Early Access Edisi Terbaru dari Baldur’s Gate Telah Kembali, Bagian 2


564
564 points

Artikel pertama bahasan mengenai Baldur’s Gate 3 dengan beberapa elemen-elemenya telah kita bahas sebagian. Seluk beluk dari sebuah “early access” dan upaya dari developer untuk memaksimalkannya serta peningkatan dari segi kualitas audio dan musik latar juga telah kami ulas sebelumnya. Keseluruhan saat ini memberikan hasil yang diinginkan oleh para pengembang. Selanjutnya developer akan menyasar beberapa bagian lain yang dirasa masih butuh perbaikan ataupun penambahan. Bagi anda yang terus menggerutu akan adanya “early access” sepertinya anda kurang paham betul tentang versi ini. Sampai game ini benar-benar rilis full versinya proses yang terjadi memang terus seperti ini. Dalam rangka perbaikan menuju yang lebih baik tidak ada salahnya kita sabar menunggu.

Musik yang bersanding dengan karya hebat lain

Sedikit tentang proses peningkatan kualitas audio di game ini telah kita ulas sebagian yang secara perumpamaan memutarnya dengan volume tinggi seakan kita berada di dunia fiksi lain. Pihak developer sendiri tidak setengah-setengah dalam penggarapan sektor ini dibuktikan dengan mereka melakukan proses rekaman ulang di bagian musik latar yang dirasa kurang dan memperbaikinya di update patch ini.

Dedikasi tinggi yang coba dicontohkan developer yang mungkin bisa menjadi cermin bagi developer lain. Musik latar yang telah digarap sedemikian rupa pada minggu sebelumnya juga telah diperkenalkan ke para penggemar. Lewat siaran langsung bertajuk Game Music Festival di platform Youtube, developer dengan bangga mempertunjukkan Symphony of Sin. Sebuah lagu yang indah dan memang layak disandingkan dengan karya lain seperti Divinity: Original Sin 2 serta beberapa musik latar dari judul game lainnya

Memperhatikan detail terkecil dari sebuah game

Berlanjut ke beberapa data lain yang menyebutkan bahwa masih ada bagian-bagian lain yang tak luput dari perbaikan pihak developer. Salah satu yang cukup unik bagi sebagian orang tetapi cukup vital bagi developer adalah sosok Gale. Gale adalah NPC berbentuk karakter anjing yang nantinya para pemain akan mendaptkan misi khusus ke anjing tersebut. Sehingga tak mengherankan NPC yang nantinya bakal bersentuhan dengan ratusan karakter pemain ikut diperbaiki oleh developer. Data statistik juga mengungkapkan bahwa Gale terus mengalami peningkatan dari update-update sebelumnya.

Langkah yang bukan main diperagakan oleh sang developer dengan tetap memperhatikan detail kecil seperti NPC karakter anjing. Walaupun developer lain juga tidak menutup kemungkinan tetap memperhatikan detail sekecil mungkin, tetapi langkah dari mereka ini patut kita apresiasi. Beberapa data sebenarnya juga telah diungkap developer melalui update-update patch terdahulu. Para pemain nampaknya ada yang bahagia dengan perubahan menuju ke arah yang lebih baik ini dan ada juga yang tetap menggerutu.

Dari data-data yang diungkap, ada data selingan sebagai hiburan yang didapatkan oleh developer. Meskipun data ini sama sekali tidak berpengaruh pada kualitas game, jalannya permainan dan inti dari game itu sendiri tetapi cukup unik untuk diketahui. Alur cerita permainan Baldur’s Gate 3 memang bergantung bagaimana para pemain membawanya ke garis akhir. Ada pemain yang sangat fokus pada seluruh misi dan ingin segera menamatkannya, ada juga yang bermain-main santai sambil sesekali usil. Dari hal tersebut developer menyebut ada dua golongan pemain di gamenya ini yaitu pemain berhati mulia dan pemain berhati jahat. Seperti ada sebuah “scene” misi yang mana mengkondisikan kita berjumpa dengan sebuah cincin, ternyata ada pemain yang mencoba mencurinya dan ada juga yang membiarkannya. Lain pihak yaitu pertempuran antara Tiefling dari pihak baik melawan Minthara dari kubu jahat nyatanya masih ada juga angka pemain yang mencapai 25% memihak ke pihak yang jahat.


Like it? Share with your friends!

564
564 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *