Bernostalgia dengan Loong Craft yang Saat Ini Membuka Private Server untuk Para Penggemar Setianya, Bagian 1


601
601 points

Sedikit bernostalgia dimana dulunya ada sebuah judul game yang bahkan penulis ikut memainkannya dikarenakan cukup menggemparkan pada saat itu. Sekalipun game ini sudah menutup server resminya tetapi seluruh kenangan indah di dalamnya pasti akan selalu dikenang. Maklum, apakah memang seperti itu penyakit tetap dari suatu game bergenre RPG atau lebih tepatnya MMORPG dengan judul game ini adalah Loong Craft.

Loong craft hadir di Indonesia pada tanggal 7 Juli 2016 silam dengan informasi akurat kapan sebenarnya judul ini mulai debut di industri game belum kami dapatkan. Hanya diketahui game ini pertama kali meluncur di China yang juga sekaligus negara tempat asalnya. Terkendala bahasa China yang mereka gunakan itulah informasi tentang tanggal kelahiran resmi mereka sulit dipastikan.

Belum lagi banyaknya game serupa bahkan dalam satu perusahaan developer sekalipun. Loong Craft sendiri hadir dengan bermacam-macam judul saudara-saudara yang lainnya dimana satu-sama lain ada kemiripan. Perbedaanya hanya Loong Craft ini sajalah judul game mereka yang rilis ke pasar global sehingga penggunaan namanya pun diterjemahkan dari aksara Chinanya.

Perkembangan teknologi turut berandil besar

Loong Craft sendiri adalah sebuah game MMORPG karya studio pengembang Negeri Tirai Bambu yaitu Ujoy. Dirilis oleh Ambrine Studio pada platform mobile khususnya Android kala itu. Hal yang tak disangka mungkin oleh developer sekaligus publishernya bahwa game ini begitu berkembang pesat di negara asalnya. Hingga peluncurannya secara global pun menjadi janji manis tak terelakkan.

Pengaruh faktor game MMORPG lain masih setia di platform seperti PC juga menjadi salah satu penyebab game ini begitu cepat meledak. Tahun 2016 adalah tahun dimana platform mobile sedang hebat-hebatnya berkembang menjadi sebuah piranti pintar atau biasa disebut smartphone. Sehingga penggunaannya sesuai peruntukannya sedikit bergeser dimana tidak lagi hanya digunakan sebagai alat komunikasi tetapi menjadi barang berbagai kegunaan. Manfaat salah satunya adalah sebagai sarana hiburan dengan bermain game.

Berkembangnya smartphone tentunya diikuti oleh penyedia jasa internet yang juga berlomba-lomba meningkatkan layanannya. Ujung-ujungnya perangkat smartphone yang makin canggih didukung koneksi internet yang bisa dikatakan “high speed” kala itu menjadi pemantik perkembangan Loong Craft. Orang-orang menjadi tertarik untuk mencoba bermain dan menghadirkan permainan MMORPG dalam sebuah genggaman tangan.

Pasar Asia Tenggara yang lesu akhirnya menjadi cerah

Ujoy juga tidak setengah-setengah dalam menghadirkan Loong Craft ini ke pasar Asia Tenggara saat itu. Seluruh fitur khas dunia MMORPG dengan sangat apik berhasil dihadirkan ke dalam sebuah layar kecil smarphone. Apapun detail MMORPG di perangkat PC seperti hanya diperkecil sedemikian rupa untuk diaplikasikan ke layar handphone.

Memboyongnya Loong Craft oleh Ujoy ke Asia Tenggara juga mengalami sedikit kendala. Awalnya game ini memang seluruhnya berbahasa China dan berhuruf China, sehingga perilisan awal cukup terkendala dengan bahasa. Tetapi semuanya akhirnya berhasil di lewati dengan kerja keras developer.

Membawa Loong Craft ke Asia Tenggara juga bukan merupakan keputusan Ujoy dalam semalam. Pihaknya mengklaim bahwa pasar game MMORPG memang sudah saatnya menyasar Asia Tenggara, setelah datang pengakuan oleh mereka sendiri bahwa game garapannya ini sudah sangat sukses besar di pasar Asia. Mereka juga menyebutkan hanya pasar Asia Tenggara saja yang masih lesu, walaupun tidak mati. Mereka mengatakan Asia Tenggara saat itu masih mengenal game MMORPG hanya bisa dimainkan di perangkat PC, dan tidak banyak dari mereka yang mempunyai PC. Sehingga nasib MMORPG di Asean dinilai mereka kurang karena adanya paradigma ini. Barulah datanglah Ujoy dengan Loong Craftnya yang membawa sejuta harapan baru.


Like it? Share with your friends!

601
601 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *