Early Access Edisi Terbaru dari Baldur’s Gate Telah Kembali, Bagian 1


564
564 points

Sering kita singgung berkaitan dengan fakta yang terjadi saat ini melalui ungkapan bahwa 2020 adalah tahunnya industri game. Terlepas dari kelamnya tahun ini dengan berbagai bencana yang silih berganti melanda, tetapi betul dikatakan bahwa 2020 lah tahun kelahiran berbagai judul game. Tidak memandang besar kecilnya skala pengembang, populer dan tidaknya judul yang dikembangkan, sukses dan tidaknya di pasaran, tetaplah ada ratusan judul yang hadir di tahun ini.

Artikel kali ini pun kami akan membahas judul terbaru dari seri legendaris Baldur’s Gate. Pertama kali dirilis pada tahun 1998 silam menjadikan Baldur’s Gate sebagai salah satu game RPG legendaris di dunia ini. Terus berlanjut ke judul-judul berikutnya hingga pada 6 Oktober lalu edisi terbaru dari franchise ini yaitu Baldur’s Gate 3 rilis ke pasaran.

Masih dalam versi “early access”

Perlu anda ketahui perilisan pada bulan Oktober tersebut bukanlah untuk edisi full nya melainkan hanya “early access” untuk pada pengguna Microsoft Wondows, Stadia, dan macOS. Sebuah kabar kurang mengenakkan memang karena kita belum bisa memainkannya secara penuh, ditambah lagi santer terdengar bahwa perlu waktu satu tahun ke depan untuk full versinya rilis.

Sebenarnya tidak usah terlalu khawatir mengingat belum ada pengumuman resmi dari Larian Studios selaku publisher game ini terkait hal terebut, sehingga semuanya masih bisa terjadi. Pengerjaan edisi ini pun nampak dipercepat dan dimaksimalkan terlihat dari Larian Studios yang juga merupakan developer tunggalnya rutin merilis beberapa perubahan sekalipun ini masih “early access”. Berdoa saja semoga memang ini sebuah langkah percepatan yang ditempuh pengembang.

Edisi “Early access” untuk game ini juga ditekankan oleh developer dilakukan demi peningkatan dan upaya iterasi di seluruh elemen dalam game, termasuk seluruh aspek yang anda lihat dan dengar nantinya. Sehingga update patch yang terbaru developer luncurkan akan mengalami berbagai peningkatan dari segi audio dan visual, dan tentu saja ini berakibat pada besarnya patch di update kali ini.

Menyasar sektor visual dan audio

Developer juga mengklaim bahwa mereka telah memperbaiki beberapa kerusakan visual dalam game ini. Perbaikan umum dan perbaikan khusus telah banyak diaplikasikan salah satu contohnya untuk beberapa “scene” sineamtik dalam game yang menampilkan keanehan bentuk suatu karakter.

Sebagai catatan pula bagi siapapun anda yang mungkin ingin mencoba edisi “eraly access” ini bahwa sebuah “earlya access” bukan hanya tentang penyesuaian game sebelum resmi dirilis versing lengkapnya ke pasaran. Akses khusus ini memang bisa dikatakan sebagai game yang belum sempurna sehingga masih perlu penambahan, perbaikan di sana sini sebelum adanya penyesuaian itu sendiri. Seluruh konten di “early access” akan ditambahkan bertahap ke dalam game utuhnya nanti.

Unsur lain, seperti pada awalnya beberapa tempat dalam game ini digambarkan secara sinematik nampak sangat gelap kemudian di update ini tempat tersebut menjadi lebih terang. Sehingga early access ini akan memberikan kesempatan bagi developer untuk melihat-lihat unsur game yang dirasa masih kurang untuk memperbaikinya di update mendatang, dan akan begitu seterusnya hingga siap dan matang untuk dirilis.

Dari unsul visual kita beralih ke urusan dapur audio yang juga mendapat beberapa sentuhan di update ini. Untuk memberikan kesan mengagumkan para pemainnya nanti beberapa judul lagu bahkan direkam ulang karena dirasa pengambilan suara sebelumnya masih kurang. Kualitas audio dan musik pengiring di game ini terbukti berkelas dengan munculnya beberapa review yang mengatakan memainkan game ini dengan kualitas visual sinematik yang mengagumkan ditambah meningkatkan sedikit volume akan memberikan sensasi yang luar biasa.


Like it? Share with your friends!

564
564 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *