Bernostalgia dengan Loong Craft yang Saat Ini Membuka Private Server untuk Para Penggemar Setianya, Bagian 4


601
601 points

Masih melanjutkan bahasan pada artikel sebelumnya tentang adanya penyakit laten “kutu loncat” dari kubu pemain. Masalah tersebut sebenarnya dapat dicegah sedari awal oleh pengembang dan publsiher agar tidak terus menerus membuka server baru. Kita sebagai pemain juga tidak tahu menahu apakah membuka server baru ini merupakan metode dari perusahaan untuk terus eksis atau memang sama sekali tidak ada esensinya.

Server baru yang dibuka oleh pengembang sebenarnya juga tidak akan bertambah menjadi server yang baru lagi apabila para pemainnya juga tidak ikut pindah. Sebagai pemain sejati sudah sepantasnya tetap berjuang dengan apa yang sudah mereka dapatkan bukan malah berpindah-pindah server hanya untuk sebuah ketenaran akan karakternya yang kuat. Mirisnya lagi pemain yang berpindah server dan mulai bermain tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Mereka yang merasa gagal akan termotivasi pindah server

Hal mendasar yang membuat para pemain berpindah-pindah server diakibatkan mereka kurang puas terhadap performanya di server awal mereka. Hal ini justru sering terjadi pada para pemain awal game ini dirilis. Game MMORPG atau RPG telah kita ketahui bersama berbasis pada exp setiap sesi permainan, sehingga bisa dikatakan semakin sering seorang bermain maka semakin hebat pula karakter mereka.

Pemain kawakan yang baru mengenal sistem tersebut dan tidak bisa melakukan apa yang harusnya dilakukan untuk memperoleh exp yang deras akan merasa tertinggal. Misalnya ketika seorang pemain memiliki kepentingan lain di dunia nyata seperti bekerja, bersekolah dan semacamnya yang mungkin hingga baru selesai pada sore hari pasti tidak bisa memiliki penambahan exp setinggi pemain yang memainkannya dari siang hari. Berawal dari kekecewaan akibat kurangnya exp yang berhasil mereka peroleh, pemain kawakan yang setengah-setengah mulai uring-uringan.

Berhubung mereka sudah memulai memainkan game ini di server-server awal niat untuk pindah server mulai muncul. Beberapa ilmu dan metode bermain yang benar sudah tentu telah mereka dapatkan dari yang lebih mengetahui. Sembari mereka terus memainkan Loong Craft ini apa adanya mereka terus mencari ilmu lain hanya dalam rangka memulai dengan start yang bagus di server baru kelak. Golongan ini pun terus berdoa dan berharap agar secepat mungkin server baru segera dirilis. Sehingga peta persaingan akan semakin tidak sehat dengan adanya pemain yang setengah hati memainkannya.

Siklus yang akan terus berlanjut

Berbekal pengetahuan di server mereka terdahulu inilah para pemain akan mempersiapkan kepindahan mereka dan jumawa bahwa di server baru kelak mereka lah yang akan menjadi penguasanya. Memang hal ini bisa terjadi jika benar-benar mereka memulai di server baru dengan sangat baik tetapi jika sebaliknya hanya akan menjadi isapan jempol belaka.

Sementara itu developer dengan data-data yang mereka miliki merasa membuka server menjadi perkara yang mendesak. Atau mungkin seperti yang telah kita ungkap sebelumnya ini hanyalah sebuah langkah marketing untuk terus mengeruk keuntungan. Tidak ada yang tahu kebenarannya kecuali kita menjadi bagian tim pengembang.

Seakan gayung bersambung, server baru dirilis oleh perusahaan dan para “kutu loncat” ini akhirnya pindah server untuk kembali mencoba peruntungan. Server lama yang ditinggalkan memang masih bisa berjalan sebagaimana mestinya tetapi lambat laun pasti akan mengalami penyusutan angka jumlah pemain. Pemain pindahan yang merasa sudah hebat di server baru akan mengabari teman mereka di server lama untuk mengikuti langkahnya berpindah server. Begitulah seterusnya siklus ini berlanjut dan sepinya server hanya tinggal menunggu waktu.


Like it? Share with your friends!

601
601 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *