Bernostalgia dengan Loong Craft yang Saat Ini Membuka Private Server untuk Para Penggemar Setianya, Bagian 2


601
601 points

Loong Craft bisa dikatakan juga menjadi satu-satunya judul game MMORPG di smartphone yang saat itu masih kuat berdiri. Baru pada tahun-tahun berikutnya satu persatu game MMORPG berbentuk hampir menyerupai mulai bermunculan. Kembali lagi Loong Craft pun nampaknya masih bertahan di tengah gempuran judul-judul serupa tersebut.

Ada satu hal yang mungkin developer dari judul lain lupakan ketika mereka mencoba mengusik dominasi Loong Craft. Judul game karya developer lain belum mampu menghadirkan apa yang bisa dihadirkan Loong Craft di dalam permainannya sekaligus ini menjadi tagar seumur hidup Loong Craft. Hal tersebut tidak lain adalah format 3D khas milik Loong Craft.

Berformat 3D MMOPRG

Developer dari judu lain dinilai belum mampu menghasilkan bahka mengimbangi format 3D yang diusung Loong Craft. Dengan tagline andalan mereka “The Ultimate 3D MMORPG” nampaknya kata-kata tersebut bukanlah isapan jempol belaka. Secara menawan Loong Craft mampu memberikan pengalaman bagi para pemainnya sebuah permainan MMORPG dalam bentuk 3D yang sulit dilupakan.

Detail-detail unik yang ada di dalam game berhasil mereka persembahkan untuk para penggemar. Walau apabila secara umum kita mengenal suatu game berkelas sejatinya visual yang Loong Craft sajikan masih jauh dari kata berkelas layaknya visual HD. Tetapi memang ada suatu hal yang bisa menutupi kelemahan visual Loong Craft tersebut. Apabila boleh dikatakan format 3D Loong Craft ini terbilang cukup smooth dan tidak terlalu neko-neko seperti warna dan ornamen berlebih yang terlalu mencolok. Hal tersebut yang mungkin menjadi penyebab orang-orang sangat betah memainkan game ini berlama-lama.

Gameplay yang kami rasa cukup menarik juga menjadi daya tarik tersendiri. Simpel dan cukup mudah dimengerti bahkan oleh para pemain pemula sekalipun. Contoh nyata adalah penulis dan beberapa teman sendiri yang belum pernah sama sekali memainkan apa itu sebuah game MMORPG begitu mudah mengikuti alur permainan yang ditawarkan. Berselang beberapa hari kami sudah terbiasa dan sudah sangat mahir menyelesaikan setiap questnya.

Memiliki pemandangan alam dan ornamen yang indah

Seperti sebuah game MMOPRG lain, Loong Craft tidak lupa menyertakan elemen-elemen penting genre tersebut seperti NPC, dungeon, dan berbagai macam lainnya. Loong Craft juga menggarapnya dengan sangat serius sehingga elemen-elemen vital tersebut sangat “human intercafe” bagi para penggunanya.

Walaupun tidak sebesar dunia open-world, dunia yang ditawarkan di Loong Craft juga tidak kalah besar untuk dijelajahi. Setting jaman kerajaan atau dinasti China terdahulu tentunya pemandangan seperti benteng dan tembok pertahanan, kuil, bangunan, serta ornamen-ornamen ikonik khas banyak ditemukan dimana-mana. Bukit-bukit dan pegunungan yang nampak jauh juga dilukiskan secara sempurna oleh tim pengembang. Sehingga banyak pula para pemain di sela-sela menyelesaikan misi mengambil kesempatan untuk sekedar menciptakan tangkapan layar sinematik. Dengan pemandangan yang indah hal ini memang sudah banyak ditemukan, belum lagi istana-istana kerajaan yang juga tak kalah megah yang juga sering menjadi spot pilihan dadakan. Umumnya spot-spot seperti ini dijadikan tempat pengambilan foto layaknya sebuah kelompok darma wisata yang sedang bepergian berwisata sejarah. Para ketua guild sering mengkondisikan angota-anggotanya untuk berpose keren di spot-spot tersebut untuk sekedar mengambil tangkapan layar.

Berbagai hal yang telah kami sebut di atas mungkin menjadi daya tarik tersendiri yang hanya dimiliki oleh Loong Craft. Walaupun tidak mungkin juga game lain dapat menyajikannya tetapi apa yang diberikan Loong Craft untuk para pemainnya masih membekas dan teringat.


Like it? Share with your friends!

601
601 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *