Avast Temukan 47 Game Berbahaya di Android, Segera Hapus!


550
550 points

Salah satu perusahaan anti virus besar dunia, Avast membeberkan hasil temuannya bersama dengan hasil kerja sama Apklab.io. Perusahaan anti virus itu menemukan fakta terkait beberapa game yang berbahaya. Game Berbahaya itu masih bisa kita temukan dengan mudah di Play Store bahkan secara itu sadar kita pun pernah mendownloadnya. Pihak Avast sendiri memperingati sekitar 47 Game di Android yang membahayakan. Game tersebut telah disusupi oleh Adware jahat.

Salah satu analis di perusahaan Avast, Jakub Vavra membeberkan hasil penelitian yang dia lakukan bersama dengan timnya pada akhir Juni kemarin. Secara umum, aplikasi jahat ini memang susah untuk dikenali oleh penggunanya. Hal ini karena masih menjadi bagian dari keluarga Hidden Aps. Dalam Adware itu memiliki sistem kerja layaknya Trojan. Dimana virus menyamar seperti aplikasi game dan menyatu dengan game yang terlihat populer. Dengan begitu game virus ini sangat menyakinkan.

Apabila anda mengunduhnya pada Smartphone, lalu membukanya maka secara tidak sadar, game itu akan menampilkan iklan. Bahkan iklan yang ditampilkan oleh game itu terus menerus muncul di layar ponsel dan tidak bisa kita kontrol. Parahnya lagi, pada beberapa jenis game Adware bahaya itu akan terus ada dan melekat di smartphone. Bahkan ketika aplikasi itu sudah kita uninstall. Berbahaya sekali bukan?

Jakub menerangkan seperti yang dilansir oleh PCMag pada Minggu 27 Juni kemarin. Dia mengungkapkan bahwa karena disamarkan dengan sangat hati hati sebagai game dan juga aplikasi, tentu sangat mustahil bagi para penggunanya untuk dapat mengindentifikasi. Program layaknya Hidden Aps sebenarnya dapat menyusup di Play Store secara sembunyi sembunyi. Program ini pun dapat mengaburkan tujuan asli mereka lantas menghadirkan fitur yang berbahaya. Bahaya yang dilancarkan itu tidak serta merta alias pelan pelan setelah aplikasi berhasil kita unduh.

Kategori Game Populer

Satu hal yang menjadi ironi adalah beberapa game yang disebutkan merupakan game populer yang ada di Play Store. Beberapa game yang sering kita temui ternyata sudah disusupi oleh program jahat. Lebih parahnya lagi adalah game tersebut sudah diunduh oleh berbagai pengguna dengan jumlah lima belas juta unduhan. Tidak butuh waktu lama setelah pihak perusahaan antivirus itu melaporkan hasil temuannya, aplikasi dan juga game yang ada dalam daftar itu pun langsung tidak bisa diakses lagi.

Sampai sejauh ini total ada empat puluh tujuh game yang sudah disusupi oleh Adware. Dimana tiga puluh diantaranya sudah tidak ada lagi di Google Play Store. Akan tetapi masih ada sekitar 17 Game yang berkeliaran di Play Store bahkan bisa kita unduh. Untuk mengantisipasi bahaya buruk pada para penggunanya, pihak Avast menyarankan agar tidak mengunduh game berbahaya tersebut.  Akan tetapi jika ternyata kita sudah mengunduhnya maka pihak Avast menyarankan untuk cepat menghapusnya.

Dibeberkan oleh WhiteOps

Ternyata selain pihak Avast, penemuan adanya bahaya Adware ini juga dikonfirmasi oleh WhiteOps. Operasi yang dilakukan oleh WhiteOps ini dilakukan pada pertengahan Juni yang lalu. Pihaknya berhasil mengungkapkan ada sekitar 38 aplikasi dan juga game berbahaya. Game ini bisa menyerang pengguna dengan iklan yang tidak diharapkan lagi.

Ternyata selain disusupi oleh iklan, Adware yang ada di dalam aplikasi atau game bahaya itu pun mengalami masalah lain. Misalnya dengan mengalihkan browser dan tentu saja sangat mengganggu penggunanya.


Like it? Share with your friends!

550
550 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *