas kali ini tidak jauh-jauh dari hal tersebut.

Sejatinya pada konsol Xbox telah tersemat fitur bernama “Quick Resume” dimana pada pemain dapat memulai game tepat dimana mereka mengakhirinya setelah memainkannya untuk menjalankan aplikasi atau game lain. Uniknya fitur ini bahkan mendukung waktu berjam-jam sehingga ketika anda beralih dari game A ke game B untuk memainkannya seharian, anda dapat kembali ke game A tepat dimana anda mengakhiri game tersebut. Hal tersebut tanpa menimbulkan kondisi dimana game A akan merestart ke menu utama.

Pada Xbox Series X sedikit berbeda tetapi tetap dengan perubahan yang sangat menonjol. Pemain memang hanya dapat menjalankan satu aplikasi dalam satu waktu, tetapi dengan penyimpanan game yang telah disempurnakan untuk menunjang fitur ini hal ini menjadi semakin mudah. Disebutkan bahkan untuk beralih dari satu game ke game lain kemudian beralih lagi ke Netflix misalnya untuk menonton film hanya dibutuhkan waktu sekitar 8 detik saja. Ditambahkan fitur ini akan bekerja sangat baik dengan bantuan Xbox Game Pass. Pungkasnya Xbox Game Pass akan berkesinambungan dengan “cloud” penyimpanan, dan anda dapat bergonta-ganti judul sebanyak yang anda mau dengan sangat mudah.

Saat ini loading game bukan menjadi hal yang membosankan

Faktor yang menonjol berikutnya masih ada kaitannya dengan fitur pergantian aplikasi dan game “Quick Resume”. Faktor tersebut adalah loading game yang disebutkan dari hasil uji coba tak kalah mengesankan. Waktu pemuatan atau loading suatu game baik saat memulai awal atau hasil transisi antar judul dipangkas habis oleh Microsoft. Fitur keren ini tidak terbatas apakah itu game ringan ataupun game berat sekalipun, karena semua berjalan tanpa hambatan.

Ditambahkan oleh para penguji, bahwa game yang tidak dirilis ekslusif di Xbox Series X  sekalipun atau bisa dikatakan game untuk konsol pendahulunya seperti Xbox One X juga dapat dilibas dengan sangat ringan. Game yang diuji cobakan seperti Final Fantasy XV yang dulu memakan waktu hingga satu menit kini anda hanya cukup menunggu selama 15 detik untuk memainkannya.

Seperti kurang puas, tim penguji coba melakukannya untuk judul game lain seperti Warframe dan Destiny 2. Keduanya memberikan hasil yang memuaskan dimana Warframe hanya butuh waktu 25 detik, dan Destiny 2 hanya membutuhkan waktu 43 detik. Perlu dicatat kedua game tersebut awalnya membutuhkan waktu loading selama lebih dari satu menit. Dari sini keputusan ada di tangan anda, untuk meminang Xbox Series X atau beralih ke konsol lain.


Like it? Share with your friends!

556
556 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *