Game Retro Strife dengan Edisi Veterannya Sudah Hadir di Nintendo Switch


565
565 points

Perkembangan industri teknologi elektronik saat ini bisa dikatakan sedang mencapai puncaknya. Hampir seluruh aspek di dunia sekarang ini tidak bisa yang lepas dengan yang namanya peralatan elektronik, ditambah berbasis teknologi. Sebuah periode dimana era yang semuanya serba digital juga sudah berada di depan mata.

Tak bisa lepas dari itu semua, industri game mau tidak mau juga terus mengikuti perkembangan teknologi. Bahkan game dituntut untuk memiliki teknologi yang lebih canggih dari perangkat elektronik tersebut. Tetapi, tidak ada salahnya apabila bahasan kita kali ini sedikit mundur ke era jadul. Zaman dimana game masih sangat simpel dan hanya berbentuk bit-bit bergerak.

Edisi yang sudah layak berdiri sendiri

Sebenarnya yang kali ini akan kita ulah bukanlah game jadul itu sendiri, melainkan sebuah versi remake guna mengikuti perkembangan zaman. Ialah Strife: Veteran Edition yang pada tanggal 25 Oktober lalu meluncur di platform Nintendo Switch. Judul game tersebut sejatinya sudah ada di industri game ini sejak tahun 1996 dengan judul Strife: Quest for the Sigil. Garapan studio Rogue Entertainment dan dirilis oleh publisher Velocity Inc untuk pasar Amerika, sementara pasar Eropa dipegang oleh Studio 3DO.

Rilisan pada tahun bulan Februari 1996 tersebut aslinya adalah versi “shareware” dan baru datanglah full versinya pada bulan Mei 1996. Rilis untuk berbagai perangkat saat itu seperti Microsoft Windows, Linux, OS X, dan MS-DOS. Belum ada data yang jelas kenapa game ini hanya rilis di pasar Amerika dan Eropa. Barulah berselang 18 tahun kemudian game ini rilis untuk pasar global tepatnya pada bulan Desember 2014. Anehnya game tersebut datang dengan judul sama tetapi hanya dikatakan versi ini adalah edisi untuk para veterannya. Entah apa yang mempengaruhi keputusan ini, nyatanya secara garis besar tetaplah Strife.

Perjuangan melawan makhluk mutan yang terinveksi virus dari sebuah komet

Cukup aneh memang keputusan studio indie dari Amerika Seriktat tersebut untuk membuat versi Strife dengan embel-embel Veteran Edition. Walaupun bisa kami katakan edisi tersebut sudah layak untuk berdiri sebagai judul tersendiri ataupun menjadi sebuah sekuel. Semua terlihat mengesankan dengan Strife yang merupakan sebuah game retro bergenre FPS klasik yang khas pada jamannya digabungkan dengan genre RPG yang melejit di erea sekarang ini. Alasan tersebutlah sudah menjadi penguat agar sebenarnya game ini dapat berdiri sendiri.

Edisi ini pun dikerjakan oleh pihak yang berbeda dengan edisi normalnya, dimana Strife jadul dikerjakan oleh Rogue Entertaintment dan yang baru dikerjakan oleh studio indie asal Amerika itu, ialah Night Dive Studios. Mereka dinilai berhasil mengerjakan versi ini dengan perombahan FPS yang dibawa lebih ke arah hybrid dan dikemas dalam permainan RPG. Sungguh mengesankan melihat pengerjaan versi ini juga dilakukan pada tahun 2014 lampau. Tidak ada alasan lagi untuk edisi ini masih mengikuti pendahulunya. Sayangnya perilisan terbaru untuk platform Nintendo Switch nyatanya masih sama saja dengan diikuti gelarnya yaitu “Veteran Edition”.

Judul Strife sendiri adalah game yang menceritakan perjuangan manusia dan seluruh makhluk hidup yang mana tempat mereka tinggal yaitu Bumi ditabrak oleh sebuah komet. Bukan hanya sebuah tabrakan biasa yang mungkin menghasilkan kawah menganga tetapi hal mengerikan mengikuti kedatangannya. Komet tersebut membawa kekacauan lain dimana ada virus jahat yang terkandung di dalamnya. Virus tersebut menginfeksi sebagian penghuni bumi dan merubah mereka menjadi makhluk mutan mengerikan. Sekelompok mutan itu akhirnya berusaha mengambil alih dunia, dan anda ditugaskan untuk mencari lima keping benda bernama Sigil untuk menghentikan semuanya.


Like it? Share with your friends!

565
565 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *