Early Access Edisi Terbaru dari Baldur’s Gate Telah Kembali, Bagian 3


564
564 points

Mengenai kualitas dari musik latar dan beberapa perbaikan visual di update patch Baldur’s Gate 3 kali ini tidak ada yang diragukan. Developer telah bekerja keras untuk itu berikut dengan perbaikan minor lainnya. Bersanding dengan karya musik dari game lain pada live streaming Game Music Festival adalah bukti pencapaiannya.

Segi visual game juga terlihat tidak mengalami penurunan, justru beberapa bug di sinematik edisi patch sebelumnya telah diperbaiki. Hingga seperti yang telah kami sebut sebelumnya bahwa untuk sekedar perbaikan NPC, developer rela mengotak-atiknya hingga berkali-kali. Nilai kesempurnaanlah yang coba dikejar developer agar nantinya ketika game ini resmi rilis dalam bentuk “full version” tidak ada lagi kata mengecewakan.

Secara gamblang, di bawah ini akan kami uraikan beberapa update patch yang berukuran jumbo ini. Jadi jangan kaget apabila ternyata banyak hal yang dikerjakan oleh developer untuk memuaskan para penggemarnya. Ukuran file patch yang besar tentunya juga berbanding lurus dengan banyaknya perbaikan yang dilakukan.

Peningkatan tetap menyasar di audio dan visual

Sub bahasan pertama kita adalah mengenai beberapa point penting peningkatan dalam update ini. Telah banyak kita ulas sebelumnya keseluruhan suara dalam game baik musik ataupun bunyi-bunyian lain telah ditingkatkan. Peningkatan suara dinilai tidak terlalu membebani kinerja game nantinya karena telah dimodifikasi sedemikian rupa. Begitupun untuk visual sinematik juga telah dipoles disana-sini untuk memberi kenyamanan pada mata.

Developer juga turut meningkatkan kualitas tutorial dalam game dengan memperbaiki timing yang tepat pada saat memunculkan pesan dari asisten tutorial. Fitur saat pembuatan karakter juga turut ditingkatkan dengan memaksimalkan pemilihan skill yang nantinya dipilih pemain. Pemain juga dapat berdialog dengan para pemain lainnya dengan sangat mudah karena fitur ini juga mengalami peningkatan. Terakhir adalah indikator “Attack of Opportunity” yang saat ini ditampilkan dengan saat tepat ketika mendeteksi musuh yang tidak terlihat.

Perbaikan lebih berfokus pada masalah crash dalam game

Sub bahasan kedua sekaligus yang terakhir adalah mengenai beberapa perbaikan dalam update ini. Sebagai yang dinilai vital developer telah memperbaiki kemungkinan game crash di awal-awal akibat spesifikasi piranti memainkannya. Developer juga telah menyesuaikannya dengan kombinasi hardware dan driver tertentu yang diprediksi masih banyak gamer yang menggunakannya. Kemudian juga telah diperbaiki adanya potensi crash kembali ketika terdapat sebuah pergerakan benda dalam game. Dialog yang sebelumnya sering macet-macet juga telah diperbaiki. Selanjutnya juga potensi crash ketika melakukan pertempuran dengan AI juga turut serta diperbaiki.

Masalah ketika pemain lain bergabung ke dalam sebuah tim saat proses transisi level yang tiba-tiba tertolak sistem juga telah diperbaiki. Begitu pula ketika seseorang akan memulai dialog yang juga terblokir oleh sistem. Pemain yang menjadi host dalam sebuah tim juga tidak dapat menyimpan progresnya selama ini telah kembali seperti semula. Perbaikan lain juga menyasar visual pada karakter yang tiba-tiba macet ketika dia akan melakukan “spell” skill.

Beberapa kerusakan juga ditemukan saat proses loading game, baik ketika memulai game ataupun situasi ketika proses load itu sendiri dibutuhkan. Beberapa diantarnya ketika pemain gagal men-load karakternya yang mengakibatkan posisi dari si karakter juga berpindah. Gagal load pada saat-saat tertentu seperti menyimpan progress game atau kembali ke main menu juga berpotensi menyebabkan game crash. Keseluruhan masalah pada loading game yang disebutkan juga telah mendapatkan perbaikan.

Sebenarnya masih banyak beberapa update yang belum kita sebutkan. Tetapi, beberapa yang telah kami sebutkan di atas telah melalui proses sortir yang memang dirasa paling penting. Selebihnya peningkatan dan perbaikan dalam game hanya berkisar di detail-detail kecil sehingga kurang mempengaruhi jalannya permainan.


Like it? Share with your friends!

564
564 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *