Game yang Pertama Kali Menggunakan Teknologi Unreal Engine Akhirnya Akan Tiba


570
570 points

Membicarakan Epic Games beberapa kalangan mungkin akan langsung terpikirkan judul fenomenal seperti Fortnite, dan teknologi gaming mereka yang paling terkenal yaitu Unreal Engine. Hingga saat ini teknologi yang ditemukan Epic Games sejak tahun 1998 tersebut banyak digunakan oleh developer-developer dari game lain. Terbaru adalah edisi Unreal Engine 5 yang telah diumumkan pada Mei 2020 lalu dan diprediksi akan dirilis untuk tahun depan, yang mana sistemnya akan sangat cocok dengan konsol generasi PlayStation 5 dan Xbox Series X.

Menelisik jauh ke belakang sejatinya Unreal Engine ini sendiri telah digunakan pada game yang juga buatan Epic Games dengan judul yang sama pula. Tanggal 22 Mei 1998 Epic Games bersama beberapa developer lain mengerjakan game mereka sekaligus menjadi bahan uji coba teknologi Unreal Engine bernama Unreal.

Tertidur selama 13 tahun

Bisa dikatakan game Unreal ini merupakan tonggak sejarah bagi Epic Games berkat teknologi Unreal Engine nya yang saat ini begitu berjasa bagi dunia video game. Unreal dirilis kala itu untuk berbagai platform seperti PC, Dreamcast, PlayStation 2, Xbox OS X, PlayStation 3, dan Xbox 360 dengan berbagai judulnya.

Muncul sebagai game yang membawa genre firts-person shooter di kala itu memang benar-benar sangat baru. Dimana era-era saat itu adalah zaman game masih berformat 2D dengan gameplay yang cukup simple dan perkembangan piranti bermain game belum sepesat sekarang. Sekali lagi berkat teknologo Unreal Engine itulah semuanya berjalan lancar dengan pembuktian game ini cukup sukses di pasaran.

Perkembangan franchise Unreal juga turut diikuti perkembangan dari teknologi penyokongnya. Sejak seri Unreal Engine yang pertama hingga Unreal Engine 4 judul tersebut hanya tiga kali absen pada rentan 1998 sampai 2007 yaitu di tahun 2000, 2001, dan 2006. Sejak tahun 2007 itulah game ini hanya tinggal kenangan dengan rilisan terakhir mereka adalah Unreal Tournament 3.

UnrealHD sebagai mood yang menarik dalam rangka perayaan ini

Merasa sebagai proyek yang nantinya terbuang sia-sia, akhirnya Epic Games bakalan merilis edisi terbaru dari franchise Unreal ini. Mereka menganggap percuma saja apabila teknologi Unreal Engine yang terus berkembang namun judul gamenya malah stagnan bahkan mati. Walaupun belum dikonfirmasi secara resmi kapan tanggal rilisnya, namun sudah teungkap bahwa edisi kebangkitan ini akan berjudul Unreal Tournament yang menggunakan Teknologi Unreal Engine 4.

Santernya kabar mengenai franchise Unreal yang kembali datang ini menarik hati para mooder untuk berkreasi baik di game yang akan datang ataupun bernostalgia dengan Unreal klasik. Tak setengah-setengah, bahkan mereka merilis versi skin berkualitas HD untuk judul jadulnya yaitu Unreal dan Unreal Tournament.

Bernama UnrealHD yang mana nantinya mutator ini hanya akan menggantikan skin Unreal lama yang buram dengan yang baru. Bukan hanya baru melainkan juga akan ada peningkatan kualitas resolusi yang lebih tinggi dan mendetail. Hingga artikel ini ditulis pun sudah ada versi ketiga dari UnrealHD ini. Tetapi perlu anda ketahui bahwa Unreal HD v3.0 ini datang dengan paket skin yang hanya akan merombak penampilan musuh, NPC dan senjata. Jadi bagi anda para penggemar edisi ini jangan berharap mendapatkan detail menakjubkan dari seting tempatnya, karena tentunya ini akan hadir di judul terbarunya.

Jangan bersedih karena seharusnya peningkatan unik ini dapat anda manfaatkan sambil menunggu judul terbaru benar-benar rilis kedepannya. Walaupun tidak merubah lingkungan pertarungan secara keseluruhan tetapi Unreal HD v3.0 memberikan skin terkhusus untuk map pada mode single-player yang memang mode ini cukup populer di kalangan para penggemarnya.


Like it? Share with your friends!

570
570 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *