Bernostalgia dengan Loong Craft yang Saat Ini Membuka Private Server untuk Para Penggemar Setianya, Bagian 3


601
601 points

Artikel-artikel sebelumnya layaknya sebuah “brainstorming” untuk mengenalkan game Loong Craft ini bagi siapapun anda yang mungkin belum mengenalnya. Telah kita bahas berbagai hal menarik di dalamnya, beberapa keunggulan game ini dibanding game MMORPG lain, dan tentunya sedikit kisah perjalanan judul Loong Craft.

Ulasan di bawah ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang game Loong Craft. Termasuk gameplay, sedikit tips bermain, sedikit cerita dan unsur-unsur lainnya yang layak kita angkat di tulisan kali ini. Selamat mengenang masa-masa indah anda bagi yang pernah memainkannya dan selamat berkenalan bagi yang baru.

Game Loong Craft sebenarnya telah tutup server

Telah kita ketahui bersama bahwa Loong Craft dibawa Ujoy ke pasar Asia Tenggara khususnya Indonesia pada tahun 2016. Diawali dengan perilisan di Play Store untuk platform Android dan berlanjut ke tahun berikutnya meluncur ke App Store untuk sistem operasi iOS. Terbilang prestasi yang membanggakan dengan selisih perilisan yang tidak terlalu jauh antara kedua sistem operasi tersebut.

Kami gunakan judul bernostalgia memang bukan tanpa alasan karena game ini sejatinya telah tiada. Betul sekali, secara resmi game ini sudah tidak tersedia di kedua toko digita ini. Kata lain game ini sudah tidak bisa dimainkan lewat platform resmi yang ditandai oleh sang publisher telah menutup servernya pada tahun 2019 lalu. Sungguh hal yang tidak diharapkan oleh para pemain setianya dimana game yang mereka cintai harus kandas begitu saja.

Hilangnya game ini dan tutupnya server sebenarnya tidak menandakan game ini hilang selamanya dari dunia ini. Game ini terlahir kembali dalam bentuk APK pihak ketiga dan turut pula disediakan private server untuk mengakomodirnya. Bagi para penggemarnya hal ini merupakan sebuah kabar bahagia yang sangat mereka tunggu-tunggu. Jadi bagi anda yang mungkin baru mengenal game ini dari artikel ini, anda tetap bisa memainkannya lewat metode yang kami sebutkan tersebut. Info terlengkap dapat anda peroleh lewat halaman Facebook resmi mereka terkait penutupan server dan berita-berita lainnya.

Adanya penyakit “kutu loncat”

Tutup server sebenarnya adalah langkah antisipasif dari developer dan publisher agar tidak datang masalah lainnya yang lebih besar. Bagaimanapun juga perusahaan pasti lebih mengerti masalah yang sedang mereka hadapi dan tindakan apa yang harus mereka ambil untuk keberlangsungan komunitas dan ekosistem gamer di game mereka.

Langkah menutup server ini pun terpaksa mereka lakukan karena mereka benar-benar memahami situasi dan kondisi yang terjadi saat itu serta memperkirakan pula bagaimana masa depannya apabila langkah ini tidak diambil. Sehingga tutup server dirasa oleh perusahaan sebagai cara yang tepat untuk mengakhiri semua. Sebagai pemain kita sebenarnya tidak patut untuk memaki-maki pengembang maupun publisher akan hal ini. Kita ulangi lagi bahwa inilah langkah yang tepat dan tentunya sudah melewati berbagai pemikiran matang. Walaupun tidak ada satu pun di dunia ini developer ataupun publisher ingin menutup game dan server mereka.

Sebenarnya masalah tutup server sudah sering terjadi entah judul game apapun. Terutama game MMORPG masalah ini sudah sangat laten terjadi dan umumnya diawali oleh beberapa kesalahan baik dari pemain maupun pengembang. Sudah seperti hukumnya terjadi, ketika pengembang mendapati bahwa gamenya sukses di pasaran maka mereka pasti tergoda untuk terus membuka server baru. Berawal dari sinilah banyak pemain yang merasa kurang puas di server mereka sebelumnya pindah ke server baru untuk mengulangnya dari awal agar lebih baik. Istilah yang kerap mereka dapatkan dari pemain lain adalah seorang pemain “kutu loncat”.


Like it? Share with your friends!

601
601 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *