4 Kesalahan Para Pemain Pemula Hero Support di Dota 2, Bagian 1


556
556 points

Tips dan trik kali ini memang kami memberikan segmentasi yang jelas dengan menyasar para pemain baru Dota 2. Lebih mengerucut lagi ialah untuk para pemain yang memiliki role sebagai seorang support. Tetapi tidak menutup kemungkinan ada pemain jago kawakan yang membaca artikel ini dan semoga artikel membawa informasi yang benar adanya dan bermanfaat.

Hero di Dota 2 dikelompokkan ke dalam berbagai fungsi dan peran atau role nya. Katakanlah ada carry, support, mele, dan ranged kemudian ada disabler, nuker, jungler, durable dan masih banyak lainnya. Para hero support mungkin memang banyak diremehkan akibat kemampuannya yang mungkin biasa-biasa saja.

Orang pada umumnya akan melihat seberapa keren hero dari damage yang dihasilkan dan mungkin keunikan skillnya. Hero support yang tidak memiliki damage yang pedih dan tampilan skill yang biasa saja pasti menjadi kurang diperhatikan. Padahal sudah bisa dipastikan bahwa support adalah jantung permainan. Lihat saja para pemain profesional seperti Puppey, Kuroky, PPD, Fly dan beberapa pemain hebat lainnya adalah seorang support sekaligus menjadi kapten tim besar di kancah Dota 2.

Support adalah peran yang tidak bisa tergantikan

Bisa dikatakan jalannya suatu pertandingan adalah peran besar dari seorang support atau perumpamaan lain seperti jangan harap anda bisa menang tanpa seorang support. Banyak bukti dan kenyataan bahwa sepenting itulah seorang support dalam pertandingan Dota 2. Walaupun tetap mungkin saja anda memenangkan pertandingan tanpa support tapi itu mungkin sangat-sangat jarang terjadi.

Berikut ini sedikit kami ulas beberapa kesalahan umum yang sering kami temui saat melihat permainan seorang support yang baru mengenal Dota 2. Tidak ada yang namanya kesalahan mutlak, mereka adalah para pemain baru yang mempunyai harapan cerah dan jalan panjang ke depannya. Setidaknya bagi beberapa temannya yang sudah jago dapat memberikan pengetahuan yang selama ini didapatkan dan menyalurkan ilmu dari pengalaman ke para support baru ini. Agar ke depannya siapa sangka dia akan menjadi seorang support yang handal.

Artikel kali ini mungkin akan sangat panjang sehingga kami akan memecahnya ke berbagai part. Harapannya dapat memudahkan proses membaca dan tentunya pemahaman tiap point yang dijabarkan.

Point pertama yaitu salah dalam memahami peran

Kita mulai dari point pertama yang menurut kami adalah paling penting ialah kesalahan memahami peran support sesungguhnya dalam permainan Dota 2. Sejatinya memerankan tokoh paling penting dalam game ini tidak asal main, jarang mati, dan memberikan kontribusi. Tetapi sebenarnya tidak cukup sampai di situ saja. Akan lebih dari sekedar itu apa yang harus dimiliki oleh seorang support di game Dota 2.

Para pemain baru haruslah paham bahwa support adalah seorang pendukung, penyelaras, atau pendorong. Kami tidak menggunakan kara pembantu karena support bukanlah seorang pembantu dari para carry ataupun role lainnya. Support adalah seorang pendukung bagi seluruh role lain yang ada di tim, support adalah seorang penyelaras permainan lewat ketenangan dan keputusannnya, dan support adalah pendukung bagi seluruh tim apapun kondisi dan situasi pertandingannya.

Ingat support bukanlah seorang pembantu bagi role lain di dalam tim. Selain memang kurang sedap dibaca kata-kata seperti pendukung dan pendorong lebih manis dan tepat sasaran. Jika nanti digunakan istilah pembantu maka akan muncul hukum yang mengatakan support adalah hero yang rela mati bagi carry. Walaupun tidak seluruhnya salah tetapi apa mungkin anda akan terus berkorban demi seorang carry yang kebetulan bermain konyol di tim anda, yang ada nanti hanya sebuah pengorbanan sia-sia.

Ketika para pemain baru ini sudah paham betul tentang siapa sebenarnya support itu, mereka haruslah berperan dan berfungsi sebagaimana pemahaman mereka tersebut. Seorang support haruslah berhati besar, berkepala dingin, bertanggung jawab, decision maker handal, berjiwa leader, dan masih banyak lainnya yang menandakan sehebat inilah role seorang support.


Like it? Share with your friends!

556
556 points

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Direcritic

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *