4 Kesalahan Para Pemain Pemula Hero Support di Dota 2, Bagian 4


556
556 points

Pemahaman item support dalam Dota 2 mutlak diperlukan oleh para pemain barunya. Sangat tidak dianjurkan support seperti IO misalnya membeli Mantle Of Intelligence dahulu ketimbang membeli enam tango untuk selanjutnya dibagikan ke hero carry di dalam tim. Sekalipun item tersebut memberikan pengaruh ke IO tetapi tidak ada yang lebih penting ketimbang keselamatan hero core tim.

Support diperlukan untuk memuluskan mobilisasi hero core di tim

Berangkat dari item support mobile moba yang dibuat seringkas mungkin dimana tetap akan memberikan damage fisik ataupun damage magic misalnya, tidak boleh anda samakan ketika bermain Dota 2. Sehingga dengan seenaknya sendiri anda membeli item-item penambah damage padahal anda seorang hero support.

Apabila masalah tersebut sudah terselesaikan akan timbul masalah lain dari para support baru di Dota 2. Berbekal item-item support yang telah terbeli, para support ini justru menjalankan heronya dengan santainya di lane untuk membantu creeping. Tidak ada yang salah di sini selama anda tidak merebut last hit dari sang core. Tetapi akan fatal apabila anda tidak mencoba mencicil hero musuh atau men-“deny” creep kita untuk menghindari last hit yang lebih banyak dari musuh.

Salahnya lagi, pengguna baru hero support tersebut justru fokus laning ketimbang berkeliling seisi map. Fakta ini sangat umum ditemukan pada pemain support baru yang amatiran. Padahal item seperti ward sudah ada dalam tas tetapi karena terlalu fokus hingga lupa dipasang. Atau ketika teman kita yang berada di lane lain disergap oleh musuh kita juga lupa untuk segera melakukan back up menggunakan town portal akibat terlalu fokus tadi. Semua hal tersebut sering terjadi dan akan sangat berdampak terhadap hasil pertandingan.

Point keempat sebagai yang terakhir yaitu salah dalam menjalankan tugas

Point terakhir ini datang sebagai penutup karena setelah ketiga point sebelumnya dipahami maka inilah yang menjadi hal terpenting. Anda sudah memahami betul bagaimana berjiwa seorang support sesungguhnya, anda sudah paham bagaimana cara laning yang betul, dan anda sudah tahu fungsi-fungsi item support sepenuhnya, akan percuma apabila anda tidak tahu tugas anda selanjutnya.

Para support yang sudah fasih pasti tidak akan kebingunan bagaimana dia bertugas dalam mengalirkan permainan sesuai dengan yang diharapkan. Tetapi akan beda kondisinya kepada para support baru yang justru malah kebingunan bagaimana harus bertindak ketika game sudah berjalan.

Seperti yang telah kita ungkap sebelumnya, ada kasus dimana support yang terlalu fokus dalam satu laning, ada pula support yang pelit berbagai tango dan berbagai macam masalah lainnya. Kunci memecahkan masalah ini hanya satu yaitu sesering mungkin memainkan peranan ini sebaik mungkin, belajar dari kesalahan dan mencoba memperbaikinya. Atau kunci lainnya anda pun dapat melihat bagaimana cara bermain para pemain support yang sudah ahli lewat video misalnya. Tentunya dengan syarat ketiga point sebelumnya sudah anda pahami secara “kaffah”.

Jam terbang praktik yang tinggi dan video-video pemain profesional yang anda tonton sedikit banyak akan mempengaruhi cara berfikir anda ketika bermain support. Bertugas dan bertindak sesuai kebutuhan tim akan segera anda pahami. Dimana seorang support mestinya paham di menit berapa mereka harus melakukan “pull” creep, dimenit berapa mereka harus mengecek rune, dikondisi apa mereka harus membuka peta lewat ward, dikondisi apa mereka harus membantu “gangking” dan berbagai hal lainnya. Support dengan darahnya yang tipis juga harus tahu kapan harus bersembunyi, dimana menempatkan diri dan perilaku-perilaku lain yang bisa membawa kemenangan bagi tim.


Like it? Share with your friends!

556
556 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *